Hari ini saya baru bisa membeli barang yang dipesan oleh ayah saya setelah dua hari tertunda karena barang yang tidak tersedia. Setelah barang didapatkan maka ada hal lain yang membuat saya bingung, yaitu jasa pengiriman apa yang bisa digunakan agar besok dapat segera digunakan namun juga harus murah. Mengapa? Karena barang yang akan saya kirim berupa paku ulir seberat 60 kg. Bisa dibayangkan berapa biaya yg harus dikeluarkan apabila menggunakan jasa pengiriman kilat seperti CV. Tiki atau sejenisnya.

Saya teringat dengan salah satu rekan saya yang bergerak di bidang ekspedisi. Saya pun bergegas pulang ke rumah dahulu untuk mencari nomor teleponnya. Selain itu juga saya berpikiran untuk segera sampai rumah dahulu karena saya membawa barang tersebut menggunakan sepeda motor, sangat sulit, sampai kaki terasa kram. Setelah sampai rumah saya cari nomor yang bisa dikontak tetapi nihil. Saya mencoba tanya kepada rekan saya, dan akhirnya saya mendapat tiga nomor. Tetapi tidak satu pun nomor tersebut valid, bahkan diantaranya ada yang salah sambung. Saya benar-benar bingung, mengingat hari ini harus dikirim agar bisa digunakan besok pagi.

Waktu sudah menunjuk pukul 6.00 sore, adzan maghrib pun sudah berkumandang, belum ada solusi. Sampai akhirnya terpikir untuk menggunakan jasa ekspedisi menggunakan kereta api. Saya putuskan untuk berangkat ke stasiun Kota bersama seorang rekan menggunakan mobil, karena kuatir hujan :)

Sesampainya di stasiun kami akhirnya berhasil menemui seorang pegawai salah satu jasa ekspedisi. Bapak tersebut menawarkan jasa pengiriman ke Cirebon dengan biaya Rp 1.000,00 per kg. Barang akan dibawa besok pagi menggunakan Kereta Api Taksaka. Setelah setuju dengan biaya yang diberikan maka saya turunkan barang tersebut dan membuat tanda terima. Selain biaya pengiriman saya pun memberika sedikit tips untuk kuli angkat yang membantu kami sebesar Rp. 10.000,00. Total pengeluaran Rp 70.000,00 ditambah uang parkir Rp 2.000,00 :)

Lega rasanya tugas telah selesai dan barang sudah diserahkan kepada jasa pengiriman. Sekarang tinggal menunggu proses pengiriman dan berharap semoga barang bisa tiba dengan selamat di Cirebon.

Apakah ada yang memiliki pengalaman serupa? Apakah ada alternatif lain untuk pengiriman barang dari Jakarta menuju daerah timur seperti Cirebon?

By: Budy Snake
Social Observer

