//
you're reading...
Curah Pikiran

Iklan Rokok La Light, ENJOY AJA

Maybe YES Maybe NO.

Belakangan ini sering sekali terdengar kata-kata tersebut di televisi. Itu merupakan salah satu jargon dari iklan rokok LA LIGHT yang sedang tayang beberapa bulan terakhir. Iklan tersebut merupakan iklan yang terbilang sukses. Arti sukses di sini dalam arti penyampaian kesan yang baik. Sehingga penonton dapat segera hafal dan bahkan mengulang-ulang dalam berbagai konteks pembicaran. Sehingga tidak heran apabila kita sering mendengar seseorang menjawab suatu pertanyaan dengan jawaban bercanda, “meibi yes, meibi no” yang apabila diartikan “mungkin ya, mungkin tidak” (sengaja diartikan, barangkali saja diantara pembaca ada yang tidak paham bahasa inggris) Tentunya dengan harapan orang yang bertanya akan tertawa mengingat gaya si Ringgo (bintang iklannya) yang kocak dalam iklan tersebut.

Tetapi apakah suksesnya iklan tersebut sampai meresap di benak masyarakat Indonesia berarti pula produk tersebut sukses laku terjual? BELUM TENTU. Iklan boleh saja dibuat sebagus apapun, secanggih apapun atau bahkan sampai mendapat penghargaan tertinggi sekalipun. Namun menurut saya itu semua itu tidak ada artinya apabila tujuan tidak tercapai. Karena tujuan iklan adalah membuat orang yang melihat dan mendengar iklan tersebut tertarik, ingin memiliki, dan yang terpenting adalah membeli produk yang ditawarkan.

Saya belum tahu persis sejauh mana efektivitas dari iklan rokok LA LIGHT tersebut. Tentunya pihak perusahaan yang harus lebih mengerti tentang hal ini, dan ini mutlak harus diketahui. Seringkali orang atau perusahaan hanya terjebak di proses pembuatan iklan yang bagus dan sibuk memasang iklan tanpa menghitung berapa keuntungan yang diperoleh dengan efek iklan tersebut. Itu sama saja bunuh diri dan pemborosan dana tentunya.

Kita harus perhitungkan berapa dana yang kita keluarkan untuk promosi dan berapa dana yang akan didapat setelah promosi. Minimal kita tidak buang duit percuma untuk iklan yang kita buat. Membentuk brand image memang penting, tetapi ingat pula bahwa keuntungan dari produk yang kita tawarkan jauh lebih penting. Bukankah tujuan utama dari promosi adalah adanya transaksi penjualan?

SELAMAT BULAN BARU MEI 2007

By: Mertanus
Desain Komunikasi Visual Universitas Trisakti Jakarta

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

5 thoughts on “Iklan Rokok La Light, ENJOY AJA

  1. sejarah rokok la light

    Posted by ceper | 2 December 2007, 1:21 pm
  2. Budy yah?🙂

    Posted by Grace | 25 July 2008, 4:26 pm
  3. klo ga salah saya pernah dengar, bahwa ada peraturan yang melarang iklan rokok mempromosikan rokoknya di dalam iklan tersebut…
    makanya selama ini iklan rokok yg kita liat ga pernah ada yg terang-terangan menyuruh penonton untuk merokok atau memakai produknya, bahkan ga ada terlihat orang yg sedang merokok dalam iklan rokok

    Posted by cherry | 1 March 2009, 11:10 am
  4. Mohon tanggapannya yg serius, saya pacandu berat dari rokok L.A Lights sejak kegiatan awal pemasarannya dah beberapa puluh tahunan yll. cerita saya setiap saat kami tugas ke luar daerah baik ke kalimantan jambi riau pekanbaru padang batam bengkulu dllsb pikiran kami selalu 2 Slop Rokok LA. Lights di koper saya ini sdh menjadi kebiasaan Istri/kel saya bila saya mau tugas menyiapkannya kenapa ? di daerah pastinya belum ada rokok ini pada saat itu, dan pernah kami temui di bengkulu mobil L.A lights depan hotel nahhh disini saya mulai senang yg ahirnya saat ini penuh di Mall supermarket dllsbnya. Masukan dari saya sekarang tolong beberapa bulan ini rokok kegemaran ini jadi lebih cepat putus pembatas pilter dan tembakaunya hanya sedikit terkena keringat saja langsung putus ini malu2in sesama teman disekitar saya kalau kami sedang berkumpul. Nama : Kasman Usia 53 tahun HP. No, 0815 8653 9876

    Posted by Kasman Semm | 27 June 2011, 8:29 am
  5. mnta tolong dumz kasi info ttg sejarah LA light ma sutradara dan nama wanita dan pria dari iklan LA Light versi yang lain bersandiwara gue apa adanya..tolong ditanggepi y,,,,trimakasi,,,,^_^

    Posted by anysa | 2 March 2012, 8:02 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: