//
you're reading...
Binatang, Curah Pikiran, Hobi, Ular

Ular Berbisa di INDONESIA

Hanya ada beberapa jenis saja ular yang berbisa. Oleh karenanya perlu rekan-rekan ketahui jenis-jenis yang tergolong berbisa tingkat tinggi. Hal ini perlu diketahui agar kita tidak mengalami rasa takut yang berlebihan apabila menjumpainya di alam liar. Ular yang ditemukan di alam janganlah dibunuh, tetapi hindarilah. Apabila ular sudah masuk ke dalam rumah pun sebaiknya diusir atau ditangkap untuk dipindah ke habitat aslinya yang jauh dari perumahan penduduk. Toh tidak semua ular berbahaya atau berbisa.

Kali ini yang akan bahas adalah mengenai ular berbisa. Ular-ular jenis ini mempunyai racun / venom yang sangat berbahaya. Di habitat aslinya racun tersebut digunakan untuk melumpuhkan mangsanya sebelum ditelan. Racun tersebut disuntikan melalui gigi taringnya langsung ke pembuluh darah mangsanya, taring tersebut memiliki bentuk mirip dengan jarum suntik namun sangat runcing / tajam. Sebagian besar jenis racun ular berbisa menyerang sistem saraf dan pernafasan sehingga biasanya korban akan segera lumpuh bahkan dapat menyebabkan kematian.

Adapun beberapa ciri-ciri ular yang bisa saya sebutkan dibawah ini, namun semua itu tidak mutlak, artinya itu semua hanya ciri secara umum saja biasanya yang ada pada ular berbisa, yaitu:
1. Bentuk kepala pipih dan berpola huruf ā€˜Vā€™
2. Ukuran relatif kecil atau pendek, kecuali King Cobra yang bisa mencapai 5 meter
3. Warna biasanya cerah, namun hal ini pun tidak mutlak.

Contoh ular-ular berbisa di Indonesia, yaitu:
1. Kobra / Cobra ( Naya Sputatrix)
2. King Cobra ( Ophiapagus Hannah)
3. Welang ( Bungarus Fasciatus)
4. Weling ( Bungarus Candidus)
5. Hijau Pucuk ( Trimeresurus Albolabris)

Masih ada beberapa jenis lagi yang termasuk ular berbisa seperti ular taliwangsa (belang hitam-kuning), ular tanah (coklat tua dengan taring panjang, sangat mematikan), dan lain-lain.

Ular-ular seperti contoh di atas sangat tidak disarankan untuk dipelihara oleh para pemula karena racunnya sangat berbahaya dan biasanya sulit dijinakkan.

Info lebih lanjut bisa hubungi saya melalui email: mertanus@cbn.net.id

Untuk artikel saya tentang ular bisa di klik pada bagian kategori “ular” dan tulisan lainnya akan menyusul.

By: Budy Snake

Magician & Snake Charmer

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

40 thoughts on “Ular Berbisa di INDONESIA

  1. maaf…pak..
    aku mau tanya jenis2 ular di Indonesia…
    Dari kategori :
    1.tidak berbisa
    2.berbisa rendah
    3.berbisa tinggi
    berserta nama latinya…..makasihya pak……

    Posted by CUDEL | 24 May 2007, 1:16 pm
  2. To Cudel: Anda bisa kirim email ke mertanus@cbn.net.id Nanti akan saya coba jelaskan via email sebelum saya posting di blog ini. Karena nantinya pun saya akan posting lengkap tentang ular. Terima kasih.

    Posted by mertanus | 25 May 2007, 1:16 am
  3. Mo nanya nih gimana cara kasih makan ular yg baik dan benar ! soalnya saya biasa kasih makan disuapin pake pinset ( dipaksa). Dan kandangnya harus bagaimana ??? Oh iya saya sangat tertarik sama ular viperidae. Terimakasih sebelumnya.

    Posted by Fachrul Reza | 20 June 2007, 4:17 pm
  4. Saya udah bberapa kali plihara ular 3 kali cantik manis ( Tropidolaemus wagleri) dan satu kali ular pucuk (Trimeresurus popeiorum barati). Tapi itu semua telah mati(2) atau hilang(2). Terrarium saya berisi gelas berair, ranting, karpet hijau apakah itu cukup ? kebetulan saya kuliah di Biologi FMIPA UNAND Padang Sumatera Barat dan mo ambil tugas akhir Taxonomi khususnya ular viperidae. Dan saya hobbi juga pelihara ular, walau pnah digigit. Pnah saya beri makan anak puyuh hidup-hidup tapi tidak dimakan. jadi gimana baiknya ?????

    Posted by Fachrul Reza | 22 June 2007, 2:46 pm
  5. To Fachrul Reza: Memberikan makan dengan cara dipaksa (forse feeding) tidak disarankan. Ular yang telah mengalami pemaksaan semacam itu untuk selamanya akan trauma dan tidak pernah akan mau makan lagi karena dia akan stres.
    Untuk jenis cinta mani (T.Wagleri) dan Hijau Pucuk termasuk jenis ular pohon. Prinsip dari terarium adalah membuat lingkungannya semirip mungkin dengan aslinya. Apabila ular pohon dipelihara, maka terarium yang diperlukan harus besar dan tinggi. Di dalamnya diberikan pohon atau ranting pohon sebagai tempat ular melilitkan tubuhnya. Ranting tersebut juga berfungsi sebagai tempat burung bertengger. Simpulannya terarium harus besar dan tinggi, sehingga burung yang berfungsi sebagai pakan ular bisa bergerak bebas. Jangan lupa buatkan kolam kecil sebagai tempat minum dan menjaga kelembapan terarium. Untuk info lanjutan bisa baca artikel saya tentang Pembuatan Terarium.

    Posted by mertanus | 22 June 2007, 5:22 pm
  6. Salam kenal ! saya berminat meneliti tentang ular yang ada di kalimantan tapi saya terkendala dengan metode baku dan alat yang digunkan untuk menangkap atau memperangkap ular selain itu saya juga kekutangan bahan riferensi untuk sumber penelitian saya, mungkin saudara yang telah berpenglaman bisa membntu saya. atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih !!!

    Posted by Chandra | 15 August 2007, 9:42 pm
  7. apa ular pucuk itu beracun seperti yd di tulis diatas? padahal saya sering dengar dari para pedagang ular bahwa ular pucuk itu tidak beracun (tidak berbahaya).. skr saya punya 2 ekor, yg warna hijau mulut agak lancip (mancung) , & warna coklat keemasan.. bisa tolong di jelaskan keseluruhan tentang ular yg saya pelihara ini? saya sangat pemula sekali memelihara ular.. trims..

    Posted by Rio | 10 September 2007, 12:16 am
  8. pengen lihat foto2 ular yg berbisa di indonesia biar bisa tau bentuk dan fisik nya biar nggak salah beda in ularnya

    Posted by ah chin | 24 October 2007, 10:08 am
  9. Pak, habitat ular2 berbisa itu masih ada yg liar gak?
    Kalo ada, di daerah mana saja? Bisa dijelaskan gak?
    Jangan2 rumah saya juga termasuk daerahnya lagi!
    Waaah takuut…

    Posted by Sakul | 9 November 2007, 12:39 pm
  10. pak, saya menemukn ular di rumah. pnjangnya kira”20 cm. msh kcil. warnany htam kcoklatan, ada wrna belang putih/kuning yang msh blum jlas terlihat. apakah ular itu berbisa??
    dan bisakah saya tahu informasi lebih detail ttg ciri ular yang berbisa/ tidak berbisa???
    saya sgat tertarik dengan ular.. mohon jawabannya segera..

    Posted by karim | 10 November 2007, 11:00 pm
  11. Bung mertanus, dedak bromo tu berbisa g sih? nama ilmiahnya apa? aku baru saja nangkep itu tapi susah banget cari info tentang ular itu

    Posted by Fransiskus | 13 February 2008, 11:18 am
  12. massssss………………………
    cakep bgt sih bleh knl gak?
    kebetulan aku suka bgt ma ular.
    nd q mo tau ciri2 ular scr rinci n jelas.
    thanks

    ndra&lila

    Posted by lila | 28 April 2008, 4:02 pm
  13. salam kenal, saya mahasiswa Conservation di fakultas kehutanana UGM, yogyakarta.
    saya mau tanya mas. Ular pucuk makanan kesukaan nya apa ya….
    dan cara perawatan yang paling gampang gimana???
    trimss

    Posted by allen | 30 April 2008, 7:45 pm
  14. Saya piara ular hijau, dulu beli di pameran, kecil sebesar kelingking, panjang semeter lebih, kepala segitiga.. Itu berbisa ga? Makanannya apa?

    Posted by Lerry Hafid | 19 September 2008, 6:43 pm
  15. okelah sedikitnya bisa bantu pengetahuan tentang ular di indonesia

    Posted by agil | 22 October 2008, 10:44 pm
  16. Selamat siang dan Mohon Informasi.
    Tadi siang, di rumah saya (kompleks perumahan) ditemukan ular warnanya coklat ada kuningnya/putihnya (memanjang sepanjang badan/tidak melingkar) panjangnya kira2 75-100 cm dengan diameter antara 2-3 cm. Beberapa waktu sebelumnya juga ditemukan namun ukurannya lebih kecil. Beberapa tetangga bilang itu ular sapi, tapi yang lain bilang bukan. Kalau benar ular sapi, berbisa kah ular itu ?
    Terima kasih.

    Posted by sulaeli | 2 November 2008, 1:22 pm
  17. semalam sekitar jam 12 malam di kamar mandi kami ditemukan ular kira2 panjangnya 80-100cm, warnanya cokelat tua, mungkin berdiameter 4-5 cm. Gerakannya agresif walau tidak menyerang. Ular apakah itu? Sampai sekarang kami sekeluarga masih trauma. Terima kasih..

    Posted by lia | 5 February 2009, 12:55 pm
  18. Saya mau tnya donk…
    Ada ga sih jenis ular yang berbisa dan melilit bila ingin mematikan mangsanya??
    kalau ada nama jenis ularnya apa?ada dimana?info nya bisa cari di situs aph?
    thank’s yaww…..

    Posted by malia | 12 February 2009, 5:45 pm
  19. selamat siank…
    m`af saya ingin b`tanya…
    kemaren kakak saya menemukan seekor anak ular, lucu sekali coraknya sehingga kakak saya memeliharanya.
    kemaren anak ular itu diberi makan anak katak masih mau, tapi tadi pagi diberi makan tidak mau.
    yang saya ingin tanyakan, makanan apa saja yang disukai oleh anak ular???
    terimakasih atas jawabannya.

    Posted by zen_zen | 18 February 2009, 11:03 am
  20. ular apa yang bisa bikin bengkak wanita selama 9 bulan? ayo siapa yg bisa jawab?

    Posted by fuck | 18 February 2009, 4:38 pm
  21. pak bisa gak lihatkan foto2 ular yg berbisa beserta nama2nya…
    soalnya saya dapat kobra dan yang satuya belum tau ular apaan?..

    Posted by adi | 18 February 2009, 8:42 pm
  22. pak ular hijau buntut merah itu bisanya tinggi,sedang atau rendah?…
    tlong infonya pak

    Posted by adi | 18 February 2009, 8:48 pm
  23. help me pliz… tgl 22feb kmaren lubang got saluran air trdngar derik keras skali lbh keras dari belalang/jangkrik.apa ular dlm tanah/got bisa berderik keras spt ular derik gurun/rattle??

    Posted by yen-yen | 26 February 2009, 10:05 pm
  24. tanya dong..
    saya punya ular sawah atau orang2 disekitar rumah saya menyebutnya ular air, apakah ular tersebut termasuk ular yang berbisa

    Posted by adam | 22 April 2009, 4:23 pm
  25. apa betul ada ular yang namanya bandotanpuso ? katanya ular paling berbisa di pulau jawa kalau ada sejenis apa ?

    Posted by dinar | 25 April 2009, 11:59 am
  26. teriamkasih akan adanya info tentang ular. karen abisa menambah oengetahuan tentang ular. saya ingin menanyakan tentang ular liar yang kemarin ada di rumahku. ularnya kecil dengan warna hitan ada garis kuning di samping kanan kiri dari kepala sampai ekor. apakah ular tersebut berbisa atau tidak? kemarin saya cari2 tidak ada hilang di rerumputan. terimakasih atas jawabannya.

    Posted by hadiyanto | 18 August 2009, 9:05 pm
  27. bro…data akan lebih berfanfaat plus kalo dihadirkan dengan lebih lengkap, baik jenis, nama dan gambar…thank…senang mengenalmu.

    Posted by samson bale ular | 17 September 2009, 8:05 pm
  28. Mohon dijelaskan jenis2 ular dengan kategori (mohon disertai fotonya juga) :
    1. berbisa
    2. setengah berbisa
    3. tidak berbisa

    Ada berapa jenis ular di indonesia dan habitatnya
    Manfaat ular bagi kehidupan manusia

    Posted by Dody Perdata | 11 March 2010, 1:13 am
  29. pak aku suka ma ular n mau memelihara, jenis ular apa yang sangat gampang beradaptasi sama manusia??

    Posted by enhabe | 14 April 2010, 5:09 pm
  30. copozzzzzz tenan

    Posted by hallyena | 25 July 2010, 6:49 pm
  31. ular yang tidak berbisa di pulau jawa itu ular apa saja ???
    tolong donk dikacih fto ularnya juja , , , biyar bisa membedakan saja . . .

    Posted by gandoz | 17 January 2011, 2:19 pm
  32. pak saya butuh sekali penjelasan tentang ular yang ada di samping rmh sya,kata orang si itu ular daun,warnanya hijau muda,lehernya kecil,kepalanya agak lancip.tubhnya tdk trlalu besr tp agak panjang.saya ketemu ular itu dan saya buang jauh, 2 hari kemudian saya melihat lagu ular yg sama tapi ukurb lebh bsr dan panjang lalu saya bunuh saja ular itu,3 hari kemudian saya ketemu dgn ular yg cri2nya persis dgn sblumnya dan di tempat yg sama dan saya bnuh lgi dn saya buang ke jln,karena menrut saya sngt menganggu kenyaman terlbih itu berada tepat diselah kmr saya. yg mau saya tanyakan jenis ular apa itu?berbahaya atau tidak dan kenapa saya brjumpa dgn jns ular yg sama dlm wktu yg singkt,dan bagaimana cara mengusir ular2 itu agar tdk dtang lagi karn saya khawatir ular itu akan ada lg. dan apakah habitatnya itu berklompok? saya mhon sekali pnjelasnnya.

    Posted by sahrial | 20 January 2011, 9:48 pm
  33. Mohon informasi Jenis Ular yang saya pelihara ini gambarnya ada di alamat Blog saya ini : http://tiorockdut.blogspot.com/search/label/Tio%20Rockdut%20%20%28Binatang-binatang%20Peliharaanku%29

    Untuk Penjelasannya saya ucapkan terimakasih.

    Posted by Tio Rockdut | 4 February 2011, 5:47 pm
  34. saya mau no hp atau no pin BB ada gambar ular yg mau saya kirimkan…nih no hp ku 0811628634…pin BB ku 21DD98EF

    Posted by wenglie | 4 October 2011, 4:41 pm
  35. mas..saya punya ular pucuk masih kecil panjang sekitar 1 meter…cuma saya bingung ngasih makannya susah banget…selain cicak..apalagi yg boleh dikasih buat makanannya…secara ukuran badannya masih segede kabel data..
    mohon bantuannya ya mas ^_^

    Posted by saha abdi | 27 October 2011, 10:50 am

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

