//
you're reading...
Curah Hati, Kesehatan

Sakit di Sekitar Ulu Hati

Sudah 5 hari ini saya merasakan sakit di sekitar ulu hati ketika menelan makanan. Kejadian awalnya ketika hari Senin lalu saya meminum obat kapsul, pada saat itu saya merasa obat tersebut nyangkut di sekitar ulu hati. Obat yang saya minum merupakan antibiotic jenis Clindamycin, karena memang sudah 2 hari saya pilek, batuk dan sedikit radang di tenggorokan. Mengganjal dan sedikit nyeri itulah yang saya rasakan di sekitar ulu hati, awalnya saya menganggap hal itu biasa. Namun sudah hampir seminggu ini rasa itu belum hilang dan saya masih merasakan nyeri pada saat menelan makanan.

Waduh ada-ada saja nih… tapi ya ini yang terjadi. Sampai akhirnya tadi siang saya putuskan ke dokter spesialis THT (Telinga Hidung Tenggorok). Menurut dokter tidak mungkin ada benda yang “nyangkut” karena apabila itu terjadi saya tidak akan bisa minum apalagi makan. Yang terjadi kemungkinan adalah infeksi. Yang saya masih bingung adalah kok mendadak sekali bertepatan dengan saya menelan kapsul.

Apakah anda pernah merasakan hal yang sama?

By: Budy Snake

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

69 thoughts on “Sakit di Sekitar Ulu Hati

  1. Hampir sama juga saya rasakan sakit disekitar ulu hati, setelah say amakan antibiotik. Kalau saya diserang diare dan diarenya stop, setelah bebarapa hari muncul rasa sakit di ulu hati. Saya dalam waktu dekat akan konsultasi ke dokter. Harapan saya semoga dokter dapat menyembuhkannya.

    Posted by H.Tambunan | 28 January 2008, 11:41 am
  2. Sama persis dengan yang saya rasakan ketika itu saya juga baru minum obat dari dokter THT Dony tampubolon Spesialis THT yaitu clindamycin.
    Lalu kelanjutannya gimana apakah sembuh sendiri atau tambah parah.
    Atau terapy dengan methode lain

    Posted by Chandra | 12 April 2008, 7:23 pm
  3. salam kenal
    Saya juga merasakan yang coresponden jelaskan di email sebelumnya, diawali ketika telinga saya bengkak kemudian diberi obat tetes telinga, antibiotik dan obat kapsul. Hari pertama saya enteng, hari kedua setelah meminum obat yang ketiga gejala langsung terasa, yaitu nyeri di ulu hati dan ketika menelan makanan atau minuman seperti mengganjal dan terasa perih ngilu di dada.
    apakah bisa hilang ya , caranya gimana ?
    trims
    minta tolong saya dikirimi email bantuan penjelasan
    widisetyo@yahoo.co.id

    Posted by Alim | 15 July 2008, 3:00 pm
  4. cuma bingung, kalo saya kadang2 kambuh sehabis jogging atau sedang kecapaian. jadi kalo dibawa duduk/berdiri sakit, tapi di bawa baring di tempat tidur ga sakit.

    Posted by erni | 30 March 2009, 9:05 pm
  5. Saya jg merasakan sakit di ulu hati sebelah kanan,tapi saya kurang tau penyebabnya.
    Tolong bantu saya,mungkin ada yg bisa bantu beri solusi

    Posted by liangwen | 5 April 2009, 2:08 pm
    • Kira-kira apa penyebabnya? Misalnya sebelum sakit anda baru saja melakukan apa? atau makan apa?

      Posted by mertanus | 5 April 2009, 8:53 pm
      • ni sya sndri pon x tau pe sbb nye,..tpi sya sndri lalui mcm mna anda sndri lalui….dan syada lah pergi ke klinik and check…doktor kta hnya pnyakit biasa n prlu di scan nkos amat la mhal…sya cdang kn awk untk ke hsptal n check dngn sgera….salam,..

        Posted by nabila laxeania | 25 December 2010, 12:34 pm
  6. setau saya jika terasa sakit di bagian ulu hati maka disebabkan kagetnya kontraksi otot pada bagian tersebut, terutama ketika olahraga dan tidak pemanasan. namun juga bisa sebagi indikasi kalo sakit karena usus buntu…..

    Posted by ghezwayz | 8 November 2009, 1:23 am
  7. sya juga merasaka spt yang dirasakan erni,,,,,
    ulu hati skt stlh jogging ato olhrga..dan st lg,,,,,,,,,,
    lw trlmbat mkan….

    tlong solusinya y ???

    Posted by suhardi saragih | 19 November 2009, 12:39 pm
  8. @suhardi :itu biasanya dikarenakan sebel;um berolahraga kita makan….karena dianjurkan sebelum kita berolahraga makannya beberapa jam sebelumnya

    Posted by ghezwayz | 4 December 2009, 5:04 pm
  9. saya juga mengalami hal sama,tiba2 pd malam hari ulu hati saya terasa sakit, sampai masuk emergency, kata dr. dikarenakan reflux, atau gastrik ( saya tdk jelas apa maksudnya) saya diberi minum obat santax, sekarang sudah mendingan tp belum sembuh seperti sebelumnya. saya tdk tahu kenapa? tolong kalau ada yang mengetahuinya kasih komentar

    Posted by e.mindagiri | 24 December 2009, 1:17 am
  10. saya juga mempunyai masalah yg sama, sesudah minum clyndamisyn saya sakit ulu hati jika menelan. sdh semingu blm sembuh. obat apa yg harus sy minum ? atau saya biarkan saya nanti sembuh dengan sendirinya ?:

    Posted by kesia | 11 May 2010, 9:17 am
  11. Saya juga mengalami hal yang sama. Mendadak sesudah minum antibiotik, tenggorokan dan dada terasa penuh. Seperti ada yang tertahan di tenggorokan. Sejak saat itu, ketika minum air atau menelan makanan rasanya sakit sekali. Sudah 6 hari sakitnya belum hilang.
    Padahal saat itu, saya minum antibiotik sesudah sarapan pagi. Jadi, perut tidak dalam keadaan kosong. Kalau boleh tahu, sampai berapa lama bisa sembuh?

    Posted by Yosi | 1 August 2010, 1:48 pm
  12. @mertanus : 12 jam pulih gmana? Udah jelas pada sakit di ulu hati sudah berhari2 lamanya. Apa bs lebih dijelaskan lg? Thx

    Posted by nana | 26 August 2010, 9:28 pm
    • hai..saya jg mengalami kejadian seperti itu..sakit sekali ketika minum dan makan apapun karena minum obat clyndamicin setelah dari dokter gigi..Saya berobat ke 3 dokter akhirnya disuru cek darah dan hasilnya tidak apa”..Saya penasaran dna search internet dan membaca semua kejadian yg sama seperti saya kemudian saya balik lg ke dokter dan mengatakan saya minum clyndamicin..Dokter saya pun pernah mengalami hal yg sama dan bnyk sekali pasien yg datang dengan kejadian yg sama,akhirnya saya diberi obat inpepsa syrup dan pariet..1 mingguan sembuh..semoga bermanfaat..

      Posted by Mei | 12 June 2014, 11:11 am
  13. Nana & Yosi : saya juga mengalami hal yg sama seperti anda..
    memang baru 2 hari ini ulu hati saya sakit gra2 mengkonsumsi antibiotik clindamycin, ternyata saya alergi dgn obat antibiotik tsb.
    saya mengetahuinya setelah saya coba konsul dengan om saya kebetulan ia seorang dokter, katanya saya alergi dgn antibiotik itu karena ternyata saya pny maag.
    apakah anda pny maag ??

    hal yang harus dilakukan..
    1. hentikan meminum obat antibiotik itu,
    2. coba minum obat maag ( jika anda pny maag ) karna antibiotik clindamycin ini tdk cocok u/ org yg pny maag,
    3. banyak2 minum air putih,
    4. istirahat yg cukup.

    * semoga bisa membantu, saya hanya ingin sama2 memberi informasi.
    terima kasih.
    mohon beri tahu juga perkembangan2 anda, supaya saya pun bisa melakukan hal yang sama dan membagi pengetahuan dan pengalaman karna saya pun baru pertama kali mengalami sakit di ulu hati.

    Posted by fahmi | 1 September 2010, 4:50 am
  14. aku juga ngrasain hal yang sama… aku berobat ke dokter gigi, dikasih antibiotik clyndamicyn, baru diminum 2 hari merasakan sakit pada uluhati saat menelan. karena khawatir saya periksa ke dokter internis. setelah diendoskopi ternyata ada luka di lambung saya. hmmmphhh….. jadi nggak nyaman niyyy…

    Posted by budi siswanto | 12 October 2010, 9:18 pm
  15. Sebenatnya saya juga sedang mengalami hal yang sama, mungkin karena kemarin terlambat makan siang .. Walau hal ini tidak pernah yerjadi sebelumnya… Sekarang nyeri itu timbul ketika menelan makanan dan air … mungkin pencarian saya ini bisa membantu jyg lain juga … Cepat sembuh yah !!!

    Bila anda mendadak merasakan nyeri didaerah ulu hati disertai rasa mual dan rasa kembung, kemungkinan besar anda menderita Gastritis. Ada sebagian orang yang bilang kena “maag”. Mana yang benar maag atau gastritis. Jangan bingung, yang dimaksud maag adalah lambung, sedangkan Gastritis adalah sakit pada bagian lambung, jadi kurang lebih artinya sama saja. Arti Gastritis sebenarnya adalah terjadinya proses radang pada lambung. Mengapa bisa terjadi radang ?

    Banyak penyebab timbulnya radang pada lambung diantaranya adalah sering terlambat makan. Ada yang menanyakan kok kakaknya yang sering lambat makan tidak apa-apa?. Memang pada setiap orang tidak sama. Semuanya terkait dengan asam lambung, didalam tubuh manusia asam lambung diproduksi oleh Sel Parietal yang bertujuan untuk membantu proses pencernaan makanan, jadi produksinya sesuai siklus makan orang tersebut. Jadi, kalo seseorang makannya teratur 3 kali sehari, begitu juga dengan asam lambung diproduksi pada jam-jam makan itu juga, jika orang ini tidak makan pada jam yang biasanya karena terlambat makan, asam lambung terlanjur diproduksi dan tidak ada makanan yang dicerna, sehingga bisa melukai lapisan lambung. Terjadilah gastritis.

    Penyebab lain adalah adanya bakteri Helicobacter pylori, Bakteri ini mudah menular lewat peralatan makan yang kurang bersih mencucinya, biasanya selalu disertai gejala mencret. Sedangkan gejala umum yang sering muncul pada sakit maag adalah mual sampai muntah, nyeri ulu hati, dan pusing.

    Kemudian bila sudah kena maag selain pola makan, jenis makanan harus diperhatikan. Usahakan jangan membiarkan lambung kosong dalam waktu lama. Paling tidak , ada makanan masuk tiap 3 jam sekali. Kemudian karena lambung penderita gastritis sensitif sekali, makanan yang dikonsumsi tidak boleh terlalu merangsang, jangan terlalu panas atau dingin, juga makanan pedas dan terlalu asam harus dihindari. Juga diusahakan penderita gastritis tidak stres, karena keadaan ini dapat mempengaruhi kondisi lambung.

    Makanan Yang Harus Dihindari :

    Tahu, dan tempe goreng, kacang tanah, kacang merah, kacang tolo,sayur mentah, sayur berserat tinggi, sayur yang menimbulkan gas (daun singkong, kacang panjang, kol, lobak, sawi, asparagus ), buah tinggi serat atau yang menimbulkan gas ( jambu biji, nanas, apel, kedondong, durian, nangka), juga buah yang mentah, asam, lemak hewan, santan kental, minuman bersoda, alkohol, dan kopi.

    Pengobatannya diobati dengan obat-obatan jenis H2 Bloker (Cimetidine, Ranitidine, Famotidine ), Proton Pump Inhibitor (omeprazole, lanzoprazole,dll), dan golongan Antasida (yang dipasaran terkenal dengan Mylanta atau Promaag).

    Sumber : http://kolomkesehatan.blogspot.com/2008/01/nyeri-di-ulu-hati-disertai-mual-kembung.html

    Posted by Ushino Choi | 3 January 2011, 12:48 am
  16. sama, saya juga mengalami kembung, mual, dan agak nyeri di ulu hati setelah minum clindamycin. Padahal saya baru minum 5 biji, dan langsung saya stop penggunaannya. Saya baru tau kalo clindamycin gak cocok buat orang yang punya riwayat maag dari comments di blog ini..

    Posted by bayu | 13 February 2011, 11:23 am
  17. kalo aku sih gtu juga, tapi biasanya terjadi kalo minum obat dan didorong ma aer, tp aernya dikit.. ya gtu dah.. rasanya kaya nyantol… bedanya kalo mas budy kan sakit wktu makan, kalo aku justru sakit ketika minum.. rsanya kok nyeri gtu… ky ada yg luka di bagian ulu hati..biasanya aku langsung minum yg banyak trus1-2 hr lg dh ilang.. tp ne aku dah 4 hari dan g ilang ilang, malah sekarang brsa spt masuk angin plus pusing..[klo pusing sih aku tiap hr jg pusing, he he] kalo ada yg tau persis penyebabnya dan tau solusinya, saya akan sangat2 berterimakasih dan akan saya publikasikan di blogg saya [he he] biar semua tahu dan berkurang penderita semacam ini… mksh ya… bisa infokan ke email saya: sate.soto@gmail.com
    mas budy thx ya…

    Posted by aan | 28 March 2011, 7:22 pm
  18. 1 lg nih, baruu aja sy baca di

    http://kolomkesehatan.blogspot.com/2008/01/nyeri-di-ulu-hati-disertai-mual-kembung.html

    buat yg belum ketemu ma solusinya, baca deh.. semoga bermanfaat….

    Posted by aan | 28 March 2011, 7:28 pm
  19. aduuu…sama.kmrn saya minum antibiotic clindamicyn trakir kaya ada yang nyangkut
    udah 6 hari kok makin ga enak buat nelen.eneknya diapain ya?obat maag apa bisa ya??

    Posted by mia | 29 April 2011, 12:26 am
  20. kejadiannya sama yg sy rasakan skrg dah 3 hr nyeri ulu hati pd saat mkn n mnm.awalny jg pagi2 minum obat kapsul dokter stlh 2 jam kemudian ditenggorokan spt ad yg yangkut saya pkr obatny blm kedorong kali yah…stlh byk mnm knp jd di ulu hati yg nyeri kaya kita lg mkn tp serat pgn mnm itu terasa diulu hati…stlh bskny knp jd makin sesak kl lagi makan…kadang2 pada saat aktivitaspun terasa sesak di ulu hati…tolg infonya yah gmn cara ngobatinnya…tersiksa bgt kl mau mkn..:)

    Posted by rara | 10 May 2011, 12:08 am
  21. Duh saya juga merasakan hal yang sama, sakit banget di ulu hati ketika sehabis makan, sakitnya barusan sih. Saya habis bersepeda bersama teman2 yang lain, memang sangat lelah sekali, karena bersepeda sampai jset12 dari j7. Sedangkan makan dulu di sktr jam9an dulu, baru jalan lagi. Lalu sampai rumah saya langsung makan jeli2 gitu, eh tiba2 serasa sakit banget tiap nelan,tiduran terlentang, dan ngambil nafas. Knp yah? Mohon Bantuannya.

    Posted by dicky | 11 June 2011, 4:37 pm
  22. wahh koq sama bgt ya.. sy minum obat antibiotic Clindamycin untuk jerawat, . setelah 2 hari minum sy merasakan nyeri di sekitar ulu hati sampai sy muntah masih saja sakit sudah 3 hari ini msh skt.sy jadi kapok minum antibiotik apapun. mohon masukannya obat tumbuhan apa yg bisa menyembuhkan secara alami / herbal?trims bnyk

    Posted by gaiety | 27 July 2011, 1:17 pm
  23. iya.., aq juga ngerasaain ketika abis minum clindamycyn kok kalo makan or minum sakit seperti makanan itu melewati lorong yg sempit..sakit, aq pikir kurang minum, aq bykin minum kok msh aja sakit..kayaknya emang efek obatnya deh. solusinya..makan tepat waktu kayaknya byk membantu tp masalahnya sekarang lg bln puasa…, tp aq yakin ga ada mslh serius kok.., ok ths share ya yah

    Posted by ria | 17 August 2011, 2:05 am
  24. siang….aku baru belakangan ini mengalami gejala seperti itu….abis sarapan minum obat antibiotik clindamycin…udah 5 hari seperti itu…ada yang tahu gak solusinya harus gimana???

    Posted by Peter | 25 November 2011, 11:48 am
    • Saya sudah 3hr mengalami gejala ƴƍ sama setelah makan anti biotik skt gigi, sakit saat ƴƍ teramat sanagat saat menelan sampai ke ulu hÀti.. Tlg donk sarannya..

      Posted by dewi | 15 December 2011, 1:20 pm
  25. hampir sama… tapo sesudah periksa dan d rontgen kata dokter sakit bronkitis… tapi agak g percaya jg… soalnya g aada tanda2 batuk sama sekali…

    Posted by Dessy | 25 April 2012, 6:36 pm
  26. apakah bisa hilang ya rasa nyeri saat minum n makan di sekitar ulu hati? , caranya
    gimana ?
    trims
    minta tolong saya dikirimi email
    bantuan penjelasan
    awan2491@gmail.com

    Posted by agung s | 7 June 2012, 5:46 am
    • Bisa hilang, caranya dengan mencegahnya. Makan teratur dan apabila sampe telat makan krn sesuatu hal saat makan sedikit saja agar lambung tidak kram.

      info lanjut ke HP saya saja 0857 1653 1999

      salam

      Budy Snake

      Posted by mertanus | 7 June 2012, 8:02 am
  27. sama dengan saya
    Dan sekarang mash terjdi
    Saya mnum obat antibiotik siclidon 3 hari lalu saya mnum sblum tdur tb.2 tengah malem bangun n rasanya ada yg nyangkut saya biarkan saja krn prnh saya mengalami hal yg sama namun sehari sudah sembuh
    Lah yang satu ini smpe skrng ngilu bgt n ganjel di dada rasanya ada yg nyangkut n perih
    Parah gx ea.?

    Posted by maya | 12 July 2012, 7:04 am
  28. Sama persis yg saya alamin… :^_^
    waktu itu aku Mengalami Radang tenggorokan, Pilek.. dengan minum anti biotik sudah 3 hari akhirnya sembuh juga… kemudian saya makan malam , setelah selesai lama kelamaan dada saya sakit,, sampai 2 hari terasa sekali bagian Ulu hati sebelah kanan, sakit saat menalan makanan dan minum… Gara”nya kenapa yaaah…??? :)

    kreasianakpurwokerto69.blogspot.com

    Posted by Arierief Sasono | 8 October 2012, 5:55 pm
  29. Aduuh…ternyata clyndamicyn sudah banyak memakan korban, ini kejadian juga sama saya, tadi siang di kantor minum clyndamycin untuk jerawat, baru minum langsung terasa seperti nyangkut di ulu hati dan terasa panas, sampe butuh waktu 2 jam, baru agak enakan, itupun setelah mengkonsumsi obat maag, malam ini masih nyeri ulu hati dan terasa panas saat diisi makanan, dan ga tau harus gimana mengatasinya, akhirnya minum obat maag lagi..

    Posted by rhida | 30 October 2012, 6:49 pm
  30. sama apa yg aq rasa,,,
    ulu hatiq sakit karena abis minum obat dari dokter,,,
    awalnya sakit telinga,,,
    setelah minum obat 4 hari yang lalu rasanya ada yang nyangkut,,,
    sampai sekarang masih sakit, dan nyeri banget ulu hatiq
    apalagi kalau bangun tidur,,sakitttt….. banget…
    dan mau makan benar-benar gak bisa,,,
    tolong ya,,,bagi yang ada solusinya tolong diinfokan
    terimaksih…

    Posted by iie47 | 4 December 2012, 4:07 pm
  31. dan tolong infonya ke email mulyeni_sri@yahoo.com

    Posted by iie47 | 4 December 2012, 4:11 pm
  32. yessss

    Posted by edye | 15 December 2012, 7:29 pm
  33. Sama..sy br kemarin priksa gigi ktnya infeksi. Sm drg dikasih clindamycin n sanmol tablet. sblm nulis resep sudah sy blg kalo saya pny magh. sampe rmh mnm sesuai petunjuk….ampunnnnn rasanya. tenggorokan panas spt terbakar dan napas agak sesak. payah jg ni drg… sampe skrg msh ganjel aja tenggorokan kdg sakt. dikasih apa ya biar agak enakan….

    Posted by mama ali | 17 December 2012, 12:23 pm
  34. samaaa… saya ada infeksi dimata, dikasih clindamycin 300mg (10kapsul) di kapsul ke 5, tiba2 pas minum ada prasaan ‘nyangkut’ di tenggorokan. jd kerasanya kayak si obatnya itu ga maw masuk dan sakiiiit bgt daerah tenggorokan tengah (dkt ulu hati, di dada), nah. saya pikir gapapa. Tapi ternyata besoknya, waktu saya makan lagi, saya kaget banget krn waktu 1 sendok pertama saya telan, rasa sakitnya luar biasa. saya langsung minum tp rasa sakitnya masih ada sampai sekitar beberapa menit. dan waktu saya coba kunyah halus2 dan telen makanan, tetep aja rasa sakit di sekitar dada/ulu hati itu ada.

    pokoknya tiap nelen makan serasa kayak nelen biji salak sakitnya tuh. (ga dilebih2in, emang kerasanya begitu)
    dan kalau tarik napas, atau minum air juga nyeri di dada tetep terasa.

    Posted by Lina Kim | 12 January 2013, 8:27 pm
    • saya juga sama percis, tapi katanya itu penyakit maag, dan harus sering-sering makan, saya juga bingung sampai sekarang, karena saya baru menderita penyakit seperti ini. dan sebelumnya saya belum pernah terkena penyakit maag. mohon pencerahannya jika ada solusi :(

      Posted by daneh283 | 19 February 2013, 9:32 pm
  35. Sama..
    Ini saya habis kena radang telinga..
    Stelah 5x minum obat, setiap kali makan dada saya sesak.. Makanan serasa susah dicerna lewat tenggorokan dn lambung
    Bantuan sdara adl amal
    Tlong yg punya solusi sms k nmor saya
    085755288556

    Posted by Osan satria | 31 January 2013, 8:29 pm
  36. persis sama, setelah cabut gigi,, dr.gigi ngasih saya resep asam mefenamat & clincamycin, trnyata asam mefenamatnya membuat lambung saya luka (salahnya krna diminum sebelum makan, pdhal tdk prnah ada riwayat maag) + diare lagi.. setelah hari maag itu, setiap minum clindamycin selalu sesak dada dan tenggorokan…
    akhirnya setelah 2kali minum, saya hentikan, dan ini bru sehari sejak terakhir minum,, belum hilang juga sesaknya

    Posted by fachreza | 5 February 2013, 5:24 am
  37. Toloooong….. saya sudah 2 hari juga seperti itu….. Dari dokter gigi makan antibiotik CLINDAMYCIN, terus serasa nyangkut di ulu hati….. Bgmana menghilangkannya ? Sakit sekali nih….. pls email ke putranto.agung@yahoo.com

    Posted by agoenks | 7 May 2013, 7:05 am
  38. wah, koq kejadiannya sama seperti saya.. berawal tgl 15 Mei 2013 pagi harinya saya minum antibiotik sejenis CLINDAMYCIN.. terus perus terasa nyeri dan seperti ada yg nyangkut di uku hati..sebelumnya saya diberi obat tersebut setelah kontrol ke dokter bedah ortopedi setelah operasi pengangkatan pen.. sampe siang rasa nyeri dan nyangkut itu masih terasa.. trus, aku makan dan minum sebanyaknya dgn harapan rasa ‘nyangkut’ itu akan hilang, nyatanya gak tuh.. malam harinya aku minum lagi antibiotiknya. apa yg terjadi? perutku langsung nyeri dan rasa ‘nyangkut’ makin terasa… sampe aku berfikir utk mendatangi UDG di RS.. krn kejadian itu aku sdh 2 hari gak minum obat apapun… ada yg mau ngasih komen atau info sehubungan dg permasalahanku?

    Posted by rita asmaraningsih | 18 May 2013, 8:48 am
  39. Sama Semua perasaan y? ane juga ni gara2 minum 5 obat sekaligus malah sakit nelen, sampe males mau makan klo inget sakitnya, hehehe. paksaain aja dulu seh dari pada tambah parah, v solusi janga pendek terbaik buat ngurangin rasa sakit ini kira2 apa mas? masalahnya kan harus tetap menkonsumsi obat, walaupun bukan jenis obat yang membuat tengorokan dan ulu hati sakit, tetapi rasa sakit itu menimbulkan trauma saat menelan, jadi agak susah juga buat minum obat, apa lagi ane lagi terapi paru yang harus minum obat terus menerus selama minimal 6 bulan.

    Posted by Riki Saputro | 13 October 2013, 9:18 pm
  40. Saya juga merasakn sakit stelah minum obat CLINDAMYCIN 300. Baru 3 hari minum, terasa nyeri d dada. Skrg susah makan & minum. Obat CLINDAMYCIN tdk cocok buat kita pada umumnya.
    Saya langsung periksa ke Dokter Penyakit Dalam.. dikasih obat utk Asam Lambung. Banyak minum air putih. Hindari makan berlemak, pedas. Hindari minum yg panas atau dingin. Ingat sm berdoa. jgn mudah stress

    Posted by Adie Bangga | 26 October 2013, 9:47 pm
  41. Saya juga mengalami hal yang sama, tapi bukan karena CLINDAMYCIN. saya karena antibiotik SICLIDON. Munculnya sakit juga pas setelah minum antibiotik tersebut selama 3-4 hari, di tengah2 tidur. Kemungkinan besar itu dikarenakan kita alergi kepada obat tersebut dan menyebabkan penyempitan tenggorokan sehingga rasa sakit ulu hati seperti terbakar muncul (heartburn) dan jadi susah menelan.

    SOLUSI:

    1. minum air hangat (menurut logika saya, supaya tenggorokannya bisa memuai? hanya pendapat)

    2. coba minum obat alergi seperti contohnya CELESTAMIN (jgn diminum kalau anda alergi terhadap obat ini juga)dan LAMESON (lameson tidak bagus untuk yang ada *maap* autis)

    3. obat maag yang untuk menurunkan asam lambung juga bisa meringankan, contohnya yang umum promaag. tapi tetap saja penyebab utamanya karena alergi. jadi obat maag hanya meringankan saja.

    semoga bisa membantu.

    Posted by Karrina Suryana | 4 November 2013, 9:31 am
    • Mungkin saya yg terbaru, Clindamycin 300 buat dada ini terasa sakit,makan,minum,bangun tidur, saya khawatir, setelah buka blog ini ternyata bnyk penderita nya. Saya cuma minum 1 kapsul. Dan langsung terasa seperti ini. Bila ada info kita bagikan di blog ini ya..

      Posted by Randy Muhammadgumilar | 26 November 2013, 4:49 pm
      • mungkin saya lebih terbaru setelah saya posting gejala ini juga, rasanya nggak enak bgt buat nelen sakit di ulu hati,seperti ada yg mengganjal mungkin gara” antibiotik untuk skit gigi dari dokter, dan saya lupa bilang klo ada riwayat maag :(
        sampai sekarang saya minum obat maag trs sblm mkn dan berharap sakit ini bisa hilang sembari trs mencari penawarnya –

        Posted by fabian | 17 December 2013, 10:06 pm
  42. gan ternyata obatnya cuma minum obat maag sblm mkn, lama kelamaan uda ilang sakitnya, contohnya gue

    Posted by fabian | 19 December 2013, 8:59 pm
  43. Gw baru jg merasakan hal yg sama.
    2 minggu setelah cabut gigi karena waktu dicabut gigi terjadi infeksi dokter memberikan resep clindamicin 300 mg 3x sehari gw minum hampir 2 mingguan. Setelah stop gw merasakan nyeri didada sebelah kanan. Terasa sangat sakit di dada saat aktifitas minum seperti tidak lancar dan ada yg mengganjal di dada. Apalagi waktu makan, dada terasa nyeri dan sesak nafas. Kalau tidurpun saat miring dada juga terasa sakit apalagi kalau miring ke kanan. Karena sakitnya terasa menjalar sampai ke payudara kanan dan punggung belakang gw putusin pergi ke dokter gw ceritain gejalanya. Dokter gak langsung mutusin sakit apa gw disuruh rontgen dulu namanya rontgen torax gw ke lab pake baju mirip kimono putih dan hasilnya bisa ditunggu gw bawa lagi ke dokternya kata dokter tidak terjadi apa apa hasilnya bagus. Nah loh bingung dokter bolak balik gw tanyain sakit apa dia gak jawab dia bilang gak ada hal yg serius langsung gw di kasih obat sepertinya obat nyeri mungkin yah karena gak ada mereknya ditaruh di tabung plastik minumnya 3x sehari kalau sudah gak nyeri obat langsung dihentikan. Pada saat td gw ceritain ke dokter apa ini karena efek obat sakit gigi clindamicin dokter juga tidak ada reaksi apa apa. Huuuh jadi bingung…. Setelah baca pengalaman teman teman di atas sepertinya nyeri dada tersebut sampai terasa sakit saat minum atau menelan karena memang efek clindamicin deh. Jadi serem dan gw gak akan minum lg tuh antibiotik. Thanks

    Posted by ina | 5 January 2014, 12:31 am
  44. Sya juga gan kemarin habis oprasi gigi trus di kasi resep obat sma dokter seprti anti biotik cindamicyn sma anti bengkAk trus sya komsumsi sampai habis tiba tiba sakit banget di bagian ulu hati saat mkn dan minum ini suda satu minggu gak sembuh2 minta solusinya gan rasanya gak enak banget klau mau mkn tersiksa banget ini

    Posted by cemmank | 14 March 2014, 7:36 pm
  45. Ko sama bgt ya pak. Kemarin sya habis operasi. Kemudian saya diresepkan obat anti nyeri dan clindamicin.. nah saat pertama Kali sya minum obat itu.. dada saya sakit kaya ditekan.. dan seperti ada yg nyangkut di daerah tenggorokan ke bawah menjalar ke dada bagian belakang. Rasanya sngat tidak enak. Apakah bapak sdh dpt solusinya? Makasi.

    Posted by rafika | 25 March 2014, 2:07 pm
  46. iya saya juga kaya gtu setelah minum cindamicyn 300 mg langdung mendadak sakit gak hilang hilang mpe nangiss aku :( . . .
    solusi nya gmn sih biar hilang??
    aku pingin sembu
    rasanya gak enak bgd klo makan
    tolongin dunk?? sms ke 0811704317 ya plissssss

    Posted by elson | 15 April 2014, 3:30 pm
  47. @all:

    buat yg habis ke dokter gigi trus dikasih clindamycin lalu mengalami gangguan gastro spt tenggorokan terbakar n nyeri uluhati terutama saat menelan dan atau bernafas. saran saya
    1. hentikan clindamycinnya, ganti dgn antibiotik cefspam dgn dosis 1x sehari selama 4 hari itu sudah cukup, namun harganha mahal sekitar 40rb/tablet
    2. minum obat terutama yg manjur insya allah tuk gejala ini adalah golongan sucralfate seperti musin, ulsafate, inpepsa atw merk lainnya dgn dosis 10-15 ml 3x sehari 1/2-1 jam sebelum makan
    3. boleh ditambah dgn obat lambung lain yaitu golongan ppi spt lansoprazole atau omeprazole dimum 1 atw 2 kali sehari
    4. klw terlalu hebat nyerinya bisa pula ditambahkan obat golongan antasida spt mylanta 3-4 x sehari sebelum makan atw tidur (tuk dewasa)

    iritasi krn clindamycin proses penyembuhannya memang tdk bisa dikatakan cepat spt penyakit2 ringan lainnya, tp dgn ikhtiar n sabar insha Allah sembuh hari demi hari

    Posted by tuanlee | 26 August 2014, 8:43 am
  48. Sy juga merasa seperti itu. Tepat ketika sy telah menonsumsi antibiotik, tiba2 saya keselek, hal it sy kira biasa tp sdh hampir beberapa hari tdk kunjung hi ng sakit.y saat menelan n bersendawa…knp yah?

    Posted by harbia | 7 October 2014, 3:31 pm

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

