Banyaknya pembaca yang bertanya tentang perawatan ular Pelangi atau rainbow snake. Maka kali ini saya akan mengulas tentang bagaimana cara perawatannya. Sebenarnya untuk perawatannyatidak ada beda dengan jenis ular lain. Secara umum hampir sama saja.

Yang perlu diperhatikan oleh pehobi yang memelihara ular Pelangi adalah kondisi kandangnya. Kandang atau terarium untuk ular jenis ini harus dibuat seolah olah dua alam yaitu darat dan air. Karena jenis ini menyukai lingkungan yang seperti ini. Mungkin anda bisa menyiasatinya dengan asbak sebai tempat air sekaligus tempat berendamnya.

Untuk makanan bisa diberikan kodok kecil atau ikan kecil yang ditaruh di asbak tempat air minum / air rendam. Memang kendala yang sering terjadi adalah ular tidak mau makan. Hal ini sangat lumrah terjadi pada ular yang baru saja ditangkap atau pindah kandang. Untuk menghadapi hal ini yang diperlukan adalah kesabaran, artinya jangan paksakan ular untuk makan kalau memang belum mau. Silakan dicoba minggu depannya lagi, selama masa itu hindari menyentuh ular terlalu sering atau lebih baik tidak disentuh agar stresnya cepat pulih.

Untuk terarium sebaiknya diletakkan di tempat yang dingin namun tidak terlalu lembap. Jadwalkan pembersihan rutin terutama setelah ular membuang kotoran. Kebersihan air rendam / minum juga mutlak dijaga.

Hanya itu saja tips yang bisa saya bagikan selebihnyabiasa saja, tidak ada yang spesial. Untuk terarium silakan baca tulisan saya tulisan saya tentang terarium.

By: Budy Snake

Snake Charmer

About these ads