//
you're reading...
Binatang, Curah Pikiran, Hobi, Ular

Ular Welang Merupakan Ular Darat Yang Paling Mematikan

Ular Welang yang memiliki nama latin bungarus fasciatus merupakan ular yang sangat mematikan di daratan ini. Ular yang memiliki jenis racun neurotoksin ini akan menyerang pusat syaraf.

Jenis racun yang dimiliki oleh ular Welang sangat mematikan karena dilihat dari jumlah korban yang lebih banyak meninggal dan tidak dapat tertolong. Mengapa tidak tertolong? Jawabannya adalah karena korban yang meninggal biasanya tidak menyadari bahwa telah tergigit, begitu terasa sesak nafas dan jantung melemah baru mereka menyadari bahwa telah tergigit. Saat itu racun telah menyebar keseluruh tubuh dan korban sudah tidak berdaya. Satu hal lagi yang biasanya terjadi adalah korban berada jauh dari rumah sakit yang menyediakan serum. Akibatnya korban biasanya meninggal dunia.

Ular Welang aktif dimalam hari dan sangat sulit dikenali karena corak warnanya yang berbelang-belang hitam dan putih. Di siang hari ular ini memilih untuk diam di sarangnya yang biasanya di pinggir sungai dan pematangs awah yang kering. Jenis ular Welang tidak agresif seperti Kobra apalagi di dalam kandang dan siang hari. Apabila disentuh pun ular ini cenderung pemalu dengan menutupi bagian kepala dibalik badannya. Biarpun demikian bukan berarti anda bisa menyentuhnya, hal ini tidak saya sarankan apabila tidak dilakukan oleh seorang ahli. Apabila untuk darurat bisa menggunakan tongkat untuk mengusirnya.

Untuk artikel lain tentang ular bisa di klik pada bagian kategori “ular” dan tulisan lainnya akan menyusul.

Untuk informasi lebih lanjut tentang ular Welang, bisa hubungi saya melalui: mertanus@cbn.net.id

By: Budy Snake
Magician & Snake Charmer

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

50 thoughts on “Ular Welang Merupakan Ular Darat Yang Paling Mematikan

  1. salam kenal, budy snake
    4 hari yang lalu gue nemuin ular trus gue tangkep meskipun sempet parno.
    Kecil sih, cuma 30 senti-an (gak tau tuh ular kecil karena emang blm dewasa ato emang jenisnya segitu)
    gue dah obrak-abrik internet susah juga nyari jenisnya.
    ciri2nya tuh: belang-belang putih-oranye (bukan kuning loh!) tapi bagian bawahnya kotak-kotak item-putih.
    pas gue cocokin di internet, mau ular welang ato weling kok ga mirip tuh? jadi tu ular apa yah? Berbisa gak? makannya apa? apa utusan dari nyi blorong …. plis jawab secepetnya yah… cos, dah gue tangkep tapi bingung mau gue apakan

    Posted by putri | 26 October 2007, 4:33 pm
    • sbnernya gw jga gak twu jenis ular yg lo temuin, tpi tuk mstiin tu berbisa tau nggk coba deh lo cek dgn cara lo pegang kepalanya trus lo selipin batang lidi di mulutnya truz coba lo lihat ada taringnya gak, klaw ada brarti ya tu berbisa tpi klau cuma ada gigi-gigi kcil aja brati tu gak berbisa,,
      truz masalah mkanannya biasanya kebanyakan ular pmakan tkus tpi klaw msih kcil mndingan coba lo ksih anak katak aja,,
      itu sich sdikit yg gw tau,

      Posted by rizqi | 17 November 2010, 5:34 pm
    • kalo menurut ciri cirinya sih..kalo di kampungku dulu..15 taun lalu namanya ular surup serngenge ( matahari terbenam) hati hati loh itu ular berbisa juga.kalo di patuk pas sampai matahari terbenam blom tertolong ktanya bisa game over orangnya. thanks

      Posted by bima | 2 November 2012, 11:14 am
    • uler cabe mungkin . setau ane uler cabe bawahnya kotak putih item sama ada orangenya , tapi atasnya orange coklat biasanya :D
      macam gini ularnya :

      Red-tailed coral snake (Calliophis intestinalis), defensive display

      ?

      Posted by Andra Olivia | 25 February 2014, 7:41 am
  2. kemarin saya juga baru menangkap ular welang dengan panjag skitar 30cm,,,ular itu masuk kedalam rumah tetangga saya jadi saya tangkap agar ular ataupun manusianya tidak terbunuh,,,setelah itu saya lepas di sungai.

    Posted by arby | 31 January 2008, 9:06 am
  3. Mulia sekali tindakan anda. Salut!

    Posted by mertanus | 11 February 2008, 4:30 am
  4. hai Budy lam knal ya… gw Aphry,punya klub pcinta ular ORAYERS.ular yg gw punya kbanyakan python n ular cincin mas. gw mo nyoba miara ular welang,tapi Gw lom tau cara pmeliharaanya… bagi2 ilmunya donk..! ni email gw.. dhe_apryan@yahoo.co.id ditunggu ya informasinya….

    Posted by aphry | 28 February 2008, 9:54 am
  5. salam kenal pak budy..
    mau tanya, pasien yang saya rawat saat ini dikarenakan snake bite dimana ngga diketahui ular apa yang menggigitnya (hanya diketahui berwarna hitam dan digigit swaktu ada di kali air tawar), dia mengalami gejala neurotoksin berupa kejang2 dan kaki yang digigit mengalami bengkak.
    kalau dari tanda2 seperti itu, apa bisa diidentifikasi jenis ularnya?

    (btw,saya belum jadi perawat..masih jadi calon perawat, jadi mohon dimaklumi kalau bahasanya tidak bagus ^^)

    Posted by ina | 2 April 2008, 12:18 am
  6. Bos,… rumah saya termasuk kategori “MEWAH” bukan sombong tapi rumah mepet sawah alias pinggir sawah…nah kemaren2 depan dapur lewat ular sawah yang kata orang mirip python…atau sawo kembang..trus ada lagi kami kira ular yang nama daerahnya ular demung sapi…eh ternyata kobra karena waktu itu terus lehernya memipih…belum lama lagi di depan rumah ada dua ekor anakan ular welang satu pas di deapan pintu depan, lainnya di dekat sandal…lah sekarang ada didepan pagar masih seumuran. Nah Bos bisa kasih tahu sama kita2 bagaimana ciri dan penanganannya biar kita bisa ikut menjaga ekologi…begitu. Makasih.

    Posted by nova | 8 November 2008, 9:23 pm
  7. budy snake,semalam saya nemuin pengalaman yang mengerikan,,saya berkunjung kerumah sodara saya,kebetulan rumahnya itu dekat sekali dengan sawah,malam2 saya sama sodara saya iseng bakar api unggun,,galama kemudian ada ular welang,kata sodara saya,,ga lama sodara saya ambil samurai,,karna panik,,lalu dipoTong leherNya,,tapi anehnya masih bisa jalan2,,yang saya mau tanya,,kalau seandainya saYa ktmu lagi dgan ular seperti itu apa yang harus saya lakukan???thx ya budy snake

    Posted by hary | 25 April 2009, 4:15 pm
    • Salam kenal Hary.
      Anda domisili dimana? Ya memang harus waspada apabila di tempat-tempat yang sekiranya rawan ular. Sebenarnya ular tidak perlu dibunuh, singkirkan saja, dibuang ke tempat yang jauh dari penduduk. Cara menangkapnya bisa dengan tongkat atau alat bantu lainnya. Kalau memang benar itu jenis Welang memang harus ekstra waspada, karena racunnya tergolong tinggi dan aktif di malam hari.

      Posted by mertanus | 26 April 2009, 11:52 am
  8. Salam kenal,

    Saya pernah punya teman, meninggal karena digigit ular “tedak bromo” ciri2 ular tsb hitam dan ada gelang merah di leher..apakah anda punya gambar ular ini.?

    Posted by Mario | 19 September 2009, 1:43 pm
  9. Halo mas Budy, tanpa ada maksud menggurui, saya hanya ingin memberi koreksi mengenai kalimat “corak warnanya yang berbelang-belang hitam dan putih.” dimana sebetulnya ular welang berwarna belang hitam dan kuning, kalau yang berbelang hitam putih itu “saudaranya”, Bungarus candidus alias weling.
    Terimakasih…

    Posted by Jojo | 13 December 2010, 10:29 pm
    • Mas…thanks atas komentarnya. tetapi perlu saya luruskan bahwa yang
      belang hitam dan kuning itu adalah ular taliwangsa dengan nama latin boiga
      dendrophila.

      Posted by mertanus | 15 December 2010, 11:56 pm
      • yg belang hitam kuning tu bisa nya mematikan gagk bang

        Posted by ocol | 19 December 2012, 2:14 am
      • Kalau belang hitam kuning itu tidak mematikan tetapi cukup lumayan membuat bengkak.

        Posted by mertanus | 21 December 2012, 9:45 am
      • Sy setuju sm mas Jojo, stahu sy ular welang bwarna hitam kuning, ular weling bwarna hitam putih. Ular weling (hitam putih biasanya uk. lbh besar&panjang, panjang sktr 2-3m tp bisanya gak seganas ular welang, tinggal dipematang sawah kering/pnggir kali. Ular welang (hitam kuning)biasanya ngumpet dbawah pohon yg sudah mati atau dibawah tanah, uk.badan lbh kecil pendek tp bisanya…??? Guaanaazzz broowww!!!. Klo ular taliwangsa hitam dan kuning (kuningnya lbh pendek dibanding hitamnya) tp badannya membentuk segitiga (gak bulat) dan bisanya krg bgitu ganas (sedang2 aja) jd msh berani buat main kalung2an :), panjang sktr 2-3m, biasanya hidup dipohon ato bambu (papringan).. Itu stahu saya, yg pernah ngliat 3 macam ular tersebut, dan pernah nggebukin juga.. drpd aku yg “digebukin” ular….!!

        Posted by fajar | 23 January 2013, 3:20 am
  10. Gak tau lah mana yg bener, welang or weling, yg jelas “hari ini di Bdg sabtu tgl 21 Mei 2011 jam 22.00 WIB di kebun belakang rumah” baru aja sy tangkap ular corak hitam putih panjang (+/-) 1mter lingkar perut (+/-) 7cm. Stlah search internet ternyata ular jenis welang/ weling ini kira2 yg dimaksud (warna corak garis hitam putih). Begitu baca tulisan di atas Kutipan–> “korban yang meninggal biasanya tidak menyadari bahwa telah tergigit, begitu terasa sesak nafas dan jantung melemah baru mereka menyadari bahwa telah tergigit”<– Wuiiiih Ngeri klo tau ni ular berbisa gak bakal sy tangkap, sbgai bayangan kebun belakang rumah sy ada 12 ekor kelinci yg berkeliaran bebas dan sekelilingnya ditembok setinggi 2m Tapi kenapa bisa ada ular msuk!! pertanyaan sy berapa lama racun ular ini mulai bereaksi??? (adaikata sy kena gigitan berapa menit/jam waktu yg sy punya utk dpat tertolong). THX Budy Snake.

    Posted by yugo | 21 May 2011, 11:52 pm
    • reaksi gigitan dari ular berbisa tinggi tergantung dari kondisi dan tingkat imun si korban, tp biasanya 30 menit tanpa penanganan bisa berakibat fatal.

      Beda Welang dan weling :
      Welang itu ekornya tumpul, punggung lebih menonjol, dan cenderung pemalu kecuali untuk ukuran baby

      Weling cenderung lebih agresif, punggung bulat. dan ekor meruncing,

      Posted by GT-HELL | 20 October 2011, 12:03 pm
  11. Om…di rmh sy ada ular belang panjang sekitar 35 cm sempat sy gebuk pakai sapu tapi tidak mati …saya masukan ke dalam toples sy bingung harus kemanakan ular belang tsb

    Posted by abdulah | 21 August 2011, 11:51 pm
  12. brow di rmh we ada ular welang putih item….. panjang kira2 1m lbh.. bahaya ga brow… klo bahaya mo gua bunuh aja… tkt trjadi apa2…

    Posted by Tulank Ak Scooter | 4 February 2012, 10:13 pm
    • salam kenal…maaf lama balas. semoga tidak terlambat. sebaiknya ditangkap dan dibuang saja ke tempat yang jauh dr perumahan penduduk. untuk berbisa atau tidak saya tidak bisa tentukan kecuali ada fotonya.

      salam.

      budy snake 0857 1653 1999

      Posted by mertanus | 8 February 2012, 11:14 am
  13. mas…mau tanya…bbrp hari yang lalu di sebelah timur rumah saya ditemui ular belang item putih ekornya lancip…belum sempat ditangkep dia udah lari di tumpukan batu…na 3 hari kemudian dia udah ditemuin di bawah mesin cuci tetangga saya…n akhirnya di gebukin sampai mati.gimana langkah yg harus diambil kalo lain kali ketemu ular seperti iu lagi dan apa berarti disekitar komplek rumah saya ada sarangnya ya??trus pertolongan pertama apa yg hrs dilakukan seandainya sempat tergigit??terima kasih banyak ya mas….

    Posted by rini | 25 April 2012, 7:49 am
    • salam kenal,

      untuk lebih amannya saya sarankan utk gunakan tongkat atau sapu lidi untuk menghalau ular apabila ditemukan lagi.

      paling aman adalah hindari kontak langsung, kalau sampai tergigit ya harus ke rumah sakit yang besar yang menyediakan serum ular.

      anda lokasi dimana?

      info lanjut hub hp saya 0857 1653 1999

      salam

      budy snake

      Posted by mertanus | 28 April 2012, 1:48 am
  14. mw tanya nich….gua punya ular warnya item banget….suka diam,,,,disentuh d
    iam,,,diganggu diam malam ato siang pun juga g agresif….cuma q kasih makan katak kecil panjang 1,5 m lah….pnya taring juga,,,lok diliatin g mw makan….cuma tiba2 aja kataknya g ada…..q cari diinternet jga malah bingung ular apa…coz ular warna item banyak…..bantuin nyari jenisnya ya…thanks…..

    Posted by minut | 29 June 2012, 8:04 pm
  15. Salam kenal Mas, saya baru dapat ular belang putih agak kuning dan hitamnya agak muda condong coklat muda, panjang 90 cm kira-kira berbisa tidak ya? kalau tidak mau saya pelihara? Thank’s.

    Posted by hanny purwanto | 31 July 2012, 10:51 pm
  16. malam ini saya melihat ular yang warnanya hitam putih, panjangnya kira2 1 meter merayap di selokan samping rumah saya yang kebetulan baru selesai hujan….spontan saya ambil balok untuk membunuhnya tetapi ularnya masuk di tumpukan barang bekas selokan yang tidak dialiri air…..apakah ular itu akan keluar lagi atau masuk ke dalam tanah…..saya kuatir karena saya punya anak balita

    Posted by Ifenks | 5 November 2012, 10:22 pm
    • Pak Manurung,

      Kemungkinan besar ular tersebut akan keluar lagi. Yang penting upayakan pintu rumah dan jendela dalam keadaan tertutup kalau malam hari. karena ular akan aktif di malam hari.

      salam,

      Budy Snake

      Posted by mertanus | 6 November 2012, 9:23 am
  17. hari ini saya menangkap ular belang hitam putih, bawahnya putih polos lalu saya lepas dipersawahan. panjangannya sekitar 60cm, ini ada fotonya, yg saya tanyakan berbisa gak ya… klo berbisa sampai gimana akibatnya klo tergigit ulat tersebut, thx

    Posted by Joe | 16 November 2012, 8:48 pm
  18. saya orang yg paling takut bila ketemu ular, ngga tahu ya koq badan bisa langsung lemes. mohon kasih tahu tipsnya biar ngga shock bila ketemu ular. Salam kenal bos

    Posted by handoyo | 28 March 2013, 9:02 pm
  19. ular welang itu biasanya setahu saya berbunyi tek tekan gtu, kayak suara katel tukang nasi goreng , di daerah saya banyak ular welang, karena pesawahan

    Posted by andi printing | 31 May 2013, 1:04 am
  20. broo gue bru aja nemuin ular welang, ukuranya gede banget,,
    orang2 pada takut and akhirnya d.matiIn tu ular, trus mreka punya asumsi kalo ular welang yang udah dewasa, bagian buntut nya bisa berubah jdi kepala artinya (kepalanya 2)…
    emang menurut loe bneran gtTu…???

    Posted by dian | 10 August 2013, 9:37 pm
  21. Salam kenal ka , baru aja tadi ular kecil masuk kedlm rmh , terus diburu keluar .. Mau tanya aja ini ular namannya apa terus berbisa ga ? , warnannya hijau campur hitam ,diatas oren terang kemerahan, kepalannya oren binting hitam tp kepalannya lebih gmn ya bentol2 gitu -_- hha cara nya gmn ya mau kirim foto ksni

    Posted by bella | 17 September 2013, 9:40 am
  22. tadi malem di ruang tengah muncul ular weling. alhasil kk dan bapak saya yg lagi beres2 barang langsung kaget.. pake sapu dimasukin ke kantong kresek.
    mau dilepasin ke sungai tapi gerbang komplek udah ditutup, ya udah lepasin ke tanah kosong deket rumah. tau2 ada satpam marahin katanya jgn dibuang disitu, bahaya ntar malah ke rumah orang lagi. saya jadi waswas nih mana piara anjing 2 ekor di rumah.

    Posted by movuzzo | 5 December 2013, 1:09 pm
  23. untuk perbedaan welang dan weling yang saya baca d wikipedia adalah sbb;
    ular welang ;
    warna hitam putih/hitam kuning
    ukuran maksimal bisa 2 meter
    ekor tunmpul
    uiar weling ;
    warnah hitam putih
    ukuran maksimal 1’5 m
    ekor lancip
    kesimpulan ular weling lebih pendek dari ular welang, ular weling mempunyai corak hitam dan putih,sedangkan ular welang hitam putih,dan ada juga yang hitam kuning,untuk corak ular weling,hitamnya tidak melingkar keseluruh badan,hanya sampai sisi tubuhnya,sedangkan ular welang hitamnya melingkar sampai bagian bawah tubuh ular,ular weling dan welang mempunyai bisa yang sama kuat,dan untuk membedakan welang dan weling dengan ular lain yang mempunyai corak yang hampir sama dalah dengan melihat panjang corak hitam dan putihnya.klo welang dan welin mempunyai corak hitam dan putih yang sama panjang,,maaf klo salaah,,

    Posted by wawan aj | 28 December 2013, 6:27 pm
  24. Saya baca2 komen2nya kog malah rebutan mslh si welang ma si weling yak. :) Sekedar info saja bwt tmen2 biar g slh penanganan waktu tergigit.
    Ular Weling (Bungarus Candidus) : Genus : Bungarus. Berwarna hitam-putih dgn wrna perut putih, berbisa tinggi, tinggal di daerah yg cenderung kering.
    Ular Welang (Bungarus Fasciatus) : Genus : Bungarus. Berwrna hitam-kuning dengan belang hitamnya smpe ke bagian bwah perut, berbisa tinggi, tinggal di daerah yg cenderung basah (sawah, sungai, dll).
    Ular Cincin Emas (Boiga Dendrophila) : Genus : Boiga. Berwarna hitam-kuning dengan belang kuning yg tipis, berbisa menengah, tinggal di daerah kering biasanya pohon (agresif).
    Jadi bwt Mas Budy Snake, ular yg warnanya kuning-hitam bukan cuma boiga aja Om, yg lain jg banyak. Peace :-)
    Buat tmen2 klo nemu yg hitam-putih atau hitam-kuning dengan lebar belang yg hampir sama Ati-ati aja, kalo digigit g cuma bengkak tp bisa setor nyawa.hehe… So, jgn salah membedakan antara welang-weling dan boiga(taliwangsa/cincin emas, jenisnya udh beda jauuuuuhhhh.

    Posted by Udin P'A | 1 January 2014, 11:10 am
  25. tiga hari lalu ane nemu nih uler di sepatu ane , terus ane buang ke sungai … eh dia balik lagi tadi malem . agan tau gak cara yang pasti biar nih ular ga dateng lagi ke rumah ane ? ket : kemaren ane sempet naburin garem di depan pintu rumah

    Posted by Andra Olivia | 25 February 2014, 7:32 am
  26. lam kenal bro, tdi malem pz gua buang aer kecil d.kali , , tiba2 gw d.samperin ma ular welang!! sumpaah, tkut bnget gua, lngsung ajh gua call anak2. lngsung dh tu d.ker0yok rame2, qo,id dh tu uler. agresip bnget tu uler

    Posted by idas | 6 March 2014, 5:12 am

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

