//
you're reading...
Kesehatan

Mengapa Obat Generik Sangat Murah

Dalam tulisan saya yang berjudul Penggunaan Obat Generik telah ditegaskan bahwa kandungan yang terdapat pada obat generik sama dengan obat paten maupun obat bermerek.

Perlu dijelaskan juga mengapa harga obat generik jauh lebih murah dibanding obat bermerek? Perlu diketahui ada dua faktor utama yang menyebabkan mahalnya harga obat bermerek adalah promosi dan kemasan obat.

Obat generik tidak menggunakan iklan dalam berpromosi, oleh sebab itu bebas biaya promosi. Lalu untuk kemasan pun obat generik tidak dikemas mewah atau dengan desain kemasan yang memerlukan biaya desain yang mahal. Kemasannya hanya ala kadarnya saja, hanya dimaksudkan untuk melindungi obat agar tidak turun mutunya selama pengangkutan dan penyimpanan sebelum dikonsumsi.

Sebaliknya obat bermerek selalu dipromosikan, baik melalui iklan di media cetak maupun elektronik. Bahkan yang biasanya yang terjadi bukan dalam bentuk iklan di televisi, namun dengan cara lain yang justru membutuhkan biaya lebih besar. Misalnya promosi di suatu acara yang berskala besar. Bahkan ada yang sampai menunjuk seseorang artis untuk menjadi duta. Contohnya: Enervon C yang memilih artis muda Donna Agnesia untuk menjadi Duta Enervon C. Bisa dibayangkan berapa besarnya dana untuk membayar sang duta. Untuk membayar bintang iklan itu kan ratusan juta rupiah, apalagi sampai ditunjuk menjadi duta.

Disamping itu hampir semua obat bermerek dikemas dengan kemasan yang mewah dan dengan desain yang elegan. Desainnya pun memerlukan biaya yang besar untuk membayar jasa desainer dan biasanya disesuaikan dengan segmentasi pasar. Misalnya: vitamin C untuk anak-anak dikemas dengan botol yang unik dan nuansa anak-anak.

Ada lagi yang disebut obat paten yang memiliki tambahan biaya yang sangat mahal untuk hak patennya. Semua biaya untuk kemasan yang mewah, promosi dan paten akan dibebankan kepada konsumen maka dari itu harga secara otomatis akan menjadi mahal. Bisa 20 kali, 40 kali atau bahkan kabarnya ada yang sampai 200 kali mahalnya bila dibanding dengan obat generik.

Jelas sudah mengapa obat generik harganya jauh lebih murah. Jangan ragu untuk meminta resep obat generik kepada dokter anda. Apakah anda mau mencobanya?

By: Budy Snake

Social Observer

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

3 thoughts on “Mengapa Obat Generik Sangat Murah

  1. ijinkan saya mampir ke blog anda & bookmark juga🙂

    Posted by masarie | 10 October 2007, 10:57 am
  2. Izin diterima, hehe… Salam kenal yah…Anda ada blog juga?

    Posted by mertanus | 10 October 2007, 11:23 am
  3. Obat generik murah karena obat ini diproduksi dengan subsidi/bantuan negara

    Posted by Alpian Hutabarat | 12 October 2011, 2:49 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: