//
you're reading...
Binatang, Curah Pikiran, Hobi, Ular

Perawatan Dalam Memelihara Ular

Secara umum tidak suka dengan lingkungan yang tingkat kelembapannya tinggi. Untuk itu perlu diperhatikan kondisi kelembapan terariumnya.

Ular peliharaan sangat berisiko terserang cacingan yang biasanya menyerang di bawah kulit. Untuk penanganan kasus benjolan seperti itu tahap awal adalah pemberian obat antibiotik jenis amoxicilin (nama generiknya) atau merek lain dengan dengan jenis yang sama. Pemberian melalui oral saja, bisa dimasukan ke dalam pakannya. Kalau saya pribadi biasanya memasukan antibiotiknya ke dalam mulut bebek, tikus atau burung sebelum diberikan ke ular.

Setelah benjolan tersebut sembuh baru bisa diberikan obat cacing yang juga diberikan secara oral melalui pakan yang diberikan.

Biarpun ular kita nampak sehat, saran saya tetap berikan obat cacing secara teratur, misalnya setahun dua kali berikan obat cacingnya kepada demua peliharan kita secara serentak. Kondisi air minum atau bak rendaman harus bersih dan hal ini mutlak.

Informasi lanjutan tentang ular bisa ditanyakan via email: mertanus@cbn.net.id

By: Budy Snake

Magician & Snake Charmer

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

37 thoughts on “Perawatan Dalam Memelihara Ular

  1. Sekadar saran Pak Budy,
    bagaimana kalau tutorial tentang cara perawatan ular yang Anda buat ini, dilengkapi juga dengan foto-foto.😀

    Posted by tedytirta | 23 April 2007, 8:20 am
  2. Untuk Sdr. Tedytirta, terima kasih sarannya. Memang rencana akan begitu, setiap artikel disertai foto sebagai ilustrasinya.

    Posted by mertanus | 25 April 2007, 2:44 am
  3. Pak, anak saya baru saja memelihara ular pelangi, tapi saya masih belum tahu tentang kebiasaan dan makanannya, apa tempatnya harus ada air atau setengah air, setengah kering.
    Trims
    Jahja

    Posted by Jahja | 22 August 2007, 8:40 pm
  4. Salam kenal Pak Jahja.
    Ular pelangi makanannya katak kecil (ukuran katak disesuaikan dengan
    ukuran ular), lebih besar sedikit dari kepala ular tidak ada masalah.

    Terariumnya bisa dibuat standar aja, bisa baca di blog saya:
    https://mertanus.wordpress.com yang tentang terarium. Terima kasih.

    Thanks

    Posted by mertanus | 22 August 2007, 11:32 pm
  5. saya mau tanya,makanan ular selain tikus apa saja? soalnya ular yang masih kecil kan belum bisa makan tikus besar,kalau mencari anak tikus yg kecil jg susah dan juga tikus kan kotor. terima kasih.

    Posted by anthony | 23 October 2008, 1:46 am
  6. saya mo tanya neh?gimana cara memelihara ular sanca kembang yg sudah besar dan ngasih makanya tiap berapa hari sekali? kandangnya apa cukup pakai teralis atau harus bagaimana?kbtulan saya tinggal di daerah sulawesi dan temen saya sering dapat ular,dulu pernah dapat ular sanca sebesar tiang listrikdan kasianya mereka bunuh.sejak itu aku sedih sekali dan menjadi sayang sama ular.mohon bantuan informasinya

    Posted by rusdianto | 29 November 2008, 2:44 pm
  7. SAYA MAU TANYA PAK<KEBETULAN ADIK SAYA MEMELIHARA ULAR PELANGI,ULAR ITU CENDERUNG MAKAN BERAPA HARI/MINGGU SEKALI??TRUS KNAPA WARNA KULIT ULAR TERSEBUT CENDERUNG PUCAT,APAKAH TERKENA PENYAKIT ATO MAU GANTI KULIT???
    TERIMA KASIH

    Posted by TENTEN | 9 January 2009, 9:08 pm
  8. gmana sich cara biar ular bisa hdup lama???? alna udh 2 kali ular ak mati

    Posted by okky | 21 January 2009, 9:13 am
  9. kmarin dpt ular pnjngx +- 1 mtr ular apa yaa kira2?
    Mknanx apa?

    Posted by arie | 8 March 2009, 10:48 am
  10. saya mau tany..
    1. gmna caranya bedain ular jantan dan betina?
    2. gmna cara awal jodohin ular?
    3. gmna penanganan ular trsebut setelah bertelur?
    4. mkanan yang ideal atau baik bagi anak ular shrusnya yang bgaimna??
    bls ke e-mail ya…

    Posted by ira | 5 May 2009, 2:57 pm
  11. saya mo tnya cara perawatan homalopsis bucatta gmn??

    Posted by doth | 23 May 2009, 11:04 pm
  12. slm knal..gni bos kmaren saya nangkep.gonyosoma oxycepala skitar satu stengah meter,mau tanya…klo udah makan biasanya kapan lagi diberi makan…itu aja thanks

    Posted by schypoer | 2 July 2009, 10:21 am
  13. mo jual molurus 2m,jinak,garus,sehat hubungi 0251-9133308

    Posted by harry | 16 November 2009, 11:49 am
  14. boleh tu molurus nya, berapa harganya?

    Posted by ricky | 16 November 2009, 11:50 am
  15. molurusnya sdh makan apa?rat/ayam/kelinci.jantan/betina?harganya dong

    Posted by nady | 16 November 2009, 11:52 am
  16. pak saya baru memelihara seekor ular kecil, kata penjualnya python borobudur..
    yang ingin saya tanyakan :
    1.apakah termasuk jenis ular beracun?
    2.bagaimana perawatannya? adakah hal khusus yg harus diperhatikan?
    3. pemberian makannya setiap berapa hari?
    terimakasih banyak.

    Posted by nabila | 8 December 2009, 3:31 pm
    • To Nabila: Saya baru mendengar ada python Borobudur. Karena seringnya tiap daerah memiliki nama tersendir. Ada baiknya anda foto lalu kirim ke email saya: mertanus@cbn.net.id
      Untuk pemberian makan tidak setiap hari, mungkin bisa 4 hari sekali atau seminggu sekali tergantung umur dan ukuran ular.

      Posted by mertanus | 8 December 2009, 6:48 pm
  17. cara mengawinkan sanca kembang, kalau untuk disilangkan baiknya dikawinkan pakai sanca yang apa? untuk memunculkan warna yang menarik, mohon saran dan infonya trim”s

    Posted by bayou | 13 January 2010, 3:11 pm
  18. Maaf Kalau tanya” terus nih retic saya nggak mau mkn, apa mngkin mau ganti kulit nafsu makannya turun?, sdh saya tikus didepan mulutnya cmn digigit aja nggak mau dibelit?, biasanya berapa hari minggu pergantian kulitnya?, mohon saran dan infonya buat kesehatan retic saya?

    Posted by bayou | 21 January 2010, 10:29 am
    • Pasti Pak, bukan turun tapi malah puasa🙂
      Nanti makan kl udah ganti kulitnya.🙂
      Siklus pergantian kulit biasanya sebulan sekali, tetapi pada ular-ular di masa pertumbuhan bisa lebih cepat dari itu, tergantung pemberian makan dari pemilik. Makin banyak makan makin cepat besar dan siklus ganti kulit makin cepat.

      Posted by mertanus | 24 January 2010, 10:25 pm
  19. kak, saya punya ular homalopsis buccata (umumnya dikenal dgn nama phyton borobudur)

    Posted by IMAM | 15 June 2010, 11:15 am
  20. udh seminggu dirawat tapi g mau makan, harus di apain?badanya lembek, pengennya keluar aquarium terus, habitat bwd kandang dan makanannya apa n bagaimana?

    oh iya 1 lagi, kalau perawatan ular pelangi n sanca bagaimana?

    saya sangat tetarik pada ular akhir-akhir ini dan berencana mau membeli ular yang baru…

    maksih banyak…imam-cimahi

    Posted by IMAM | 15 June 2010, 11:19 am
  21. mo tanya ne. sanca kembang kan hdupnya brgantung pda air/lbih ska hdup di daerah lembab (itu info yg ak dpt) trus wajib g ular sanca kmbng di jemur? bgusnya tiap hri ato brp kali sminggu? makasih sblmnya.

    Posted by edpe | 22 July 2010, 11:42 am
    • To Edpe: Saya koreksi sedikit yah. bahwa ular sanca itu tidak menyukai tempat yang terlalu lembap walaupun Sanca kembang suka berenang tetapi bukan berarti mneyukai tempat lembap. Harus dibedakan antara dingin dan lembap. Ular Sanca Kembang menyukai tempat dingin dan tidak terlalu lembap. Seminggu sekali dijemur itu baik untuk kesehatan dan kulit juga akan lebih cemerlang, tentunya perlu vitamin E dan K yang bisa ditambahkan di makanannya sebulan sekali. Jangan lupa obat cacing 6 bulan sekali.

      Posted by mertanus | 22 July 2010, 10:48 pm
  22. om kog mata sanca ak jadi pucat ya? kra2 knpa tu om? trus ciri2 lo mau ganti kulit tu gmn? ciri2 fisik trutama.

    Posted by marto | 26 July 2010, 7:33 am
  23. ngasih makan ular dngan cara menyuapkan mkanan langsung baek g tu kak?
    saat proses ganti kulit ular di bri makan dngan cara disuapin boleh g? coz ak g tega ngliat ular ksayangan ak g makan.

    Posted by lena | 26 July 2010, 7:59 am
  24. thank’s infona ya boz.
    vitamin ma obat cacingnya jenisnya apa?

    Posted by edpe | 27 July 2010, 2:48 pm
  25. slm knl……sy bru pemula yg ingin memelihara ular,sy mw mnta srnnya aj memelihara yg baik&bnr…….
    mksh ats nasehatnya….

    Posted by budy | 24 August 2010, 10:35 am
  26. Salam kenal pak Budi…saya memeliki seekor boa BCI ada beberapa benjolan dibadannya…ketika di tusuk jarum keluar cairan seperti dedak ayam yang dicampur air…tetapi beberapa benjolan justru tidak mengeluarkan cairan tersebut tetapi darah….mohon bantuan bagaimana mengatasi keadaan ini pak. terima kasih.

    Posted by yuspatty | 24 April 2011, 8:15 pm
  27. minta info ny mas..
    saya bru beli baby dipong,tp sminggu ini d kasih makan ga mau trs,,lngkah apa yg hrus sya ambil???
    di kandang sdh ada hiding place ama tmpat brendemnya…apa perlu di paksa di suapi??

    Posted by Rvendra M Kusuma | 6 August 2011, 11:07 am
  28. bang saya mau pelhara ular cocoknya yang buat pemula apa???

    Posted by Taufiq | 14 February 2012, 1:56 pm
  29. bang,saya punya ular pyton,,kok pas ganti kulit,,masih ada ya kulit lama yg masih nempel.tuh kenapa?stres kah??satu lagi bang,,dulu pas beli sih jinak,tp lama” kok jadi galak ya?aku mau pegang tp ularnya udah siap” matok,,cara agar bisa jinak lagi gimana bang?

    Posted by Adid Thea Cutebraylophelophe | 4 July 2012, 10:13 pm
  30. pak,saya baru pelihara ular sanca kembang
    saya ingin tau,kandang yang bagus nyaman buat ular itu seperti apa…

    Posted by Q'monk | 4 August 2012, 1:35 am

Leave a Reply

