image

Saya baru saja mendapatkan seekor burung Betet Jawa. Usianya baru tujuh minggu. Ya, masih bayi. Lucu dan mengemaskan.

Burung betet ini ternyata hasil ternakan seorang pencinta burung. Akhirnya saya dapat juga burung Betet yang masih anakan. Memang saya sudah lama menunggu burung Betet yang masih diloloh atau disuap makanya. Harapannya si burung nantinya akan jinak dan terbiasa dengan manusia. Apalagi kalau sampai bisa dilatih. Wow keren…

Sebenarnya saya sudah memiliki tiga ekor burung Betet. Namun ketiganya itu saya dapat sudah dewasa. Sehingga terkadang suka muncul sifat nakalnya, yaitu terbang, hehe. Memang saya sengaja tidak memotong bulu sama sekali. Pertama, alasan peri kebinatangan, hehe. Kedua, burung yang sayapnya dipotong dengan teknik wing clip menurut saya tampak tidak alami dan mengurangi keindahan bulunya.

Untuk rencana ke depan tidak tertutup kemungkinan saya akan coba ternak burung Betet Jawa ini. Karena populasi burung Betet ini di alam sudah agak jarang.

Anda pencinta burung paruh bengkok juga? Monggo berbagi cerita dan tukar pengalaman.

By: Budy Snake

