//
you're reading...
Ular

Perawatan Ular Pelangi dan Kadut

Banyaknya pembaca yang bertanya tentang perawatan ular Pelangi atau rainbow snake. Maka kali ini saya akan mengulas tentang bagaimana cara perawatannya. Sebenarnya untuk perawatannyatidak ada beda dengan jenis ular lain. Secara umum hampir sama saja.

Yang perlu diperhatikan oleh pehobi yang memelihara ular Pelangi adalah kondisi kandangnya. Kandang atau terarium untuk ular jenis ini harus dibuat seolah olah dua alam yaitu darat dan air. Karena jenis ini menyukai lingkungan yang seperti ini. Mungkin anda bisa menyiasatinya dengan asbak sebai tempat air sekaligus tempat berendamnya.

Untuk makanan bisa diberikan kodok kecil atau ikan kecil yang ditaruh di asbak tempat air minum / air rendam. Memang kendala yang sering terjadi adalah ular tidak mau makan. Hal ini sangat lumrah terjadi pada ular yang baru saja ditangkap atau pindah kandang. Untuk menghadapi hal ini yang diperlukan adalah kesabaran, artinya jangan paksakan ular untuk makan kalau memang belum mau. Silakan dicoba minggu depannya lagi, selama masa itu hindari menyentuh ular terlalu sering atau lebih baik tidak disentuh agar stresnya cepat pulih.

Untuk terarium sebaiknya diletakkan di tempat yang dingin namun tidak terlalu lembap. Jadwalkan pembersihan rutin terutama setelah ular membuang kotoran. Kebersihan air rendam / minum juga mutlak dijaga.

Hanya itu saja tips yang bisa saya bagikan selebihnyabiasa saja, tidak ada yang spesial. Untuk terarium silakan baca tulisan saya tulisan saya tentang terarium.

By: Budy Snake

Snake Charmer

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

70 thoughts on “Perawatan Ular Pelangi dan Kadut

  1. salam kenal mas sapa Mertanus ya,saya penggemar baru reptil,saya baru punya 2 ekor;; pithon reticulatus dan ular pelangi,yang mo saya tanyain gimana caranya pelihara ular pelangi yang benar kasi makannya susah.dan buat yang retic cara memelihara yang benar gimana dan idealnya kasi makan brapa minggu skali brapa ekor tikus biar gemuk,biasanya saya kasi makan 2 ekor tikus 2minggu sekali tapi jadi keliatan kurus ga sterek,makasi

    Posted by chandra | 27 April 2010, 8:18 pm
  2. Habitat ular pelangi itu dimana ya?
    terima kasih

    Posted by skripsiq.blogspot.com | 6 May 2010, 11:27 pm
  3. mas.ularku ular apa y?badan sejentik.pnjng 45cm.wrn agak coklat semu hitam.dada putih.ada batik diblkng kepalanya.makasi

    Posted by bams | 2 July 2010, 6:30 pm
  4. salam kenal mas mertanus….
    ya kebetulan newbie didunia ular karena ada paman saya yg nemu ular d pinggiran sungai citarum , berjenis sanca kembang..ato sanca jawa…berumur kurang lebih 5bulan….
    dan saat ini saya mempunyai 2 ekor ular diantaranya sanca dan rainbow BOA…..

    nah yang saya mu tanyakan kalo pedagang bilang BOA yg saya punya hanya makan ikan kecil….bukan tikus ato katak…..

    itu apakah benar???

    Posted by mukti | 28 July 2010, 10:44 pm
  5. Mas Mertanus saya punya ular pelangi. tapi dia agresif
    saya baru beli di pasr pramuka

    minta tipsnya agar g agresif ?

    Posted by Humam | 20 November 2010, 4:49 pm
  6. mas mertanus ,,
    saya pnya ular pelangi saat ini dya sudah bertelur 7 butir..
    yg saya mau tanyakan kira2 brp lma proses penetasan telur tsb ..??
    trus sya mau tnya dya blom mau mkn pdhal di tetarium nya sudah di buat sprti 2 alam dan di beri ikan pda asbak air nya ..??
    terimakasih ..

    Posted by nia | 22 December 2010, 1:26 am
  7. saya bingung nih mas,sya ada ular pelangi,tpi dia suka banget ngelilit,pas sya liat di internet,gk ada ulr pelangi yg suka melilit,trus sya liat ada juga ular yg bernama borowing asp yg 100% berbeda dri ular pelangi,bukan fisiknya,fisiknya sama tpi bahayanya,klo digigit sampai nembus ke tulang dan berbisa,tlong comennya

    Posted by Imam | 22 December 2010, 3:01 pm
  8. mas saya mau tanya,,, apa ular kadut itu berbisa ? n kandangnya harus ada airnya apa harus kering?

    mksih

    Posted by willy | 28 December 2010, 8:07 am
  9. Salam kenal!
    n_n
    Aq mo miara uler, py langsung yg berbisa gpp kn??

    Posted by Rr. DirAurora | 6 January 2011, 9:37 am
  10. Saya pengen banget melihara ular. saya dapet satu kecil belang abu abu putih. kalo gak salah orang nyebutnya ular kadut…

    Bagaimana cara memeliharanya? apa makanannya?

    Terima kasih

    Posted by Hadi | 30 January 2011, 1:52 pm
  11. mas ular pellangi saya sudah 10 hari ga mw makan, bagaimana caranya agar ular saya mau makan lagi,

    Posted by alamsyah | 1 March 2011, 6:40 pm
    • Apakah sebelumnya mau makan sendiri? kl memang sebelumnya mau makan berarti kemungkinan besar kali ini ular nya stres, hindari dipegang dulu, taruh dalam kandang gelap selama beberapa hari, asupan minuman harus cukup. setelah beberapa hari coba diberi makanan.

      salam,

      budy snake

      Posted by mertanus | 8 March 2011, 9:00 am
  12. mas mau tanya’? saya punya ular pelangi yg msih bayi saya bingung mau di ksih mkan apa mas kira” yg cocok buat ular saya apa ya mas?

    Posted by yan | 11 March 2011, 11:12 am
  13. mas klo ular pelangi mkn.a brp hari sekali….??

    Posted by rizal | 12 April 2011, 1:29 pm
  14. mas misal.a jadwal bersihin kandang.a 1 minggu sekali gimana blh gx….??

    Posted by rizal | 13 April 2011, 10:46 am
    • wah bagus kl gitu. tapi yang penting adalah segera bersihkan ketika dia buang kotoran. alasi kandang dengan kertas koran.

      salam,

      budy snake

      Posted by mertanus | 14 April 2011, 12:47 pm
      • maaf saya mau tanya kalo ular kadut yang suka diam saja itu tanda nya kenapa ya mas .

        thanks

        Posted by stefanus | 2 April 2014, 5:16 pm
      • Mungkin dia sedang galau :)
        Ular memang diam biasanya. Yang penting sehat dan mau makan sendiri.

        Posted by mertanus | 3 April 2014, 12:02 pm
  15. Salam kenal.

    Kemarin ada ular kecil nyelonong masuk rumah saya, trus saya googling, ketemu blog mas Mertanus ini. Apakah ular pelangi berkepala kecil? Kemudian jalannya/ melata ke samping?

    Terima kasih untuk jawabannya

    salam

    Posted by Ari | 3 May 2011, 5:35 pm
  16. Coba lagi kirim ke mertanus@cbn.net.id

    Posted by mertanus | 9 May 2011, 7:31 pm
  17. ular qu bersin2 terus nd mulutnya suka ngeluarin lendir .knp ya dia ?

    Posted by wilwil | 12 May 2011, 10:00 pm
  18. Mas Mertanus, saya butuh bantuan. Sebelumnya saya sudah email ke mertanus@cbn.net.id. Thanks

    Posted by idris | 8 July 2011, 11:09 am
  19. MAS….KLO ULER PELANGI NYA D KASIH SERBUK D KANDANG NYA BOLEH G???

    Posted by A Rahman Chhodot | 23 July 2011, 10:02 pm
  20. mas saya baru beli ular pelangi semalam , dari tempat jualannya sudah dikasih tempat kandangan box ransparan gitu . ga akan kenapa2 mas ? sy takut ularnya mati . dan ular saya selalu ngembus ngeluarin suara kaya bersin gitu ,, tapi saya simpen di box yang tidak tertutup kok mas banyak udara hanya tempatnya kecil . sy takut dia stres dan mati ,

    Posted by indah hanifah | 6 September 2011, 12:30 pm
  21. Halo Mas Metanus :)

    Kalo Ular pelangi makan Kodok Yg Gimana Sih ?
    Kalo Kodok Yg Biasa Di Parit Bisa Gak Buat Makanan Nya ?

    Minta Saran Nya Mas :)

    Posted by Ririel | 18 September 2011, 8:03 am
  22. Om metarnus klo ular kadut itu makananya apa ya?? Makasih

    Posted by Obay | 7 October 2011, 5:09 pm
  23. permisi numpang nanya.. makanan’ buat ular pelangi apa aja ya? kalo ikan kecil ikan apa?
    makasih..

    Posted by Ricky | 12 November 2011, 8:42 pm
  24. mas mertanus,,
    ular pelangi saya kok warnanya berubah jdi abu??
    kenapa ya??
    trus proses penetasan telurnya brapa hari??

    Posted by Ciiw Nciiew Bencimassalallu | 10 December 2011, 1:00 pm
  25. ini ular jenis apa ya? BOA atau python?
    saya kasih makan katak & ikan ga dimakan mungkin karena kemarin2 mau ganti kulit…
    makanan apa yang cocok kira2?
    ini foto ular saya mas…

    Posted by Adi wicaksono (@Naa2nK) | 7 March 2012, 5:32 am
  26. mas saya mau tanya saya baru tangkap ular
    badannya coklat trus ada 2 garis hitam di tengah2 garis hitam itu ada warna orange nya,itu ular apa ya??

    Posted by newcomer | 16 March 2012, 11:42 am
  27. mas, mau nanya dong,,,,,
    kalo ular pelanginya baru umur 2 bln, enaknya kasih makan apa yah?????
    salam ^_^

    Posted by Vela | 19 March 2012, 1:33 pm
  28. hallo salam kenal, mau nanya nih_
    ular pelangi ganti kulit berapa minggu sekali sih..?? Trus penanganannya gimana?

    Posted by sada | 3 May 2012, 9:13 am
  29. Mas knp y ular pelangi q udah sebulan gk mau mkn?tp mati ngak gt. .tlong saranny. .trim’s

    Posted by Yogi | 6 July 2012, 8:47 am
  30. mas buddy.. Penggunaan minyak ikan untuk reptil(ular)gimana ya..?

    Posted by ade | 6 July 2012, 8:19 pm
  31. gan, ular pelangi saya kalo di jemur kaya yang ga suka gitu ya ? apa itu emang biasa ?
    terus kalo penanganan flu gimana ya ? thx

    Posted by kang mas | 28 September 2012, 10:04 am
  32. gan kalo ane punya ular picung , pade mo ngerawat gak? kalo ada yang mau ntar kao dapet ane hibahin dah..

    Posted by Oray Picung | 5 October 2012, 2:58 pm
  33. mas klo ular pelangi d kasih makan tikus bleh g?

    Posted by minclixxx | 14 November 2012, 6:44 pm
  34. ass,saya mau nanya klo ular kadut jitot,harus dikash mkan apa..? n perlu di jemur gk..?

    Posted by rifky | 28 December 2012, 3:33 pm
  35. boleh minta solusi, gimana cara mengatasi ular pelangi yg susah makan dan kenapa ular saya sisiknya menjendol?

    Posted by heru ilhamsyah | 29 December 2012, 9:14 pm
  36. om cara kasih minyak ikan buat retic gimana langkah2 nya??
    mohon pencerahannya :)

    Posted by wans thea | 25 January 2013, 4:20 pm
  37. ass, boleh tanya dikit aja yach,! kalo harga ular Kadut yang panjanya sekitar 30cm itu harganya berapa ya,?

    Posted by yuda | 5 February 2013, 6:48 pm
  38. beli ular kadut albino/albino water banded , leucuistic. Budget 400rb sampe palembang. Hubungi, http://www.facebook.com/ikantapa 0856 6935 4222 budy.

    Posted by ikantapa | 2 August 2013, 3:44 pm
  39. salam kenal! mau tanya dong tentang uler python?

    Posted by Heru Goenk Part II | 23 October 2013, 3:57 am
  40. Salam kenal,,
    Mas saya punya ular pelangi. klo disimpan di akuarium(Pet home) trus dikasih air ,direndem,,gak apa2..?..

    Posted by arifyoga | 16 January 2014, 12:01 am

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

