//
you're reading...
Curah Hati, Hobi, Sulap

Belajar Seni Sulap

Seni sulap memang sangat menarik dan memiliki daya tarik yang sangat kuat. Itulah salah satu alasan saya sehingga sejak kecil saya menekuni seni sulap. Sampai saat ini saya pun telah mengajar banyak orang awam yang ingin mengetahui lebih lanjut apa itu seni sulap.

Ada hal yang menarik untuk saya kemukakan yaitu ketertarikan sebagian besar orang dengan trik metal bending atau membengkokan logam seperti sendok atau garpu. Memang permainan sulap itu sempat sangat populer di Indonesia ketika Deddy Corbuzier menampilkannya di acara Impresario 008 di RCTI pada tahun 1998.
Begitu kuat efek dan kesan yang ditimbulkan dari permainan tersebut sampai saat sekarang pun saya sebagai magician sering diminta untuk membawakan trik tersebut. Bahkan seringkali diminta oleh calon murid saya untuk juga memasukan dalam daftar materi yang akan diajarkan dalam paket belajar.

Namun menurut saya trik tersebut tidak cocok untuk seorang new comer atau pemula dalam dunia sulap. Karena permainan tersebut merupakan salah satu dari jenis permainan mentalis. Dalam permainan mentalis, banyak hal yang harus dikuasai dibanding trik itu sendiri. Banyak hal yang berperan seperti teknik berbicara, penguasaan audiens, teknik mempengaruhi audiens, penguasaan suasana, dll.

Sangat lucu apabila seseorang hanya akan mempertunjukan permainan sendok bengkok tanpa didudukung teknik yang baik. Menurut saya sangatlah bijak apabila belajar seni sulap sejak awal, selangkah demi selangkah. Sama halnya ketika kita belajar berjalan ketika masih balita. Tidak mungkin kita langsung belajar berlari bukan? Tentunya kita tetap harus belajar mulai dari proses merangkak, berdiri, melangkah, jatuh, bangun, mencoba berdiri lagi, mencoba berjalan selangkah demi selangkah, dan seterusnya. Demikian halnya ketika belajar trik sulap, mulailah dari hal yang sederhana.

Saya selalu bertanya dahulu tentang tujuan seseorang ingin mempelajari seni sulap. Apakah hanya ingin tahu caranya saja atau memang sungguh-sungguh tertarik ingin mempelajari seni sulap itu sendiri. Apabila hanya ingin tahu caranya alias mengobati rasa penasaran, maka akan saya tolak secara halus. Mengapa? Karena seni sulap tidak akan ada artinya apabila seseorang mempelajarinya bukan atas dasar ketertarikan yang mendalam dari diri orang tersebut. Menurut saya apabila dipaksakan akan membuang uang percuma dan sia-sia.

Setelah orang tersebut yakin akan mempelajari seni sulap maka akan saya berikan demo gratis beberapa jenis permainan sulap dan saya tawarkan beberapa penawaran paket belajar seni sulap.

Apabila anda ingin info lanjutan mengenai seni sulap anda bisa kontak melalui email ke:
mertanus@cbn.net.id

By: Budy Snake

Magician & Snake Charmer

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

54 thoughts on “Belajar Seni Sulap

  1. Saya ingin menyembuhkan orang2 yg merasa membutuh kan saya dng cuma2 apakah anda siap menolong saya dlm hal ini…..

    Posted by adi wijaya | 11 June 2007, 6:46 pm
  2. To Adi Wijaya: Perlu diketahui yang saya bahas di blog ini adalah hal yang logis dan dalam artikel diatas yang saya bahas adalah Seni Sulap. Terima kasih.

    Posted by mertanus | 11 June 2007, 7:48 pm
  3. ingin sekali saya menjadi seorang ilusionist atau pesulap sejati dan klo bisa menjadi orang yg diperhitungkan dalam dunia sulap,
    tapi dengan keterbatasan dana, dan tempat, saya rasa tidak mungkin, menjadi seorang ilusionist atau pesulap dunia adalah cita2 terbesar saya, bisakah pak budi membantu saya…..

    Posted by IRFIN LANXEY | 16 June 2007, 6:29 am
  4. Saya seorang guru fisika, saya ingin menggunakan permainan sulap dalam mengajar fisika, tetapi saya tidak mampu untuk bermain sulap, mohon dibantu

    Posted by Harry Kainde | 18 June 2007, 8:13 pm
  5. apakah bapak bisa memberi saya LINK yg menyediakan belajar sulap gratis yang berbahasa INDONESIA?

    Posted by TERRY | 22 June 2007, 3:45 pm
  6. mas sya bsa sdkt trik ….
    maw dung d ajarin yang lain…

    Posted by singgih | 20 July 2007, 5:31 pm
  7. Untuk yang berminat belajar bisa kontak saya via email dahulu. Terima kasih.

    Posted by mertanus | 16 October 2007, 10:35 pm
  8. aku ingin mahir main sulap

    Posted by agus zainal | 24 November 2007, 8:44 am
  9. Saya ingin belajar sulap membengkokkan sendok via email kepada Bpk mertanus.

    Posted by Taufik Hidayat | 4 February 2008, 9:12 pm
  10. pak,, ajari saya tehnik ngilangin koin dunkzzz….
    kirim ke e-mail saya y… di ardjoen.cy@gmail.com
    ataw masukin berupa comment aja di http://www.citumorankz.co.nr

    Trima Kasih y pak…

    Posted by citumorank | 25 February 2008, 9:43 pm
  11. curhat ni ye..

    kunjungi http://www.bukakartu.com

    ini web sulap saya

    magi regards

    Posted by cyber | 15 March 2008, 1:31 pm
  12. Begitu banyak saat ini rahasi-rahasia sulap baik yg sederhana maupun yg kompleks dibuka di internet. Bahkan yg berbahasa Indonesia pun ada. Salah satunya bisa Anda lihat di http://www.MisteriSulap.com. Namun untuk mempraktekkannya memang tak semudah membaca teori. Anda perlu seorang mentor seperti sdr Mertanus ini misalnya. Dengan mentor yg handal, Anda akan lebih cepat menguasai tidak hanya trik sulap, tapi juga seni melakukannya. Semoga bermanfaat.

    Posted by Owah | 19 March 2008, 6:05 pm
  13. MAs….
    Bisa gak kalo minta tolong buat nampilin profil seorang pesulap medan di website nya, mas….?

    uNTUK tugas kuliah ni…
    :)

    Please….

    Posted by Pertiwi | 8 May 2008, 2:26 pm
  14. Saya ingin belajar sulap karna saya tertarik untuk mencoba(tolong kasih tahu caranya)

    Posted by Ray toban | 15 September 2008, 12:52 am
  15. Mas mertanus, saya mbok diajari sulap membengkokkan sendok,,-
    q dah pernah nyoba tpi kok g bisa” za., tlong ajari donk mas,..
    Krim ke email q za mas.? Tak tunggu lo.

    Posted by Abast | 9 February 2009, 11:16 pm
  16. saya ingin memberi penghiburan kepada pacar saya yang sedang trauma

    Posted by radhitya | 19 March 2009, 6:23 pm
  17. pak.. ajari saya cr menebak angka.. plis?!!..

    Posted by vincent | 29 March 2009, 11:08 pm
  18. heheh bagus ya bisa entertain org2

    Posted by jefrison | 4 April 2009, 9:07 am
  19. Please…
    ku seorang siswa SmK saya sangat tertarik dalam dunia sulap saya sudah menguasai sebagian tehnik sulap tapi itu belum cukup bagi saya …

    siapa ya yg bisa bantu saya….

    Ku ingin menjadi pesulap prepisional…
    bantu saya ya…

    Posted by Deky | 9 April 2009, 4:22 pm
  20. to DEcky
    ku juga baru bisa beberapa trick sulap kecil-kecilan.tolong bagi trick sulapnya dong.nanti ku kasih tau punyaku.tapi lewat sini ja ya.mau ga?

    Posted by Astuko the Magition | 17 April 2009, 10:57 am
  21. pak smua k0men intinya pgn bljar sulap ataopun yg sejenisnya. . .c0ba open yg gratis d0nk

    Posted by hanny | 25 April 2009, 2:57 pm
  22. saya anak smk saya tertarik dengan sulap sejak kecil tapi sampai sekarang aku belum mengerti sedikitpun tntang sulap.aku ingin banget tau sedikit trik tentang sulap,aku pengen yau rahasia menghilangkan koin di tangan please…!

    Posted by fauzi | 30 April 2009, 9:16 am
  23. kak,aku sangat tertarik pada dunia sulap,orang2 disekitarku tidak ada yg bisa sulap aku mohom dengan sangat,beri aku sedikit tri searscing atau membekokkan sendok,aku mohon

    Posted by mutsrina | 3 May 2009, 5:02 pm
  24. kak,aq sangat tertarik dengan dunia sulap dan aq kepengen banget bisa sulap walau hanya membengkokkan sendok atau searsching.bisa gak kasih aq trik atau cara untuk bisa sulap.akasih kak.

    Posted by mutsrina | 3 May 2009, 5:09 pm
  25. Mas tlg ajarin trik sulap untuk pemula donk ,aku tertarik bgt sama sulap misalnya trik membengkokan sendok atau menghilangkan kartu dgn tangan please kirim ke alamat emailku di:
    agung.ramdhan@gmail.com

    Posted by agungramdhan | 17 May 2009, 11:28 am
  26. saya sangat suka dengan sulap!

    Tolong kasi saya trik2 sulap pak?

    berapa lama saya keliling Neteork,saya hanya dapat sulap kuno tolong kasi trik yang buat orang kagum pak!

    please reply….

    Posted by alwin | 27 May 2009, 2:09 pm
  27. gua sering menghayal bisa main sulap supaya bisa menarik perhatian orang yang gua suka…
    AJARIN SULAP DONG!!

    Posted by anak gaul | 2 June 2009, 6:45 pm
  28. ada yang tertarik???? kunjungin blog saya….sulap…hipnotis…atau masalah kesehatan

    Posted by wawanboy | 25 June 2009, 8:08 pm
  29. Hi semua..
    Mau minta trik sulap kecepatan tangan, mentalis, illusionis hipnosis dll. Tolong bantu saya,, walaupun hanya satu trik tolong kirim ke email saya di kholid.kalf@gmail.com
    Trima kasih sebelumnya.

    Posted by Kholid Al Fadhil | 5 July 2009, 6:16 am
  30. Hi semua..
    Mau minta trik sulap kecepatan tangan, mentalis, illusionis hipnosis dll. Tolong bantu saya,, walaupun hanya satu trik tolong kirim ke email saya di iemjkt@rocketmail.com
    Trima kasih sebelumnya.

    Posted by iem | 7 July 2009, 7:59 pm
  31. saya ingin sekali belajar sulap,tapi saya tdk tau,belajarnya sama siapa,tolong donk ajarkan saja sulap,,,,,,,terima kasih

    Posted by noer | 11 July 2009, 7:24 pm
  32. sblmnya sy sgt berterimakasih krn sy tlh bertemu dg blog anda,
    bbrp bulan ini sy terus mencari2 di internet bgmn & dmna sy bs belajar dg serius dr ilmu dasar sulap tahap demi tahap…mohon bimbingannya….trimakasih..

    Posted by nickle | 18 July 2009, 10:46 am
  33. tlng di ajari aku sulap y…
    aku hanya bisa dikit2 nich perlu tambahan lagi otr

    Posted by darko | 22 July 2009, 3:11 pm
  34. and jangan lupa ajarin aku trik kartu yang bisa mengambang seperti bomerang

    Posted by darko | 22 July 2009, 3:12 pm
  35. pengin belajar sulap gratis, join ajah…. di kliksulap.com

    Posted by arzy | 10 August 2009, 5:11 am
  36. kliksulap.com

    Posted by arzy | 10 August 2009, 5:12 am
  37. ajaran gue dunkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk………..

    Posted by eghii | 11 August 2009, 9:33 pm
  38. di mana sich sekolah sulap d malang???
    d mna jga toko sulap di malang???

    Posted by dyan_arthur | 20 August 2009, 3:44 pm
  39. Mas, bisa bantu saya gak?
    Di sekolah saya tidak mempunyai kemampuan ekstra selain komputer, dan hal itu, membuat saya di kucilkan oleh teman-teman, dan saya ingin diajarkan sulap dan sangat tertarik

    Posted by Azhar | 21 August 2009, 9:42 am
  40. kemampuan saya adalah sulap menghilangkan barang dlm sekejap.
    simpan barang anda seperti hp, uang logan, atau kartu ditelapak tangan saya, dalam sekali usapan saja barang tersebut bisa hilang.

    ini sulap tingkat menengah. bisa dilihat dari jarak dekat. apalagi jika bermain di panggung

    Posted by sulap master | 22 August 2009, 1:02 pm
  41. bukannya sok jago sih… tapi klo mau tanya trik sulap, kontak ja via e-mail ke elcandorbast39ho@yahoo.com ,,,,,

    Posted by romAnko | 1 November 2009, 10:38 am
  42. ADA YG TW KOMUNITAS SULAP MALANG G???
    TRUZ WEBSITE SULP YG FUNKY D MN Y????

    Posted by rYO | 10 November 2009, 1:08 pm
  43. saya sngat ingin jadi pesulap saya benar benar ingin belajar sulap tapi saya terhambat biaya.

    Posted by iwan bagariang | 18 December 2009, 12:11 pm
  44. bisa ngga ngajerin sulapnya lewat facebook

    Posted by victor | 27 December 2009, 3:37 pm
  45. Selamat Pagi Pak Mertanus, saya mau mengadakan event , yang mana berupa sulap / magician yang ringan dan terkesan fun, apakah ada dari team Bapak / murid , yang bisa dikontrak selama beberapa waktu. Thanks.

    Posted by edy santoso | 11 January 2012, 8:46 am
    • Selamat sore Pak Edy Santoso,

      maaf baru balas email Bapak. Kalau saya boleh tahu ini untuk lokasi dimana Pak? Lalu untuk perform di acara apa? Kalau mau sistem kontrak itu kontrak performnya berapa hari seminggu?

      Prinsipnya kita bisa bantu Pak.

      Salam,

      Budy Snake
      0857 1653 1999

      Posted by mertanus | 12 January 2012, 3:52 pm
  46. Bs kah minta alamatx? Putra sy umur 7 thn ingin skali blajar sulap. Thx.

    Posted by Yuniarmasyitah | 13 December 2012, 3:11 pm
  47. Right Magic Community ( Malang )
    Buat anda yang gemar bermain sulap atau ingin belajar bermain sulap, ayo gabung bersama kami untuk sharing dan belajar bersama ( Free )

    Persyaratan : Semua umur , all gender , dan semua golongan ( pelajar, mahasiswa, umum )

    Categori : Mentalist, close up, illusionist, escapology, fakir, stage, hypnosis, cardician, and more…

    Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi :
    Ramadhan ( Mentalist ) : 085334331086
    Wawan ( Close Up ) : 089606075914 (21e7c815)

    *Watch And Learn*

    Tolong disebarkan ke teman2 yang dimalang lainnya

    Posted by Dharmawan | 23 January 2013, 10:50 pm
  48. Right Magic Community ( Malang )

    Buat anda yang gemar bermain sulap atau ingin belajar bermain sulap, ayo gabung bersama kami untuk sharing dan belajar bersama ( Free )

    Persyaratan : Semua umur , all gender , dan semua golongan ( pelajar, mahasiswa, umum )

    Categori : Mentalist, close up, illusionist, escapology, fakir, stage, hypnosis, cardician, and more…

    Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi :
    Ramadhan ( Mentalist ) : 085334331086
    Wawan ( Close Up ) : 089606075914 (21e7c815)

    *Watch And Learn*

    Posted by ramadhanright | 23 January 2013, 11:08 pm
  49. aku mau belajar sulap di sekitar malang ada ngak ya?

    Posted by gevrelda | 12 March 2013, 12:16 pm

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

