Hanya ada beberapa jenis saja ular yang berbisa. Oleh karenanya perlu rekan-rekan ketahui jenis-jenis yang tergolong berbisa tingkat tinggi. Hal ini perlu diketahui agar kita tidak mengalami rasa takut yang berlebihan apabila menjumpainya di alam liar. Ular yang ditemukan di alam janganlah dibunuh, tetapi hindarilah. Apabila ular sudah masuk ke dalam rumah pun sebaiknya diusir atau ditangkap untuk dipindah ke habitat aslinya yang jauh dari perumahan penduduk. Toh tidak semua ular berbahaya atau berbisa.

Kali ini yang akan bahas adalah mengenai ular berbisa. Ular-ular jenis ini mempunyai racun / venom yang sangat berbahaya. Di habitat aslinya racun tersebut digunakan untuk melumpuhkan mangsanya sebelum ditelan. Racun tersebut disuntikan melalui gigi taringnya langsung ke pembuluh darah mangsanya, taring tersebut memiliki bentuk mirip dengan jarum suntik namun sangat runcing / tajam. Sebagian besar jenis racun ular berbisa menyerang sistem saraf dan pernafasan sehingga biasanya korban akan segera lumpuh bahkan dapat menyebabkan kematian.

Adapun beberapa ciri-ciri ular yang bisa saya sebutkan dibawah ini, namun semua itu tidak mutlak, artinya itu semua hanya ciri secara umum saja biasanya yang ada pada ular berbisa, yaitu:
1. Bentuk kepala pipih dan berpola huruf ā€˜Vā€™
2. Ukuran relatif kecil atau pendek, kecuali King Cobra yang bisa mencapai 5 meter
3. Warna biasanya cerah, namun hal ini pun tidak mutlak.

Contoh ular-ular berbisa di Indonesia, yaitu:
1. Kobra / Cobra ( Naya Sputatrix)
2. King Cobra ( Ophiapagus Hannah)
3. Welang ( Bungarus Fasciatus)
4. Weling ( Bungarus Candidus)
5. Hijau Pucuk ( Trimeresurus Albolabris)

Masih ada beberapa jenis lagi yang termasuk ular berbisa seperti ular taliwangsa (belang hitam-kuning), ular tanah (coklat tua dengan taring panjang, sangat mematikan), dan lain-lain.

Ular-ular seperti contoh di atas sangat tidak disarankan untuk dipelihara oleh para pemula karena racunnya sangat berbahaya dan biasanya sulit dijinakkan.

Info lebih lanjut bisa hubungi saya melalui email: mertanus@cbn.net.id

Untuk artikel saya tentang ular bisa di klik pada bagian kategori “ular” dan tulisan lainnya akan menyusul.

By: Budy Snake

Magician & Snake Charmer

About these ads