DSC_26420001

Foto tersebut adalah teh Purwaceng yang saya beli di Wonosobo :)

Masih seputar Wonosobo yang terkenal dengan Dendeng Tivi-nya, kali ini saya akan menceritakan sedikit tentang Purwaceng (Pimpinella Pruatjan).

Apa itu Purwaceng? Bagi yang belum pernah mendengarnya, Purwaceng adalah salah satu jenis tanaman perdu yang memiliki khasiat untuk meningkatkan vitalitas dan stamina bagi yang mengonsumsinya. Asal katanya dari dua suku kata dalam bahasa Jawa yaitu purwa dan ceng, purwa = langsung dan ceng = ngaceng (berdiri) jadi bisa diartikan langsung berdiri. Bahkan sering disebut dengan Viagra asli Indonesia.

Khasiatnya ada beberapa yang dipercaya diantaranya untuk obat kejantanan, menyembuhkan masuk angin (common flu), memulihkan kondisi badan letih, dan menjaga daya tahan tubuh bahkan bisa untuk obat cacing bagi anak-anak. Saat ini sudah banyak produk yang beredar diantaranya Purwaceng kering (daun dan akar), bentuk serbuk, bentuk kemasan kapsul, kopi Purwaceng, teh Purwaceng dan susu Purwaceng.

Walau sudah sejak lama tanaman ini mulai dibudidayakan namun fenomena Purwaceng baru saja mencuat baru-baru ini saja. Tepatnya sejak Presiden SBY mengunjungi tempat budidaya Purwaceng di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah bulan Maret 2009 lalu. Ketika itu SBY sempat berpromosi dan membeli Purwaceng untuk oleh-oleh ke Jakarta.

Karena hal itu juga maka saya pun jadi penasaran untuk membelinya ketika kemarin berkunjung ke kota Wonosobo :) Ada dua jenis yang saya beli yaitu Purwaceng asli berbentuk daun dan akar lalu saya juga mencoba membeli teh Purwaceng. Untuk yang saya sebut kedua adalah dalam bentuk serbuk yang berisi teh Tambi (khas Wonosobo), Purwaceng dan ramuan herbal lainnya.

By: Budy Snake

About these ads