//
you're reading...
Binatang, Curah Pikiran, Ular

Perawatan Ular Peliharaan

Topik ini sudah pernah diulas di artikel sebelumnya, namun kali ini saya akan mencoba untuk menulis lebih detil lagi. Banyaknya email yang masuk dan bertanya kepada saya membuat saya berpikir untuk mengulasnya melalui blog ini.

Seberapa sering ular itu harus dipegang?
Pertanyaan tersebut kerap kali ditanyakan oleh pehobi yang baru mulai memelihara ular. Untuk menjawabnya memang saya agak sulit karena memang tidak ada patokan yang pasti untuk hal ini. Yang jelas, jangan kita terlalu sering menyentuh ular peliharaan kita agar tidak menjadi stres namun juga jangan sampai jarang dipegang atau disentuh sehingga ular peliharaan kita menjadi galak karena tidak terbiasa dipegang. Tentunya hal ini tergantung kepada tiap-tiap ular itu sendiri dan juga tergantung dari jenis ular yg dipelihara. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan menyentuh ular yang baru saja makan, beri waktu beberapa hari setelah ular tersebut makan kenyang sebelum disentuh. Ular yang disentuh atau dipegang setelah makan bisa saja menjadi stres sehingga makanannya dimuntahkan kembali atau ada beberapa ular yang menjadi agresif setelah makan kenyang. Sebaiknya setelah dua atau tiga hari barulah kita pegang ular tersebut, sekali lagi saya tegaskan bahwa hal ini adalah tergantung dari kondisi ularnya. Apabila setelah tiga hari masih ada benjolan di perut ularnya maka belum saatnya untuk dipegang.

Jadwal pemberian makanan
Untuk jadwal pemberian makan pun tergantung dari jenis dan ukuran ular. Pada prinsipnya berikan umpan yang sehat dan bebas penyakit. Usahakan tiap kali makan porsinya cukup dan jadwal pemberian pakan tetap, misal: seminggu sekali atau dua minggu sekali. Untuk jumlah makanannya bisa bervariasi, namun yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai kurang atau terlalu kenyang. Untuk patokannya saya bisa berikan tips disini, yaitu: misalkan ular peliharaan anda mampu memakan 5 ekor bebek dalam satu kali makan, maka berikan cukup 4 ekor saja tiap kali makan. Intinya selalu kurangi dari porsi makan maksimalnya.

Untuk ukuran mangsanya usahakan ukurannya lebih besar sedikit dari kepala ularnya, makin besar makin baik, tentunya tergantung dari kemampuan ularnya. Jangan pula terlalu besar sehingga ularnya mengalami kesulitan atau bahkan tidak mau makan.

Untuk ular ukuran kecil yang ingin diberi makan ular tikus putih (rat), sebaiknya saat pemberian makan tetap terus dipantau, apabila tidak segera dimangsa lebih baik diambil dan diberikan lain waktu sampai ularnya benar-benar siap makan. Kenapa saya jelaskan? Karena tidak jarang justru ular tersebut yang digigit oleh si tikus putih (rat) tersebut. Saya sendiri memiliki pengalaman seperti itu, ular kobra kesayangan saya mati setelah kepalanya digigit oleh tikus rat yang saya berikan.

Bagi yang belum mengerti, bisa saya jelaskan bahwa tikus putih ada dua jenis, yaitu jenis kecil dan besar. Biasanya yang kecil disebut mice, jinak dan ukurannya tidak bisa besar dan yang jenis kedua ukurannya besar disebut rat, jenis ini ukurannya bisa sebesar tikus sawah dan galak.

Untuk artikel lain tentang ular bisa di klik pada bagian kategori “ular” dan tulisan lainnya akan menyusul.

Untuk informasi lebih lanjut tentang ular, bisa hubungi saya melalui: mertanus@cbn.net.id

By: Budy Snake

Magician & Snake Charmer

About these ads

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

223 thoughts on “Perawatan Ular Peliharaan

  1. saya mau tanya,,saya memiliki ular sanca kembang sepanjang 60 cm,,tapi setelah saya bari makan katak sawah,ia tidak mau makan,ularnya memang sedang berganti kulit,,apa dia berpuasa jika sedang ganti kulit?,,terima kasih

    Posted by arby | 31 January 2008, 9:00 am
  2. Betul bgt tuh, By! Terutama untuk jenis retics dgn ukuran itu (msh bayi), yg msh cukupn sering ganti kulit (moulting). Retics sy malah sampe sebulan puasanya, dgn ukuran yang sama. Atau coba kasih jangkrik aja. Good Luck!!!

    Posted by Teguh_QliQ | 9 February 2008, 1:09 am
  3. Ular jenis Reticulatus adalah pemakan unggas dan mamalia. Sebaiknya diberi makan tikus putih saja yang ukuran kecil. Bisa dicoba pula anak ayam. Katak sawah bukan termasuk makanan jenis python.

    Posted by mertanus | 11 February 2008, 4:23 am
  4. Ular tidak makan jangkrik, dan sebaiknya juga tidak diberi makan kodok sawah, karena kodok mengeluarkan racun dari kelenjar kulitnya .
    Apabila ukuran retic nya masih 60 cm sebaiknya berikan saja tikus mencit ( tikus putih yang tidak bisa besar). Kalau ular sedang ganti kulit memang biasanya tidak mau makan, biarkan sampai ular tersebut ganti kulit. Berikan alat pemanas ( heating pad) atau lampu di atas terrarium ( jangan di dalam), karena ular tidak dapat menghasilkan panas tubuhnya sendiri, dia mendapatkan panas dari lingkungan sekitar. Apabila lingkungan sekitar hangat akan membantu meningkatkan metabolisme tubuhnya dan mudah-mudahan tidak mogok makan lagi.

    Posted by tagpixel | 25 April 2008, 12:25 am
  5. ular ak gak mau makan smenjak di beli..
    gmn tu..
    tikus nya dianggurin aja ama dia..
    malah tikus nya saling makan di kandang uler nya..
    ada saran gak..
    di kasih binatang apa ya..
    thanks..

    Posted by inyil | 25 May 2008, 9:21 am
  6. To Inyil: Ularnya jenis apa? Tidak semua jenis ular makan tikus. Atau bisa saja ular anda masih stres.

    Posted by mertanus | 25 May 2008, 10:33 am
  7. To Mertanus: ular jenis retick..gk mau makan udah 2 minggu ne..
    dikasih burung mau gk ya..

    klu stres trus diapain donk..

    mksh ya kk mertanus..

    Posted by inyil | 28 May 2008, 10:26 am
  8. Kalau jenis retics memang biasa memangsa tikus, burung, dan ayam. Apabila sudah diberi tikus tidak mau makan ada kemungkinan dia stres. Coba diamkan dahulu di kandang tanpa disentuh selama seminggu tanpa makan , hanya minum. Lalu coba beri anak ayam dan tinggalkan selama beberapa jam. Apabila belum dimangsa juga maka perlu didiamkan lagi seminggu hanya dengan minum saja tanpa disentuh oleh kita. Proses itu mempercepat pemulihan ular dari stres.

    Posted by mertanus | 28 May 2008, 2:16 pm
  9. saya coba dulu ya kk mertanus..
    thanks atas saran nya..

    Posted by inyil | 28 May 2008, 2:44 pm
  10. salam kenal semuanya…saya pgn meliahara ular, dmn saya bisa dpt uler d daerah bdg atw cirebon??mohon bantuannya

    Posted by moonx | 15 June 2008, 1:38 pm
    • salam kenal juga, ke saya bisa mba. kebetulan saya bantu kk saya yg juga jual ular, saya biasanya di bip, tp sudah bbrp hari tidak jual disana. jika berminat hubungi email atau tlpn di 085721745759. ready stok python nya :)

      Posted by Umar Abdurrahman | 19 June 2012, 1:46 pm
  11. saya baru pelihara ular reti sekitar 1 bln…awalnya baik2 aja tapi setelah makan tikus putih yimbul benjolan di bagian mulut???knp yha…ada yang bilang itu sariawan…klo iya apa obatnya…dijemur aja cukup??? makasi

    Posted by melly | 21 June 2008, 1:44 pm
  12. KKsaya mau nanya nih..saya baru pertama kali melihara ular jadi belum banyak tau tentang ular jenisnya sanca kembang umurnya masih 3 bulan.Baru beli hari minggu baru dikasih makan.Sekarang dia seing dipegangin,nanti pas makan stress tidak?

    Posted by Irvine | 1 July 2008, 8:24 am
  13. saya mau tnya tntg ular yg ak pelihara…………??
    ak punya piton kembang yg klo org jawa dinamakan sowo macan ak gtau jenis piton macam apa itu yg jelasnya ak suka ular…………!!
    sekarang ini ular saya baru kena penyakit flu/pilek mslahnya lubang hidungnya ketutup alias bampet,dulu saya pernah mandiin dilubang hidungnya itu keluar betatung kecil2 tp skr kayaknya dah gak ada…!!
    nah yg saya akan pertanyakan disini apa obat buat ular saya itu…………..??
    makasih atas jawaban yg di berikan…….!!!

    Posted by DEY | 1 July 2008, 1:14 pm
  14. Ular di bdg coba di depan BIP

    Untuk sariawan bisa dikasih antibiotik saja, jenis Amoxilin.

    Kalau pelihara ular jangan terlalu sering dipegang, agar tidak stres.

    Pilek pun segera diberi antibiotik akan lebih baik, jangan terlambat.

    Posted by mertanus | 1 July 2008, 11:54 pm
  15. Thanks kak atas sarannya…
    Kak Mertanus aku pengen nanya boleh tidak ular saya itu yang masih 3 bulan makan burung atau anak ayam habisnya kalau mencit carinya susah rumah saya jauh dari pertokoan. Kalu boleh makan burung burung apa yang cocok??
    Thank You…,

    Posted by Bunga | 2 July 2008, 7:58 am
  16. Burung boleh saja, apapun jenisnya saya rasa tidak masalah. Coba saja burung pemakan padi yang banyak dijual dipasaran dengan harga relatif murah. Sesekali tetap perlu diberi tikus.

    Posted by mertanus | 2 July 2008, 6:45 pm
  17. Salam kenal.
    Saya msh bru dlm memelihara ular. Mau tanya,2 bln yg lalu saya bli retic,sehat & mknnya lncr. Tp kira2 1bln yg lalu,dia gk mau mkn mice hdp lg,diksh burung hdp jg gk mau,tp bgtu diksh burung yg dh mati, dia mau makan. Stlh itu saya cb ksh mice hdp lg, tp gk mau mkn lg. Apa mungkin dia trauma krn prnh dicakar sama mice? Kl iya,gmn cra mengembalikan insting membunuhnya?Makasih.

    Posted by YoriArif | 18 July 2008, 7:10 pm
  18. Mungkin saja ular tersebut trauma. Tapi memang demi keamanan sebaiknya tikus itu dibunug dulu atau cara yang lebih bijak adalah pada saat diberikan ke ular kita awasi terus, jangan ditinggal, sehingga kalau terjadi sesuatu kita bisa antisipasi.

    Pengalaman saya pribadi pernah ular cobra kesayangan saya mati karena digigit tikus rat (tikus putih yang jenis besar dan menggigit)

    Posted by mertanus | 20 July 2008, 9:23 am
  19. saLam kenaL..
    mw nanya nih,, kLo ular pelangi ganti kulitnya emang cepet ya??soalnya ular pelangi yang aq pelihara hampir stiap 2 minggu skaLi ganti kulit,, atau karna makanannya??biasanya aq kasih kodok..
    oia satu lagi,, ular pelangi aq tuh suka bersin kenapa y??

    makasih..

    Posted by tami | 9 August 2008, 11:35 am
  20. Hi Tami.
    Semua ular wajar mengalami ganti kulit, apabila sering ganti kulit berarti sehat dan pertumbuhan bagus. Kalau bersin itu bukan ciri khas ular pelangi, mungkin flu.

    Posted by mertanus | 15 August 2008, 4:30 pm
  21. met kenal…
    aku pemula banget untuk piara ular.
    aku piara ular pucuk, masih kecil, panjang kira2 50 cm, lebar kepalanya kira2 0,5 cm.
    udah seminggu piara, tapi dia kok ga pup ya?
    aku jadi ragu mo kasi makan. aku kasi anak kodok ga dimakan2.
    baiknya dikasi makan apa?
    di sisi kiri badannya ada beberapa benjolan.
    aku pikir itu makanannya terdahulu, tapi aku perhatiin benjolan itu ga bergerak menuju anus, tetep aja di situ.
    jangan2 ularku cacat ya? atau stress?
    Karena pengennya keluar melulu dari terariumnya.
    thanks before…

    Posted by kudanil | 15 August 2008, 9:43 pm
  22. mas..aku punya monopohon panjang 70cm qkasih tiput kecil gdmakan2.tp klo cicak dmakan?aku pingin ganti cicak k tiput kecil…Gmn caranya?

    terus aku pny BP ukuran 40cm 2mggu lalu aku kasih 2 burung emprit..tp blum pup trus 2 minggu lagi aku kasih tiput belum pup jg…gmn cara biar pup tks b4…

    Posted by firman | 20 November 2008, 9:22 pm
  23. Saya mau nanya apa bdanya pyton, sanca ama boa? Sy punya ular tp jnisnya g tau pyton atau sanca ni? Oh ia sya punya pelangi di ksh katak g mau makan ajaj? Yg sanca msh kcl bgsnya mkn apa?

    Posted by Dehenk | 1 January 2009, 9:03 pm
  24. saya baru 1 minggu punya retic dapat di area stok pabrik, saya taroh diakuarium, saya mau pegang takut gigit..kira2 aman gak sih mas kalau di pegang2, trus kenapa kalo malem saya sorot matanya pake lampu senter dia seperti mau menerkam…saya sebenarnya pengen pegang2, terima kasih lho

    Posted by arie paham | 21 January 2009, 12:03 pm
  25. sorry tambahan ..panjangnya baru 60 cm, udah saya kasih makan tikus putih baru 1 ekor….
    terima kasih mas mertanus

    Posted by arie paham | 21 January 2009, 12:05 pm
  26. gmana y klo mo pliara ulr tp gk dikasi sy ud pny 2 retic truz yg bgz ny ngumpetinny dimana ????

    Posted by matthew | 30 January 2009, 6:52 pm
  27. saya ayi,pengen coba pelihara ular.kira2 kalau saya pelihara ular phyton atau pelangi mendingan yg mana??dan susah gak sih pelihara ular phyton ato pelangi itu?

    Posted by AYI | 28 March 2009, 7:27 pm
  28. ular saya kr2 berumur 3 th lbh.dan dia sdh py kebiasaan makan ayam potong.dia sy kz makan 2 minggu sekali dengan takaran 1/2 kg.
    tp slm 3X pergantian kulit dia tidak mau makan.
    minggu kmrn cb ak paksa mmasukkan makan kedalam mulutnya tp dikeluarkan lg. dan setelah itu mulutnya menganga.
    ak cb tengok dia tidak sariawan ataupun FLu.
    kenapa ya?
    ato mngkin dia skt dlm?
    kl mau dbw berobat dmn ya(wilayah JOGJa)?
    kr2 biayana berapa?
    terima kasih

    Posted by eend | 1 April 2009, 4:31 pm
    • Kalau saya simpel aza, ular ga mau makan itu ya biarin aza. tar juga mau makan kalau sudah lapar. yang penting kita pastikan ular tersebut dalam keadaan sehat dan tidak ada penyakit mulut. Jadi diemkan saja, tempatkan di kandang yang tenang, jangan disentuh dahulu. Yang penting minum ada dan tempat berendam ada.

      Posted by mertanus | 2 April 2009, 3:27 pm
  29. MAs, saya seorang pemula. Baru dapet sanca kembang, kata yang jual baru mw ganti kulit, umur 2 bulan. Jdi warnanya emang agak gelap. Terus si uler ga mw makan, apa emang klo mw ganti kulit tu uler pake puasa segala ya? terus kapan mulai di kasih makan? Untuk umur segitu makanan yg paling cocok apa? berapa porsinya dan berapa kali per makan? tolong dijawab, terimakasih

    Posted by maggot | 12 April 2009, 8:36 pm
  30. Mz, q mw tnya nech,
    Q ru piara ular jenis ular pelangi,nah stlh q bwa plg, q perhatiin ular tsb spt bersin2,
    Kira2 dksh obat apa y,
    N lok dksh makan cicak apakah tidak apa2?krn kta tmen sy ular pelangi bukan pemangsa tikus.

    Posted by Rudi, d Malang | 13 April 2009, 3:08 pm
  31. Saya baru ingin memelihara ular,,orang dr pet shop memberi saran untuk pemula plihara ball snake atau sanca dupont..sanca dupont tu bhasa indony apa?? Brbisa tidak?? Lebih tinggi mana resikonya memelihara ballsnake dan sanca dupont??

    Posted by mutiara | 16 April 2009, 7:23 pm
    • Ball Python pilihan yang tepat untuk pemula, ukurannya tidak terlalu besar dan mudah dalam merawatnya. hanya saja mungkin harganya yang relatif tinggi. :) Oh ya jenis python tidak ada yg berbisa.

      Posted by mertanus | 22 April 2009, 2:06 pm
  32. saya mo curhat nih giman sih ciri-ciri ular sedang lapar ular saya jenis dipong

    Posted by wisnu | 15 May 2009, 7:13 pm
    • To Wisnu: Biasakan jadwal makan teratur untuk memudahkan jadwal pemberian makanan. Ciri ular lapar biasanya sangat aktif dan tidak bisa diam. Biasanya mulutnya selalu mencari jalan keluar dari kandang.

      Posted by mertanus | 24 May 2009, 9:40 am
  33. mau tanya,,kl ular sedang ganti kulit,,
    bolh gk dpegang n dibantu proses ganti kulitnya,seperti saya kupasin kulitnya..
    biar cepet terkelupas,,terima kasih//

    Posted by adly | 3 June 2009, 1:20 pm
  34. mas,sy sebenarnya tkut ular,hanya dititip teman ular pyton kecil,gak makan dah seminggu dirumah kami,dah ditemani kodok kecil2,mulut ular luka bagian ular mungkin saat ditangkap,gimana ya /takutnya dia kelaparan gak bisa makan karna mulut luka ?kasihan…thanks

    Posted by anna | 28 June 2009, 12:29 am
  35. di rumah saya menemukan ular kecil, tapi saya tidak tau jenis ular itu apa? kepalanya lonjong, warna coklat, ada garis2 item, kaya sanca… sya ingin kirim gambarnya biar jelas tapi disi gak bisa yah….

    Posted by alfin | 2 August 2009, 9:21 am
  36. Pak Saya mau bertanya untuk ukuran tempat untuk ular umur 3bulan , apakah bisa ditaruh di aquarium yang agak besar ? apa ada pengaruh menjadi galak ? trims

    Posted by arief | 6 August 2009, 10:58 am
    • Bisa saja, asal diberi tempat persembunyian. Kalau masalah galak itu saya rasa tidak ada pengaruh. Kalau sudah jinak ya tetap jinak biasanya seperti itu.

      Posted by mertanus | 14 August 2009, 6:34 pm
  37. trimakasih pak mertanus,satu lagi pak ular saya sudah dua minggu tidak makan (mungkin stress) saya diamkan beberapa hari lalu setelah saya liat BAB(buang air besar) warna putih , tidak lama kemudian ular tersebut(retic) mati ! kemungkinannya kenapa ya ? padahal tidak terlihat gejala sakit atau lemas. trims

    Posted by arief | 18 August 2009, 10:59 am
  38. aloow all met kenall… kk cc temen2 yg baik tolong saya donk. saya mau beli ular jenis pyton yg kecil saya dr surabaya. jadi tolong saya bagi yg mempunyai anakan yg mau di jual tolong bisa hub saya di 031-70438707 ataw 081230233435. saya berharap saya dapat harga yang sangat murah karena saya msh pemula.saya juga berharap klo2 ada dari temen2 yg mau memberi ular dgn gratis. terima kasi atas bantuannya…

    Posted by denny | 30 August 2009, 1:52 am
  39. sayapunya sanca bodo ukuran 2m,jinak,garus saya mau jual ada yang mau?????hubungi 0251-9133308

    Posted by harry | 1 October 2009, 9:34 am
  40. saya punya ular pelangii.. saya baru ajah meliharanyaa… kenapa yah dia selalu bersin”?? dan dia selalu mengeluarkan air dari mulutnya??? kalo misalnya sakit .. obatnya dikasih apah??? minta resep vitamin buat ular saya.. ;)
    terima kasih sebelumnya…

    Posted by breva | 13 October 2009, 2:35 am
  41. mas mu tanya…kalo pemberian amoxilin untuk dipong yg lagi flu kaya gmana yah??
    kalo misalnya dikasi obat flu warung bisa ga??

    Posted by mphew | 21 October 2009, 12:20 pm
  42. hallo, pak martanus, saya punya retic makannya bagus sekali kalau saya kasih tiput atau hamster pasti lahap banget !!! sampe 3 atau 4 ekor setiap kali makan.
    namun saya berniat untuk ganti makanannya dengan marmot (sama besar dengan hamster) kok nga mau dimakan ya !!!! kenapa ????

    Posted by arief | 21 October 2009, 2:40 pm
  43. hallo pak martanus,saya baru beli uler retic sepanjang 40cm,trus saya kasih kandang dikontainer plastik,itu gapapa kan pak?
    trus kalo ciri2 uler sakit gmn?trs sakit yg bisa diderita ular retic apa aja dan bagaimana pengobatanya?
    trus ular harus dimandiin ga?
    maaf pak saya nanya terlalu banyak,soalnya saya masuh pemula,dan saya gamua ulernya sakit
    makasih ya pak good luck

    Posted by robby | 22 October 2009, 9:21 pm
    • misi mau ikut nambahin,
      gapapa, asal dijaga saja kebersihannya.disarankan utk memakai akuarium..
      pengalaman saya. ular sebaiknya dimandikan setiap hari. yg saya lakukan adalah dengan mengelap nya dengan elap basah, dan kandang sering dijaga kebersihannya. ular saya sampai skrg,tdk ada yg sakit ataupun mati. thx be4

      Posted by Umar Abdurrahman | 19 June 2012, 2:01 pm
  44. kk,,saya mw tny..mnggu kmrn saya dpt ular kobra..tp ukran na msih stgh lengan dan besar na sbsar jari telunjuk..saya sdh beri mkn katak tapi udah 5 hari kk dmkn” na..apa solusi na ???terimakasih atas jwbn na

    Posted by vjal | 27 October 2009, 8:54 am
  45. Salam kenal…saya pemula berniat pelihara anakan ball pyton atau pyton apa aja yg aman dengan harga dibawah 1jt tapi saya tdk tau harus beli dimana lokasi saya di banjarbaru kalsel, untuk teman2 yg mau jual tolong hub. saya di 081326905986 diutamakan yg sedaerah supaya bisa survey..mungkin pak martanus tau alamat petshop yg sedia uler di banjarmasin? Di tunggu infonya… Terimakasih.

    Posted by Aprie | 29 October 2009, 9:48 pm
  46. Hello, pak Martanus, saya punya ular cobra (setelah saya searching di internet jenisnya king cobra, kepala bagian depan warna kuning, belakang kepala warnanya seperti sarang laba-laba) setelah saya pelihara selama empat hari ini ular tersebut tidak mau makan. Saya sudah masukkan kodok sawah..tapi tetap saja dia tak mau makan. Saya beri makan kodok, karena ular cobra sebelumnya yang saya saya pelihara mau makan kodok sawah. Makanya saya beri makan kodok lagi. Tapi sayang tuh kodok dianggurin. Gimana ya… minta saran… NB. ularnya masih kecil seukuran sekitar 50-an cm …. …

    Posted by budianto | 2 November 2009, 7:01 pm
  47. Hello, pak Martanus, saya punya ular cobra (setelah saya searching di internet jenisnya king cobra, kepala bagian warna kuning, belakang kepala batiknya seperti sarang laba-laba) setelah saya pelihara selama empat hari ini ular tersebut tidak mau makan. Saya sudah masukkan kodok sawah..tapi tetap saja dia tak mau makan. Saya beri makan kodok, karena ular cobra sebelumnya yang saya saya pelihara mau makan kodok sawah. Makanya saya beri makan kodok lagi. Tapi sayang tuh kodok dianggurin. Gimana ya… minta saran… NB. ularnya masih kecil seukuran sekitar 50-an cm …. …

    Posted by budianto | 2 November 2009, 7:03 pm
  48. Mas mau nanya saya awal pelihara ular phyton umur 2 bulan, baru aja beli tadi, kira” untuk adaptasi makannya butuh berapa hari and penyakit yg sering nyerang waktu kecil paaan, kalau saya taruh diruang ber AC ada resikonya nggak?

    Posted by Bayou | 20 December 2009, 10:58 pm
    • Adaptasi tergantung ularnya, ada yang cepet ada yang agak lambat. Biasanya untuk awal hindari terlalu sering dipegang sampai dia mau makan sendiri. Untuk terarium perlu disediakan tempat berendam apalagi anda ingin letakkan di ruangan ber-AC yang kelembapannya sangat rendah dan cenderung kering.

      Posted by mertanus | 21 December 2009, 2:29 pm
      • Saya mau tanya,,saya baru dapat sanca kembang panjang sekitar,,1,20cm sdh 15 hari ,,,yg saya tanyakan bagusnya makan di suapi apa makan sendiri,,,tp sdh saya suapi sama daging ayam,,tolong sarannya bagus di suapi apa makan sendiri

        Posted by abdurrahman | 21 February 2013, 1:46 am
  49. tambahan panjangnya 60cm

    Posted by Bayou | 20 December 2009, 10:59 pm
  50. kalau makan tikus yang ukuran seberapa, and untuk makannya tikus lansung dimasukkan kekandang ular atau gimana mas?

    Posted by Bayou | 20 December 2009, 11:00 pm
    • Coba kasih tikus putih remaja dulu, langsung dilepas boleh atau tikusnya dipegang ekornya dan didekatkan ke mulutnya. Tetapi yang praktis adalah dilepas langsung di kandangnya.Namun perlu diawasi untuk menghindari tikusnya menggigit ularnya.

      Posted by mertanus | 21 December 2009, 2:39 pm
  51. terimaksaih pak martenus phyton saya dah mau makan tikus putih barusan saya beri makan agresif sekali, untuk pemberian makannya phyton umur 2 bulan dibiasakan berapa seminggu sekali, kalau untuk buat mengkilapin kulitnya ada caranya nggak?

    Posted by bayou | 21 December 2009, 4:37 pm
    • Kalau metode saya adalah kasih makan tiap sebanyak mungkin dia mampu. Misalnya dia mampu sekali makan 4 ekor, maka berikan 3 ekor per tiap makan. Untuk ukuran makanan disesuaikan dengan ukuran kepala ularnya. Biasanya ular mampu menelan mangsa yang berukuran 3 kali lebih besar dr ukuran kepalanya. Untuk kulit biasanya sudah cukup dari makanannya, tikus putih dan anak ayam bagus untuk makanannya.

      Posted by mertanus | 21 December 2009, 6:54 pm
  52. Mas mau nanya lagi apa ular klau mau ganti kulit nafsu makannya jd trn, retic saya tadi pagi sy ksh rat cmn digigit aja nggak dibelit, apa itu sering saya pegang trs atau gimana?, Mohon saran dan informasinya yang detail trims before..

    Posted by bayou | 21 January 2010, 1:43 pm
    • Pasti Pak, bukan turun tapi malah puasa :)
      Nanti makan kl udah ganti kulitnya. :)

      Nah nanti kalau sudah makan jangan langsung dipegang, sebaiknya biarkan 2-3 hari agar tidak muntah dan stres.

      Posted by mertanus | 24 January 2010, 10:26 pm
  53. saya punya ular baru berumur 2 bulan, panjangnya 1 meteran, makannya lancar sih..cuma ada masalah sedikit yaitu ularnya luka, untuk nyembuhinnya pake apa yah..apa bisa pake betadhine..thnks yo atas sharing nyo..

    Posted by ichon zulkah | 31 January 2010, 12:02 am
    • Lukanya karena apa? Kalau tergolong baru mungkin Betadine bisa membantu untuk penyembuhan dan menghindari infeksi.

      Posted by mertanus | 3 February 2010, 7:55 am
      • kayaknya tergores..ama kaca atau benda tajam gitu..sekarang udah kering tp sisiknya belum tumbuh juga,,apa emang kaya gitu ya..
        lagi belajar pelihara ular ne…

        Posted by ichon zulkah | 23 February 2010, 12:34 am
      • permisi mau ikut nambahin, bekas luka akan hilang setelah bbrp kali ganti kulit. thx be4

        Posted by Umar Abdurrahman | 19 June 2012, 2:03 pm
  54. mas mertanus,sy mau tanya….
    sy punya retic…dia g mau makan sama sekali,d kasih tkus putih mlh takut sm tikus’y!!!!cara mengembalikan insting liar’y gmn???
    trus ciri” ular itu sedang ganti kulit gimana???
    trmakasih

    Posted by ben | 14 February 2010, 2:09 am
  55. Mas Mertanus, sy benar2 perLu bntuan Anda.. Sy bnar2 amatir dLm memeLihara uLar..
    Sy punya Burmese Python umur 2 bLn, 1minggu yg LaLu dia menggigit saLah seorang teman adik saya dan dgn spontan anak itu berusaha meLepaskan uLar yg sudah menancapkan gigi d jari nya itu hingga uLar sy terbanting k Lantai..
    Trnyata saat uLar saya menganga, dy sudah tdk pnya gigi spt sbLm nya aLias rontok..
    Sbagian giginya memang menancap d jari anak keciL itu..
    Pertanyaannya:
    –Apakah gigi uLar saya bisa tumbuh Lagi??
    –Sudah hampir 2mgu uLar tsb tdk saya pegang.. Terkadang biLa disentuh, dy spt mendesis.
    Apa yg menyebabkan nya bgtu??
    Apa dy stress, takut, atau jd gaLak??
    Bgaimana mengakaLinya?
    Mas mertanus, jawaban Anda akan sangat membantu sekaLi..
    Terima Kasih sbLm nya..

    Posted by Echa | 17 March 2010, 5:04 pm
  56. Mas Mertanus, sy benar2 perLu bntuan Anda.. Sy bnar2 amatir dLm memeLihara uLar..
    Sy punya Burmese Python umur 2 bLn, 1minggu yg LaLu dia menggigit saLah seorang teman adik saya dan dgn spontan anak itu berusaha meLepaskan uLar yg sudah menancapkan gigi d jari nya itu hingga uLar sy terbanting k Lantai..
    Trnyata saat uLar saya menganga, dy sudah tdk pnya gigi spt sbLm nya aLias rontok..
    Sbagian giginya memang menancap d jari anak keciL itu..
    Pertanyaannya:
    –Apakah gigi uLar saya bisa tumbuh Lagi??
    –Sudah hampir 2mgu uLar tsb tdk saya pegang.. Terkadang biLa disentuh, dy spt mendesis.
    Apa yg menyebabkan nya bgtu??
    Apa dy stress, takut, atau jd gaLak??
    Bgaimana mengakaLinya?
    Mas mertanus, jawaban Anda akan sangat membantu sekaLi..
    Terima Kasih sbLm nya

    Posted by Echa | 17 March 2010, 5:05 pm
  57. om….sy punya sanca batik…kalimantan,lagi ganti kulit..setiap orang lewat siular mau menerkan sampai-sampai mulutnya rusak karna terkena kaca…yang mau saya tanya bagaimana cara penyembuhannya…apa obatnya…?

    Posted by yudie | 5 April 2010, 3:20 am
  58. mas salam knal y,
    retic sy yg ukuran 80cm ko suka mangap” ya.
    pa krna LpR /apa?

    kL retic ukran 110cm sy itu sdang gnti kulit, di dlm kontainer plastik hny sy kasih batu ntuk bantu gnti kulitnya.
    KL lg gnti kulit biasanya puasa n kita tunggu stlah gnti kuliyt br di kasih mkn,
    tapi td sy liat malah mncari celah buat keluar kndangnya(berarti laper) sy ksih mkan lgsung ditelan,
    n ko udah 6hari ganti kulitna blm kelar y, sdngkn yg 90cm hnya 1hari gantinya.

    porsi mkan retic dng prbndingan ukuran pnjg spt apa?

    Posted by TOLONG SPESIS INI | 10 May 2010, 12:51 am
    • Kalau ular sering mangap ada kemungkinan ada infeksi di mulutnya, coba cek.
      Agar proses ganti kulit lancar berikan air untuk berendam di kandangnya. Beri makan setelah ular ganti kulit agar proses ganti kulit tidak terganggu.
      Porsi makan tergantung ukuran ular, biasanya 2 sampai 3 kali dari ukuran kepala ularnya.

      Posted by mertanus | 12 May 2010, 12:48 am
  59. huuyyy… ka mu tanya nii……..
    aku dirumah pelihara uler pucuk baru umur 4 bulan…
    aku pemula bgt nii dlam urusan perularan hehe…..
    tips wat pelihara uler yang baik tu gmana c??? khususnya uler pucuk…
    terus ciri-ciri uler iti laper, stres, atau mau ganti kulit itu gmna???…
    makesiee…..

    Posted by VINZ_VINZ | 23 May 2010, 2:26 pm
  60. mas,pengen tanya…saya pelihara ular.kata penjualnya brooks king snake.panjangnya kira2 25cm.tapi saya tidak tahu hrs bgmn merwat dgn baik agar jgn sampe membahayakan si ular.mhn info hal2 yg harus sy lakukan dr kandang,makan,perawatan dsb.terimakasih

    Posted by herry | 7 June 2010, 10:03 pm
    • Silakan baca artikel-artikel saya di bagian kategori “ULAR” semoga bisa membantu. Salam.

      Posted by mertanus | 12 June 2010, 12:40 pm
      • ok bro tq,sedikit mengerti…
        selain tikus putih,apa yg cocok jadi makanannya brooks king snake ya? karena disini agak susah cr tikus brother.
        aslinya dr mana sih ular ini bro…?
        tq infonya

        Posted by herry | 13 June 2010, 9:07 pm
  61. mau nanya ni ! aq punya retic terus kalau d pegang orang lain suka keluar cairan dan ada zat padat putih dari anus nya! knp ya! makasih sebelum nya

    Posted by iqone | 4 July 2010, 11:36 pm
  62. masih 7bulan

    Posted by iqone- | 6 July 2010, 11:11 pm
  63. kang mertanus,saya mau tnya,saya di ksih ular sanca tapi bukan sanca kembang(gak tau pa nama nya,di kasih temen..)sekarang ular itu saya simpan di aquarium…yang mau saya tnya kan,ular saya itu bisa stres gak karena aquarium itu saya taruh di ruang tamu di mana adik2 saya ribut terus…ular saya itu panjang nya sekitar 80cm…thx…

    Posted by adiew | 14 July 2010, 10:10 am
  64. kk merantus saya baru pertama kali memelihara ular,,ular’a msih baby,,jnis’a dipong sumatra,,
    dan skrang ular’a gak mau mkan,,nfas’a ska brbunyi,,
    itu knapa yah,?? tlongin sya donk,,saya gak mau ular sya mati,,

    Posted by alvidi | 30 September 2010, 11:53 am
  65. Ka merantus.
    Help please…
    Ular aq bertelur, ada 7 butir.
    Aq bingung gmana caranya bkin ular n telurnya nyaman.
    Soalnya skrg aq taruh d’akuarium..

    Posted by Rusti | 15 October 2010, 7:04 am
  66. Ka mertanus.
    Help please…
    Ular aq bertelur, ada 12 butir.
    Aq bingung gmana caranya bkin ular n telurnya nyaman.
    Soalnya skrg aq taruh d’akuarium..
    Baiknya diapakan ka?

    Posted by Rusti | 15 October 2010, 8:14 am
  67. Aq mau tanya, qo phyton stlah gnti kulit malah jd galak kya mau nyerang klu lg d’pegang .. Itu gmn iaa !!

    Posted by mayang b hutapea | 2 November 2010, 11:43 pm
  68. saya baru aja pelihara Dipong Bangka dalam Aquarium. terakhir ini di dalam aquarium saya beri pasir putih yang biasanya untuk hamster. kata temen saya, pasir itu berbahaya karena bisa bikin si ular ga bisa napas dan jadi lemah. nah, ini bener gak sih? Bukannya ular juga punya hidung untuk respirasi????

    Posted by Aoutiaimus | 8 November 2010, 8:58 am
  69. maw nanya nih..kalau ular pelangi makanannya apa aja yah??kalau kasi pinkies maw gk kk??thx..
    dan harus sering dijemur gk kalau ular pelangi??

    Posted by aus | 23 December 2010, 6:32 pm
  70. mas,,ular saya mulutnya luka,karena dulunya ditaruh dikandang kawat,,biar cpt sembuh dikasih apa ya mas??thx

    Posted by packlurah | 27 December 2010, 10:05 pm
  71. maz, q mo tanya ..,q baru ajja beli ular sanca kembang masih kecil ,.waktu saya beli tuw ular udah jinak .,.,tp waktu di rumah saya sempat lepas dari tempatnya ..,setelah itu ktangkep lg tp kok jd agresif and galak bgt y tuw ular ap gra2 udah mnghirup udara bebas y.,.,thank sebelum nya.

    Posted by agunk | 2 January 2011, 9:30 pm
  72. ular q kritis nih… td mlm msih sehat menda2k sakit lehernya tengong kyk keseleo…skrg keadaanya kritis…

    Posted by opex | 5 January 2011, 2:07 pm
  73. mau tanya ada yg jual retic baby uk 1mtran lah…lokasi banjarmasin..retic ku mati kemarin jd pengen plihara lg….klo ada hbgi d 085248231213,,,

    Posted by opex | 6 January 2011, 11:32 pm
  74. mav mas saya mao tanya? ular sanca kembang boleh diberi makan cicak ga…..mhon pnjelasanya…thanks

    Posted by yudha XTERNAL | 27 January 2011, 12:56 am
  75. Permisi om,saya masih pemula nih,
    kmarin saya bli sanca kembang panjangnya skitar 50cm,msh kecil..,
    tapi pas saya beli,mulutnya d rekat selotip,ingin saya buka ,tapi saya tkut d ggit,..saya minta saran,langsung d buka saja atau menunggu dy agak jinak sdikit?jika memang sudah d buka,lalu menggigit,apakah harus d selotip lg jika ingin d pegang?

    Posted by Rikky | 7 February 2011, 9:51 pm
    • cara mudah itu.gigix di buang za byar aman.cara buang gigix mulutx di buka n di ksi kain halus.trus potong satu persatu gigix dgn alat potong kuku.pux q dlu jenis piton tak gtuin.alhamdulilah smpek skrg dia msi ada n jinak bgt.

      Posted by wahid | 18 February 2012, 11:23 pm
  76. kak di mna tempat beli ular di daerah tangsel??

    Posted by ray adi negara | 8 February 2011, 5:00 pm
  77. bro ray aq punya sanca baby usia1,5 – 2 bulan kalau mau ym ke aq aja jinak sekali nih

    Posted by goe2m | 17 February 2011, 4:10 pm
  78. kak aku punya ular…. namannya klo gag poros posor ya.. lupa aku,,, yg jelas gini… dia waktu d bli jinak dan waktu d bli itu dia abis ganti kulit , trus ketika d rumah saya kasih kodok kcil dan di mkan, besok hari nnya kenapa dia klo d deketin ketakutan dan saya coba msukin kayu kecil untuk mengetes, koq dia malah gigit ya?? ada saran??

    Posted by jagdish | 18 February 2011, 4:19 pm
  79. korros deh mksud na

    Posted by jagdish | 18 February 2011, 4:32 pm
  80. Salam semuanya.
    Saya pemula nih,belum berani pelihara piton.jadi saya beli ular pucuk daun yang warna hijau.tidak besar dan juga murah sekali.
    Kebetulan lagi hamil.nah kalau dipegang kayak marah gitu,liat tangan lgsg menjauh gitu.
    Dikasih jangkrik gak dimakan2.trus kalau di dalem kotaknya sukanya dieeeeeeeem aja kyk batu.deketin tangan malah ketakutan.kira2 ada yg tau knp ?rep asap ya.takutnya mati.

    Posted by harry | 26 March 2011, 8:31 pm
  81. mas saya dapat ualr ugak tau namanya.pokomya sejenis piton.tapi masih kecil. dan parahnya ular ini kurus dan buntutnya patah. tapi masih nempel belum lepas sampi kering. saya bingung gimana cara ngerawatnya. dan di kasih makan apa ya?

    Posted by teguh | 5 April 2011, 12:27 am
  82. untuk kandang ular ni bagus nya apa ya?
    pengen ku pelihara ne
    plees cpt di komen.

    Posted by teguh | 5 April 2011, 12:29 am
  83. mas mau nanya kok ular saya di mandiin make air hangat kok malah ngeluarin kotoran(pup) ya????apakah ular saya stres ya??? jenis nya pythin retic

    Posted by rony | 19 April 2011, 2:26 pm
  84. uler perlu dijemur ga y?? saya piara 2 uler,yg satu uler pucuk,yg lain uler tambang,uler pucuk sy mati tanpa sebab yg jelas :( Padahal pas lg saya pegang dia masi bergerak,trs tiba2 aja gitu mati ditangan saya,klo yg uler tambang masi idup,tp lala qo matanya kaya ada selaput putih tipis y?

    Posted by hafiz | 28 April 2011, 11:45 pm
    • dijemur perlu, tetapi ga perlu lama lama, 5- 10 menit cukup. matahari pagi loh ya…maksimal jam 9 pagi.

      kl selaput putih itu tandasnya mau ganti kulit .

      salam

      budy snake

      Posted by mertanus | 29 April 2011, 10:34 pm
      • ciri2 ular yg lagi sakit gmn ya??takut ular ku sakit,,soal nya cm diem aja,dkasi tikus jg ga di makan2..
        trims…

        Posted by ucik_jogja | 12 May 2011, 2:56 pm
  85. hay gan… ane punya 1 uler ratic nih, tapi abis saya kasih makan tiput satu… eeeh, dibibirnya ada putih2 gitu, kaya luka. itu kenapa yaaa? obatnya apa? cara pakainya keuler?? thx b4

    Posted by Hadi | 8 May 2011, 5:34 pm
  86. k qu baru piara ular nih
    jenis pelangi .baru qu beli 2 hari lalu
    dari kemarin malem qo dia bersin2 terus nd mulutnya ngeluarin lendir terus ,kadang2 muntahin lendir gt .
    kira2 dy knp ya ?

    Posted by wilwil | 12 May 2011, 9:24 pm
  87. salam..
    kak baru beli ular piton, ni tak kasih pakan burung kecil, gak dimakan2, pa belum laper ya… trus kotorannya itu ijo basah.. itu ciri2 mencret atau normal ya… txs..

    Posted by jedot | 20 May 2011, 3:21 pm
  88. saya mau tanya dong , gigitan ular sanca itu berbahaya tidak ?

    Posted by tina | 25 May 2011, 11:28 am
    • kl sanca tidak beracun tetapi kl ukuran sanca nya dah besar yah membahayakan juga karena menggigit dan melilit

      salam,

      budy snake

      Posted by mertanus | 25 May 2011, 9:58 pm
      • kalau ular pelangi bersin-bersin itu knp ya a ?

        Posted by Tina | 28 May 2011, 7:08 pm
      • mas q pux ular piton.kira2 pnjg 100 cm.dia agak galak.klw gigix di buang boleh apa gak ya.apakh berpengaruh buat si ular.

        Posted by wahid | 18 February 2012, 11:28 pm
  89. mas saya apriyanto, ingin bertanya. saya punya 3 uler, ular bandotan macan, retic sumatra, sama salur kuning. awalnya bandotan macan sama salur kuning akrab banget, karna saya jadikan 1 tempat. kenapa pas 2 hari stlh saya kasih makan, kaya musuhun gitu mas.. apa harus di pindah salah 1 nya??

    trus klu saya angkat tuch ular salur kuning kaya cekukan??
    apakah itu sakit, klu iya kasih obatnya gimana??

    thx b4

    Posted by apriyanto setiadi | 15 June 2011, 12:33 am
  90. mas sya bru pmula nih soal plihara ular kmrin sya bli ular pelangi pas di bwa ke rmah bsoknya dya bersin2 sya tkut ularnya mati cra ngilangin bersin2 nya gmna ya makasih y sblum nya

    Posted by fajar | 12 July 2011, 10:12 pm
  91. mas saya baru dpt sanca papua yng kepalanya demapak plng ukuran 40 cm kulit nya itu gk mulus tapi kasar dia mau ganti kulit kali ya dan gak mau makan trus makanan yng cocok apa ya

    Posted by surya | 5 September 2011, 5:53 am
  92. hay k…
    q mau minta saran dong,,,
    q kan mau pelihara ular pucuk…
    tapi kamr q berAc,sebaiknya gmana ya k,,,
    trus klu makan jangkrik,boleh ga?
    walaupun kodok,kodok apa ya k…
    makasih k…
    please di commnt ya :)

    Posted by tasya | 6 September 2011, 8:36 pm
  93. mas mau tanya,saya punya ular baru,kayaknya jenisnya phyton boa,,anakan sekitar 30 cm,gemuk…
    biasanya makannya apa ya mas?

    Posted by SWEETCHOCOYAZ | 13 September 2011, 5:01 pm
  94. bro tanya nh ,saya bru newbie soal ular nh,saya punya mono pohon,ad saran ga selain cicak dikasih apa y makannya soalnya klo cicak kadng susah nagkepnya heheh,kira2 panjang sekitar 20- 30 cm an
    thx before,aoh y klo sedang ganti kulit ga boleh di pegang dulu ap yah?

    Posted by peweee | 19 September 2011, 7:50 pm
    • Halo salam kenal,

      kalau mono pohon masih kecil bisa dicoba dikasih tikus putih yang kecil. coba dulu kasih satu ekor. kalau ganti kulit sebaiknya jgn dipegang dulu yang penting di kandang harus ada tempat air untuk rendam.

      terima kasih,

      BUDY SNAKE

      Posted by mertanus | 20 September 2011, 10:25 am
    • Kalau mono pohon masih kecil bisa dicoba dikasih tikus putih yang kecil. coba dulu kasih satu ekor.
      kalau ganti kulit sebaiknya jgn dipegang dulu yang penting di kandang harus ada tempat air untuk rendam.

      Posted by mertanus | 20 September 2011, 10:25 am
  95. mas saya punya ular tambang/ular tampar, saya baru beli sekitar 2 minggu yang lalu, kata yang jualnya biasanya makan cicak atau makan kadal kecil, tetapi sampai sekarang ular saya tidak mau makan, padahal kalo masalah kandang sudah sesuai dengan habitatnya di pohon2 jadi saya kasih batang kayu di kandangnya…
    saya sudah coba kasih makan tiput kecil, pingkies, katak, kadal kecil tapi tidak dimakan juga tapi belum coba di kasih cicak soalnya cicak sedang jarang dijual apalagi dicari, itu saya coba kasih makan selang 2-3 hari tapi tetap tidak makan juga, apakah ular saya stress atau sedang sakit gitu?
    tambahan lagi ukuran ular saya skitar 1m kira2
    regards :)

    Posted by rahmatperdanasetiawan | 22 September 2011, 8:49 am
  96. ular retik panjang -+3m timbul warna pink di bagian perut……..npa ya???

    Posted by ozon onyet | 9 October 2011, 9:10 am
  97. bang pngen nnya nih, klo misalkan sedang sheding si ular, baiknya di kasih air d kandangnya ato jngan aja ya ?

    trus misalnya ada benjolan besaar sblum anus itu knpa ?
    sebab saya yakin itu bukan mu BAB, soalnya klo d pegang s ular itu nghindar, sakit apa ya kira kira ?

    Posted by ezha | 29 October 2011, 12:39 pm
  98. ada dampaknya gak sih, ular yang suka makan burung ? apa benar kulit dari ular tersebut bisa kendur?

    Posted by bagus | 13 December 2011, 9:12 pm
  99. ikut gabung nih,mas kan saya punya ular jenisnya sanca kembang,sekarang saya rasa mungkin sedang sakit.karna ular saya keliatan kurus.dan berlendir mulu di mulutnya.warnanya juga semakin gelap.yang saya mau tanyakan ada apa dengan ular saya mas?oh iya satu lagi mas,apakah ular saya bisa diberi makan dengn telor dengan cara di suapin.terimaksih.mohon jawabannya.

    Posted by mertanus | 14 December 2011, 7:05 pm
  100. mas sy br d kasih teman bayi ular sanca,kira2 ukuran x 50cm.gmn cara kasih makan x dan apa makanan yg cocok.apakah ular sanci sekecil itu sdh bisa makan sendiri.trims banyak mas

    Posted by Street Tatto | 22 January 2012, 4:00 pm
  101. mz knp y ular sanca ak og glak ap pngruh sdng gnti kulit ya n gmn bkin dia lbh jinak.
    mksih

    Posted by aprilia | 17 February 2012, 5:59 pm
  102. mas q mau tanya.apa ular yg di plhara itu harus di buang gigix ta?

    Posted by wahid | 17 February 2012, 10:53 pm
  103. gan q mau tax.q pux ular piton hasil tangkpan sndri.dia galak bgt.apa gigix harus di buang klw mau di plhara?…

    Posted by wahid | 17 February 2012, 11:01 pm
  104. pak, ular saya di atas mulutnya ada luka tapi kok kaya bukan luyka, kjadi dia berwana hitam,, itu knp ya? apa perlu saya obatin,, takutnya semakin melebar…

    Posted by frenki | 20 February 2012, 9:55 pm
  105. Kak… Saya baru nemu ular… Kek nya sih phyton… Tp jenis apa saya ga tw.. Di tubuh ny motif bundar2,,, pnjang nya bru 30 cm.. Masa mw d kasi mencit? Badan nya aja sebesar tlunjuk? Saya baru nemu nih,, kasian, dia klaperan. Mnta info scepatnya Ɣªªªª kak !!

    Posted by fajar snake | 11 March 2012, 4:05 am
    • coba saja difoto lalu kirim by email ke saya…yang penting di kandangnya dikasih air minum pasti aman. kl mmg python ya mmg kudu dikasih mencit yang kecil…..

      salam,

      budy snake

      Posted by mertanus | 14 March 2012, 9:27 am
  106. klo uler tipe boa dksih ikan bsj gk ya?

    Posted by fuji | 11 March 2012, 7:21 pm
  107. klo uler jenis boa bisa dksh makan ikan gk?

    Posted by fuji | 11 March 2012, 7:23 pm
  108. ular aku retik sumatra ukuran 1meteranlah.. dia baru aku beli kemarin, sedang ganti kulit.. tadinya diem. tapi waktu kandangnya aku masukin panci isi air kok terus jadi kagetan ya? dielus dikit terus kepalanya nongol. tadinya jinak-jinak aja.
    tolong jelasin donk .makasih

    Posted by Aulia Farhah F A | 15 March 2012, 3:19 pm
  109. punten … mas saya punya pyton masih 2 bulananLah … dan saya juga msh pemula banged tentang Ular nie , jd saya mau nanya , Kalo ular sering di pegang boleh tau tidak … ?
    terus makan nya apa yang cocok buat si ular tsb … ?
    Terus kalo ular tsb sakit tuh tanda” nya apa aja yah … ?

    yah mohon bimbingan tentang ularnya …
    Makasih …

    Posted by Phemo | 21 March 2012, 10:13 pm
  110. salam kenal mas, ada tips gak biar gold albert gak terlalu agresif?? ya meskipun memeng bawaannya agresif tp ada saran ga biar gak terlalu.. terima kasih

    Posted by indra | 16 April 2012, 8:02 pm
  111. mas sebaiknya ular phyton dijemur berapa lama kalua pagi hari??? trimz

    Posted by indra | 18 April 2012, 9:13 am
  112. mas saya mau nanya,saya punya ular pucuk atau whip snake dengan panjang 50 cm,dirumah saya kan jarang ad cicak,alternatif makanan yg lain ap ya coz saya kash jangkrik dia g mau n biasanya lama usia ular ini berapa tahun.thx sebelumnya

    Posted by ky | 26 April 2012, 3:21 pm
  113. mas , saya bru dpet uler sanca kmbang…
    yaa kemungkinan pnjang uler trsbut 60 cm.
    dr prtama dpet hngga skrang uler ny tdk mau mkan…
    app lgi sdah 1 blan sya dpet ny , mlah bdan ny mnusut lbih kcil dr prtma sya dpet…
    kira2 add saran gx yaa spya uler sya bisa lahap mkan , kshatan ny trjga n bisa tmbuh bsar nsehat…
    mksh yaa..

    Posted by tovan | 30 May 2012, 2:02 pm
  114. Dik mau nanya, sbulan lalu beli sanca kembang besar, ukuran pasti gak tahu pokoknya besar skl, cuma bisa diangkat 3 org, raksasa lah. Jinak. Sy lupa tanya makannya gmn, skrg gak pernah ktemu sellernya lg. Stlah 10 hr tak ksh ayam hidup gak dimakan, tak matikan dulu gak dimakan. Sy pikir nunggu habis nanti ganti kulit mau. Stlah 2 mgg ganti kulit, gak sy kash mkn dulu nunggu bbrp hr kmdian. Trus tak kasih ayam lg trnyata gak mau jg, cuma dibunuh doang. Sy lihat sih kayanya sancanya sehat2 aja, gerakannya, lidahnya jg msh menjulur cepat. Sy sdah suka plihara retic sjak 13 th lalu jd agak hapal klw ular besar sakit biasanya kluar lidahnya pelan, grakannya lesu. Jadi knapa ya dik sancanya?, apa biasa dikasih kelinci ya jadi ayam gak mau. Klw hrs mkn klinci biaya mahal, knapa dan gimana biar doyan makan, atau doyan makan ayam. Sy tunggu jawabannya ya. Om Has, no hp 082111085111 pin 23A951B9 e-mail yul_has@yahoo.co.id. Mksh sebelumnya, Tuhan memeberkati..

    Posted by Om Has | 31 May 2012, 9:21 am
  115. Oh ya dik, trakhir coba ku kasih ayam kemarin, 30 mei ni. Gak di mkn cm dibunuh trus cm digiles2 badannya. Berarti 1 bln sjak kubeli gak mau makan, padahal sptnya jg lama gak dikasih mkn, krn hbs ganti kulit yg biasanya ular sambil ngluarin kotoran, ni gak da kotoran kluar sm skali. Sy tunggu jwbnya ya. Mksh, Tuhan memberkati…

    Posted by Om Has | 31 May 2012, 9:38 am
  116. mas mau nanya, saya punya ular pelangi, baru 3 hari beli warna kulit ular saya sudah memucat, itu kenapa ya?, apa gara2 kandangnya yang terlalu tertutup, atau kurang makan?

    Posted by Faisal | 8 June 2012, 1:38 pm
  117. tolonk sayaa ,,,
    saya sedikid panik, ular jenis retic saya ga mau makan stelah pemberia makan minggu kemarin, malah timbul bintik kecil di mulutnnya .

    kta orank” tu sariawan ..?
    tapi saya masi ragu, solusinnya ap nie ..? agar si ular mau makan dan bintik di mulutnnya hilang ..?
    banntuannya tlonk .? T_T

    Posted by Fvckrudien Boedaq' Odo | 27 June 2012, 9:38 am
  118. menurs pets shop,kediry pasar pahing tingkt atas no.16
    permisi numpang tanya kanG,..sya mmpunyai ular retic yg sy pelihara sekitar 2bln lbih,dri prtama sy mmliharanx dia tdk prnh mw mkn smpai skarng,ukurnny skitar 1,5mtr.stiap hri hanya bza sya jemur n d’mndikn…ulrny jitot n msih terliht seht slalu,mnta soulusiny y kang.

    Posted by phets shop reftile | 22 July 2012, 8:21 pm
  119. bro uler blood pyhton pupnya berapa lama setelah makan ya? ini uda 2 kali makan tapi ga pup2, bahaya ga?? kalo ada masalah cara menanganinya gimana ya bro?
    thx before :D

    Posted by elvan taufiq batubara | 25 July 2012, 2:49 pm
  120. Saya baru punya ular macan air panjang 80 cm. Setelah sampai di rumah saya kasih makan ikan mas (sebesar jari telunjuk) 12 ekor. Malam nya saya lihat sudah habis. Sebenarnya porsi makan nya berapa ekor ya ? Dan di kasih setiap berapa minggu ? Terimakasih

    Posted by Thaya Ditaa | 24 August 2012, 10:50 pm
    • biasanya seminggu sekali. coba aja kasih yg banyak kita liat maksimal dia bisa makan berapa . nah dari jumlah itu kita kurangi sedikit beraarti itu porsi makan maksimalnya.

      Posted by mertanus | 31 August 2012, 3:53 pm
  121. pak saya boleh meminta atau memberi nomer hp saya atau bapak ga? soalnya saya butuh pemandu pemeliharaan ular sanca batik. saya mohon!! thanks

    Posted by Muhammad Reyhan | 26 August 2012, 5:45 pm
  122. Biasanya berapa lama ular sanca batik menjadi tumbuh dewasa pak.

    Trimakasih,

    Posted by Fazri | 2 September 2012, 8:33 pm
  123. saya mau tanya …cara memberi makan untuk ular sowo yang baru didapat gimana?

    Posted by anjar | 22 September 2012, 9:59 am
  124. mas mertanus saya mau tanya nih, kenapa ular retic saya jadi galak ya setelah di kasi makan 2 hari yang lalu ?? terus biar jinak lagi gimana ya ?

    Posted by asun | 12 October 2012, 8:23 pm
  125. saya mau nanya ma bang mertanus: saya miliki anak ular pyton yg ukuran besarnya kira2 1 cm. nah.. jika diberi makan makanan yg sudah mati mau ndak ya dia makan,karna anak ular itu baru juga saya dapatkan dari alam liar. mohon solusinya ya…!

    Posted by aga agustinus | 20 October 2012, 5:52 pm
  126. Sebelumnya slm knal kk mertanus… Sy pemula ka dalam memelihara ular dan memelihara retic pyton usia 8bulan pjg 1m jinak tp mulut sk membuka sperti menguap knp yach ka?… Dan d hiding nya sperti sedang pilek…. Bagaimana solusi nya?
    Sy beli retic 3 Bln hati pertama jinak,hour ke 2 agresif Dan spti ingin kluar kandang… Lalu sy pegang Dan sy d gigit, bagaimana solusinya ka?…. Sakit sich ga cuma kaget jd ngiggit gtu… Hari prtma dy d gigit hari ini… Bagaimana solusinya ka,mnta pencerahan nya….^^

    Posted by sky | 3 November 2012, 11:41 pm
  127. klo ular pucuk tuh kasih makannya apa

    Posted by aris | 13 November 2012, 9:38 pm
  128. maaf nih ka,aku mau nanya aku ini pemelihara uler pemula
    uler aku ini jenis pelangi,aku bru bli kemarin
    pas aku beli uler itu dri penjual aku baru sadar klo dia nafas nya bunyi kyk tikus kecil atau kyk orang asma gtu,emang pelan sih tp aku hawatir
    uler aku knpa ya ka ?? -__-

    Posted by sylvia medina | 18 November 2012, 9:05 pm
    • ga papa itu kecuali ularnya pilek dan mengeluarkan lendir.

      salam

      budy snake

      0857 1653 1999

      Posted by mertanus | 18 November 2012, 9:22 pm
      • Bro mertanus, br liat blog-nya nih. Br belajar pelihara ular nih. Kmrn beli ball python, malem-nya br lihat mulut-nya berlendir & bersin2. Mgkn flu ya? Skrg kepala-nya naik terus di pojok aquarium. Bahaya gak ya? Gimana obati-nya. Thank you so much ya bro

        Posted by dave | 13 December 2012, 10:44 pm
  129. mvv boss mau tanya,saya punya ular sanca kembang udah seminggu lebih gak mau makan,dan belum prnah BAB ,knp ya boss…
    ktnya klo ngasih mkan harus nunggu BAB dulu…

    Posted by ALBAR | 22 November 2012, 8:54 pm
  130. kan saya baru beli ular pucuk baru 5hari, udah saya kasih makan cicak, tapi dy gak mau makan…

    trus gimana tuh biyar ular saya mau makan dan gak mati ???

    Posted by Tony.Andryan | 26 January 2013, 11:46 am
  131. Numpang nanya nie … Sya punya ular sanca kembang panjang 1.8m di itu ga mau makan(mogok makan) karna trlalu lama ga mau makan jdi sya suapi dia pake tangan ap nanti ularnya mw makan dengan sndrinya bila sya ksh lg ?

    Posted by Rizki pandu | 18 February 2013, 6:42 pm
  132. bos saya pny ular sawa 2 ekor, yg 1 panjangnya 180 cm udh 4 bln sya piara dan 1 nya panjang 275 cm dua bln piara, keduanya blm mau sama skali tlong ksh solusi, atau ada yg minat mau saya jual aja

    Posted by Bayu Sakti | 2 March 2013, 10:51 pm
  133. terusi yg di atas, ularnya sama sekali blm mau mkn tlong ksh solusi, ukuran kandang kerangkeng besi panjang 2 m tinggi 120 cm lebar 80cm, apa kurang lebar kandngnya jadi stres

    Posted by Bayu Sakti | 2 March 2013, 10:54 pm
  134. to bayu sakti:
    coba jawab, ularnya tangkapan atau piaraan mas?kalau tangkapan ada kemungkinan masih stress,apalagi untuk ukuran adult seperti itu,coba dibuatkan kandang terarium kaca,jangan kerangkeng,kasih juga air untuk minum dan berendam,jangan sering dihandling dan dilihat dulu ularnya kecuali benar benar diperlukan,coba juga taruh kandangnya di tempat yag tenang dan gelap,diamkan seminggu,coba tes makan,jangan dilihat dulu pas ularnya lagi makan,kalau belum mau,coba lagi minggu depannya,

    Posted by febri | 29 March 2013, 1:25 am
  135. mas saya baru pnya ular sawah anakan nih ukuranya panjang 1 meter lah kira2 kalau saya kasih makan anakan ayam bisa nggak soalnya tmpat saya gak ada katak dan saya takut sama tikus jadi saya gak berani kasih makannya, mohon bantuannya pak.

    Posted by Andi Indrawan | 5 May 2013, 9:50 am
  136. Saya mau nanya,,, bagaimana klw ular sanca batik di kasih makan 3 hari sekali? Kalw di kasih makan dia sih mau makan tp apakah dia nanti berpengaruh di saat dia udah sampai 3 mtrn dan tiba2 dikasih makan seminggu sekali?

    Posted by Romi biring bre iting | 25 May 2013, 4:19 pm
    • Kalau menurut saya lebih baik kita bentuk pola makan seperti di alam liar. Saran saya berikan makanan sampe dia kenyang. Setelah itu puasa beberapa hari baru dikasih makan lagi sampe kenyang. Banyaknya makanan dan lama puasa tergantung pada ukuran dan usia ular.

      Posted by mertanus | 25 May 2013, 4:54 pm
  137. kalau ular yang ukurannya kecil seperti ular pucuk yang panjangnya baru 30 cm dikasih makan apa ya ??

    Posted by gembel elite | 29 May 2013, 5:06 pm
  138. mas mau tanya ,, sulit mencari tikus putih di daerah saya.. kalo di ganti dengan tikus liar atau yang berwarna hitam apa efek nya,, bagus atau gak,, makasi mas

    Posted by donald | 3 June 2013, 12:50 am
    • Untuk tikus bisa dicoba tikus apa saja. Yang penting saat diberikan sambil dipantau. Kalau dalam waktu satu jam tidak dimakan lebih baik diambil dulu. Barangkali malah nanti ularnya yg diserang tikus.

      Posted by mertanus | 6 June 2013, 10:16 pm
  139. saya baru membeli retik usia 6 blan ,, waktu saya beli keadaan nya masih ganti kulit dan di pegang sangat jinak.. setelah selesai ganti kulit dan ingin saya pegang kenapa sangat galak ,, jadi takut megang nya,, yang ingin saya tanyakan gimana cara nya memelihara retik agar menjadi jinak dan gak suka menyerang?? ,, makasih sebelum nya

    Posted by raymond | 12 June 2013, 6:34 pm
  140. sudah 1 minggu ini retik saya berbeda dari biasanya.. kulit nya jadi keriput buram dan kering ,, padahal sudah ganti kulit 15 hari yg lalu,, apakah itu penyakit atau normal makasih sebelum nya mas budy..

    Posted by donald | 22 June 2013, 5:35 pm
  141. salam kenal mas budi,, saya punya retik dan pada bagian ekor dekat anus bila di pegang terasa kembung seperti bengkak,, itu kenapa ya mas makasih mas

    Posted by Nyox | 22 June 2013, 7:14 pm
  142. ular pilek obatnya apa ya….

    Posted by ebix | 27 June 2013, 7:06 pm
  143. Kaka saya mau tanya nih..
    Saya dpt ular sanca dan masigg bayi .panjang.x 20 cm lebih saya gk ngerti cara ngasih makan.x
    di kandang.x udh saya kasih cicak tpy gk di makan .apa harus di suapin?
    Sebelum.x makasih saran.x

    Posted by Lutfi | 9 August 2013, 7:51 am
  144. Mas phytonq dh 2 minggu gak makan…dia awalnya liar! Gimana ngatasinnya?

    Posted by seger sutrisno | 12 September 2013, 6:54 pm
  145. kk kenapa ya ular Ball python saya kadang bunyi ( ngekks) kaya sesak gitu? bisa jadi flu itu? gmna cara mengatasinya biar cepat sembuh apakah ada obatnya buat ular?/ makasih kk…minta infonya.

    Posted by dhie | 2 October 2013, 7:30 pm
    • Maaf, saya coba bantu jawab. Coba diperiksa sekitaran mulut-ny. Jika ada lendir mungkin pilek. Jika masi mao makan masi aman la. Coba naikan suhu kandang-ny & rajin dijemur pagi aja sekitar 10 menitan. Lama2 juga sembuh sendiri. Tp jika sudah parah harus injeksi obat. Biasa pake teramicyn cair. Bisa dikasi oral (tapi respon obat-ny lambat krn pencernaan ular relatif lama). Atau bisa injeksi (suntik). Moga bp-ny baik2 aja ya.

      Posted by dave | 2 October 2013, 8:14 pm
  146. gan, ular perlu dijemur brp lama ? terus ngejemurnya berapa kali ?
    btw yang saya piara ular air. thx

    Posted by Bimz | 29 October 2013, 6:36 pm
  147. Kami menjual tikus putih untuk pakan ular atau hewan predator serta untuk penelitian. Lokasi: Kota Bandung

    Daftar Harga:

    TIKUS PUTIH MENCIT (Mus Musculus)
    Umur 20 – 24 hari : ………. Rp 4.000,- ……….. (Small I : 10-12 gram)
    Umur 25 – 29 hari : ………. Rp 4.500,- ……….. (Small II : 12-14 gram)
    Umur 30 – 34 hari : ………. Rp 5.000,- ……….. (Medium I : 14-17 gram)
    Umur 35 – 39 hari : ………. Rp 5.500,- ……….. (Medium II : 17-19 gram)
    Umur 40 – 44 hari : ………. Rp 6.000,- ……….. (Large I : 19-22 gram)
    Umur 45 – 49 hari : ………. Rp 6.500,- ……….. (Large II : 22-25 gram)
    Umur 50 – 54 hari : ………. Rp 7.000,- ……….. (Large III : 25-28 gram)
    Umur 55 – 59 hari : ………. Rp 7.500,- ……….. (Large IV : 28-30 gram)
    Umur 60 hari – up : ………. Rp 8.000,- ……….. (Jumbo : 30-50 gram)

    TIKUS PUTIH RAT (Rattus Norvegicus)
    Silakan hubungi kami.

    Peternakan Tikus Putih Bandung
    “Bang Harry”
    Rodent Biofarm

    Alamat Rumah :
    Jl. Jalaprang No.67 Cibeunying Kaler
    Sukaluyu – Bandung

    Lokasi Peternakan :
    Jl. Sasak Batu (Cileuweung)
    Jatihandap – Bandung
    (Satu area dengan kolam pemancingan ikan, Cileuweung)

    Kontak (Mohon SMS dulu sebelum menelpon) :
    1. Bang Harry
    (Pemilik Peternakan):
    0821-1516-9917

    2. A’tandi
    (Staff Peternakan):
    0878-2704-6236

    Silakan hubungi kami segera sebelum kehabisan stok.

    Posted by Tikus Putih Bandung | 15 December 2013, 8:42 pm
  148. Ular saya baru lepas salin kulit..tapi saya nak tahu kenapa ular sawa batik saya salin kulit tak habis..masih ada lebihan kulit pada badan dia..macam mana saya nak lakukan..

    Posted by adie | 21 February 2014, 11:45 am
  149. thank for your informasion

    Posted by jaya permana | 23 February 2014, 10:05 am
  150. Salam gan….
    Aku ada punya ular sanca, sekarang sdh berumur 4 bulan. Ketemu waktu masih telur dan menetas sendiri dirumah.
    Ularnya sempat kurus karena tdk mau makan sendiri, sampai 15 harilebih umpannya diacuhin saja.
    Jadi supaya ularnya tidak sakit terpaksa seminggu sekali disuapin/dipaks a makan. Kalau terbiasa repot kalau sudah besar.
    Mohon petunjuknya gan… supaya ular saya mauk memangsa makanannya sendiri seperti ular pada umumnya…. terima kasih

    Posted by zain | 4 March 2014, 10:31 am
  151. salam kenal gan,,,,
    mau nanya nich…
    1. bener gak c,,,kalau di gigit ular sanca taringnya bisa ketinggalan?
    2. bekas lukanya berbahaya gak?
    ane baru punya nich gan,,,,
    di tunggu jawabannya…

    thank’s gan,,,
    salam sancamania

    Posted by sancaboy | 3 April 2014, 11:40 am
    • 1. Tidak benar. Jarang terjadi gigi ular sanca tertinggal.
      2. Biasanya ada bengkak sedikit apabila pas terkena otot. Upayakan segera dicuci dan diberi obat antiseptik.

      Posted by mertanus | 3 April 2014, 12:00 pm
  152. kalau ular saya saya gak kasih pakan hidup boleh tidak? seperti kepala ayam,daging ayam/sapi? apa itu juga baik buat ular itu sendiri?

    Posted by ramli | 14 April 2014, 6:11 pm
  153. Ular saya udah beberapa hari ini ga BAB trus dket lubang anusnya ada beenjolan keras. Itu kenapa ya? Trus gimana cara ngatasinnya?

    Posted by Khamal | 7 May 2014, 8:20 am
  154. Salam kenal, saya baru pelihara baby retic, panjangnya msh sekitar 70cm, waktu baru diambil dari kotaknya dia yg paling bungsu diantara ular lainnya (kata yg jual), besoknya saya jemur dia sambil dipegangin d bawah jam 9. Kata yg jual nanti kasih makan kalau sdh pup, tapi setelah pup dia msh blm mau makan, gimana ya cara ngasih makan yg bener? Atau mngkin dia stres?

    Posted by santi | 22 June 2014, 6:32 am
  155. saya punya bayi ular, baru pelihara 3 hari. panjangnya kira-kira 15 cm. tapi bingung, mau ngasih pakan apa?
    tolong dibantu :( takut snakis mati duluan

    Posted by sukedoneferdinant | 1 November 2014, 1:13 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: