//
you're reading...
Curah Pikiran, Pemerintahan

Rektor IPDN Dicopot

Hari ini penggantian rektor IPDN akan dilakukan. I Nyoman Sumaryadi digantikan oleh Johanis Kaloh. Saya melihat ini suatu langkah yang nyata dalam pembenahan IPDN. Semoga ini tidak hanya hangat di awal saja. Pembenahan menyeluruh dan mengubah sistem kurikulum termasuk di dalamnya penghapusan sisten pola asuh yang justru menjadi sumber masalah harus segera dilakukan.

Saya senang mendengar berita ini karena pemerintah sangat konsen walaupun sudah sangat terlambat. Semoga kali ini Presiden SBY benar-benar bisa membuktikan kinerjanya yang tegas.

Dengan adanya pendapat dari beberapa kelompok masyarakat yaitu pembubaran IPDN, saya kurang setuju. Karena sangat terkesan emosional. Apabila dianalogikan, ibaratnya kita ingin membunuh tikus di sebuah rumah. Kalau mau membunuh tikus ya cobalah diracun dahulu atau ditembak pake senapan angin, tidak harus membakar rumahnya kan? Kecuali rumah tersebut memang sudah tidak diperlukan lagi dan memang tidak ada alternatif pemecahan masalah yang lain.

Penutupan sementara untuk tahun ajaran baru pun sebenarnya bukan pemecahan masalah. Tetapi untuk hal yang ini saya bisa memakluminya, mengingat perlu waktu untuk pembenahan sistem di IPDN.

Yang penting adalah penanganan serius dari pemerintah dalam mengusut kasus ini, kepada pelaku yang terbukti diberi hukuman sesuai hukum yang berlaku di Indonesia. Jangan malah terkesan menutupi suatu masalah. Bahkan ada mantan tersangka kasus pembunuhan Wahyu Hidayat yang bisa bekerja di beberapa kantor pemerintahan kota di Jawa Barat.

Masa mengurus begitu saja harus panik dan tidak bisa mengatasi? Rektornya perlu diusut dan diberi sanksi tegas, bukan hanya pencopotan. Apalagi I Nyoman Sumaryadi adalah rektor pengganti setelah kejadian meninggalnya Wahyu Hidayat tahun 2003 lalu.

By: Budy Snake
Snake Observer

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

One thought on “Rektor IPDN Dicopot

  1. berilah . pendidikan yg bermoral yg menjadi generasi masa depan
    berperilaku yg sesuai islam

    Posted by bahrul_bahrul | 14 June 2007, 8:25 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: