//
you're reading...
Binatang, Curah Pikiran, Hobi, Ular

Pembuatan Terarium

Terarium adalah sebuah tempat seperti akuarium namun didalamnya tidak ada air. Hanya ada air sebagian kecil saja hanya untuk mengatur kelembapan udara dan untuk air minum binatang yang menghuninya.

Prinsip utama yang harus diketahui dari terarium adalah harus dibuat semirip mungkin dengan habitat aslinya. Tentunya tiap jenis ular memiliki habitat yang berbeda, untuk itu bentuk dan model terarium harus disesuaikan dengan jenis ular. Terarium untuk ular darat, tentunya berbeda dengan jenis ular air, dan berbeda pula untuk jenis ular pohon. Yang sama adalah perlengkapan yang ada di dalamnya, untuk hal ini hampir sama saja.

Selain jenis ular air, secara umum ular tidak menyukai kelembapan tinggi. Yang disukai adalah dingin namun tidak lembap. Dingin tidak berarti lembap, ini seringkali menjadi salah paham dikalangan pemelihara ular. Seringkali orang membuat terarium terlalu lembap karena dipikir ular akan betah, padahal yang terjadi sebaliknya. Maka yang harus diperhatikan adalah tingkat kelembapan udara di terarium. Jangan pula terlalu kering sehingga mengganggu proses pergantian kulit dari ular itu sendiri.

Dalam kesempatan ini saya ingin membahas tentang terarium untuk ular. Apa saja yang harus ada di dalam terarium tersebut? Baiklah kita lihat penjelasan saya di bawah ini, yang harus ada yaitu:

1. Tempat air minum
Dapat menggunakan asbak atau sejenis mangkuk yang ukurannya tidak terlalu kecil dan harus disesuaikan dengan ukuran ular karena selain untuk minum, pada saat-saat tertentu ular akan berendam juga untuk mengatur suhu tubuhnya. Apabila ukuran terarium besar maka disarankan untuk dibuatkan kolam kecil karena selain sebagai tempat minum dan berendam, kolam juga berfungsi untuk menjaga kelembapan udara di dalam kandang. Kondisi air juga harus selalu bersih dan harus terisi penuh.
2. Ranting Pohon
Diperlukan terutama untuk ular yang habitatnya di pohon, karena sesuai naluri ular akan selalu melilit di pohon / ranting.
3. Lampu
Lampu sebagai penerang dan juga sebagai sumber sinar UV, hal ini sangat diperlukan terutama untuk terarium yang di dalam rumah dan tidak terjangkau sinar matahari.
4. Tempat bersembunyi
Sesuai naluri ular menyukai tempat yang agak tertutup sehingga kita perlu buatkan semacam gua kecil sebagai tempat sembunyi.

Informasi lanjutan tentang ular bisa ditanyakan via email: mertanus@cbn.net.id

By: Budy Snake
Magican & Snake Charmer

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

41 thoughts on “Pembuatan Terarium

  1. dear budy..
    saya baru2 ini mulai untuk mencoba menyukai ular sebagai binatang peliharaan. saya tertarik karena pola hidup ular sangat unik dan penuh misteri. tapi masalahnya saya sangat kesulitan untuk memiliki atau membeli ular yang saya minati (Phyton yang bercorak cerah). bisakah anda memberikan informasi/rekomendasi kepada saya mengenai lokasi2 penjualan ular yang komplit beserta perkiraan harganya.
    atas infonya saya ucapkan banyak terima kasih.
    salam
    PS: tolong infonya di berikan lewat e-mail saya ;urai_rio@yahoo.co.id

    Posted by urai rio f | 5 July 2007, 12:01 am
  2. Halo Rio salam kenal…
    Saya rasa itu bukan masalah🙂 Hanya saja anda belum mencari tahu tempat yang jual ular. Anda bisa coba bergabung di klub reptil di Jakarta dan lihat di iklan baris di internet.
    Jangan lupa untuk membuat terariumnya dahulu sebelum beli ularnya, OK.

    Posted by mertanus | 5 July 2007, 12:27 am
  3. halo mas budy
    saya termasuk orang awam yang hendak memelihara ular..saya kemarin melihat di petshop ada yang menjual ular pucuk warna hijau dan saya sangat tertarik..yang saya ingin tanyakan adalah..apakah ular pucuk termasuk ular yang sulit dipelihara ?..bagaimana terarium yang baik untuk ular pucuk ?…apa saja makanannya ?…tolong balas ke e-mail saya bandung1989@yahoo.co.id…thx

    Posted by ahmad | 12 August 2007, 11:25 pm
  4. To Ahmad: Ular pucuk warna hijau biasanya agak sulit makan, memang sih dari sisi harga sangat murah biasanya.
    Yang jelas kandang harus sesuai dengan yang telah saya jelaskan dan jangan lupa ada ranting2x mengingat jenis ular pucuk adalah ular pohon.

    Posted by mertanus | 13 August 2007, 2:07 am
  5. Selain dibidang ular anda juga mengetahui hal2 yang berhubungan dengan ular seperti pembuatan terarium….kebetulan disini saya juga senang dengan pembuatan terarium……..sekalian buat info untuk rekan2 =)

    Posted by Vivarium | 21 August 2007, 12:00 pm
  6. To Vivarium: Salam kenal. Ya saya memang mengerti sedikit tentang terarium, untuk desain mungkin anda lebih ahli yah. Oh ya anda domisili dimana? Menerima pembuatan terarium juga? Terima kasih.

    Posted by mertanus | 22 August 2007, 2:24 pm
  7. Saya ada Ular Reticulatus kecil. Silakan kontak saya via email.

    Posted by mertanus | 18 September 2007, 11:29 am
  8. To Vivarium: Oh ya anda domisili dimana? Menerima pembuatan terarium juga? Terima kasih

    Kebetulan Saya Berada Di Bali, Kalo pesanan belom sampe kesana yahh soale masi pemula juga, hanya untuk Hobby aja

    Posted by Vivarium | 27 September 2007, 10:15 am
  9. saya minat beli ular, brp nomor telpon anda? saya leo, nomor saya 0818 555 775

    Posted by leo | 3 October 2007, 5:30 pm
  10. salam mertanus! saya punya blood python bayi dan albino burmese sudah 2 ahun umurnya, saya mau gabung IPRJ gmana sih? makasih! dan IPRJ artinya (Ikatan Pencinta Reptil Jakarta)

    Posted by Albino lover . . | 20 October 2007, 10:31 am
  11. Coba anda kontak ke http://www.duniasatwa.com untuk informasi mengenai club reptil di Jakarta.

    Posted by mertanus | 20 October 2007, 10:33 pm
  12. Mohon informasi kalau ada yang punya Moreilia boleni babies, harga berapa ?

    Posted by Hari | 7 November 2007, 3:29 am
  13. halo,mas…salam kenal niy,,saya iyunn,saya baru pemula dibidang reptil.Saya mau tanya tentang kerekter white lip python,apa benar kalau tidak bisa jinak sepenuhnya meskipun peliharaan dari baby..tolong balas ke email saya..thx..

    Posted by iyunn | 5 December 2007, 6:44 pm
  14. Halo Mas Iyunn. Salam kenal…
    Hal itu tidak sepenuhnya benar, karena kalau kita pelihara dengan baik apalagi dari baby bisa dipastikan akan jinak kok.

    Posted by mertanus | 6 December 2007, 12:50 am
  15. mas, lam kenal ya! aq nii lagi nyoba2 melihara ular.. aku ketemu ular kecil, coraknya di lehernya ada garis tebal berwarna oranye.. bercorak vertikal coklat tua dan muda sepanjang tubuhnya.. yang maw saya tanyakan itu ular apa? cara pemeliharaannya bagaimana?

    thanks

    Posted by kribowmania | 14 December 2007, 7:06 pm
  16. halo budy.salam kenal..
    saya mau buat tugas akhir arsitektur yang berhubungan dengan reptil..

    mau tanya ni..apakah terarium untuk reptil lain (kadal, kura2, dll) memiliki syarat2 sama seperti terarium utk ular?

    kedua, bgmn menentukan ukuran terrarium?
    kalo saya mau cr data2 ttg ukuran tubuh reptil dimana y kr2?

    thanks^^

    Posted by lau | 24 February 2008, 4:28 pm
  17. Salam kenal Laurie…
    Prinsipnya sama saja, hanya ada beda di komposisi ruang aja…
    Menentukan ukuran ada sedikit patokan aja utk batas minimalnya.

    Detilnya nanti anda kontak saya by phone aja. (Sudah saya kirim ke email anda)
    Saya siap bantu kalau memang diperlukan info dari saya…
    Kontak saya, jangan sungkan🙂

    Posted by mertanus | 25 February 2008, 12:21 am
  18. mas,aq lgi miara ular jenis rinbow neh,tp yg jnis darat(rainbow ada 2 jenis,air dan darat ?)….ular aq pnya corak/warna yg brbda dgn ular jenis rainbow yg bisanya,ap it ga ap2??katanya kelainnan???terus untuk miara ular jenis rainbow mnta tips ny dnk(pemula neh) ^^ satu lagi,kalo ular jenis rainbow itu msh termasuk dlm keluarga boa bkn???
    thnkZ…

    Posted by Mario | 5 March 2008, 11:19 pm
  19. bung saya punya molu baby, tapi kok gak suka denga habitat saya buat, aquarium 50x50x60cm
    ad ranting, gua dari batu dan tempat air kecil, gimana bisa tau ular laper/sakit. bingung nih. tolong balas ke adm_djaka@yahoo.com
    trims

    Posted by djaka | 17 March 2008, 11:18 pm
  20. hai….
    saya hasina dr seremban malaysia, saya ingin membeli ular sawa burmaes biasa (ular sawa thailand) untuk bermain di rumah, sb ular sawa tersebut sangat senang jinak? di manakah kedai tersebut di seremban malaysia? atau boleh kah saya dapat dr negara lain? kalau di negara thailand atau indonesia bagaimanakah cara untuk saya membeli ular sawa tersebut? saya nak anak ular sawa, kos saya dlm RM300 sahaja? pls help me… 10q

    Posted by sina | 29 April 2008, 1:11 am
  21. saya hasina dr seremban malaysia, saya ingin membeli ular sawa burmaes biasa (ular sawa thailand) untuk bermain di rumah, sb ular sawa tersebut sangat senang jinak? di manakah kedai tersebut di seremban malaysia? atau boleh kah saya dapat dr negara lain? kalau di negara thailand atau indonesia bagaimanakah cara untuk saya membeli ular sawa tersebut? saya nak anak ular sawa, kos saya dlm RM300 sahaja? pls help me… 10q

    Posted by sina | 29 April 2008, 1:13 am
  22. mas sy puny sanca kembang / phyton retic masi kecil, blm 1 meter . . ud akrab & baik bgt si . . nah kmrn tu dy sempet lepas dr kandangny kira2 1 jam. pas ketemu lg, tiba2 dy jd galak dan coba tuk nyerang sy.. sekarang udah di kandang lg, tp galaknya masih ada nih. masi g bisa dipegang dan terus nyoba buat nyerang. beda bgt sama sebelum kabur. knp y kira2 mas ? ad yg bilang ktny mau ganti kulit, tp setau saya kalo ganti kulit matanya berubah warna bkn? sedangkan ini warna matanya tetep merah tua . .
    gmn dunk ??
    Help . . . . . . .

    thx y . . .

    Posted by jawa | 18 June 2008, 1:59 pm
  23. Ass mas.terarium bwt kadal bda g mas sma bwt ular?saya pemula pgn beli kadal duri dan soa payung.trz perlu ap az untuk perlengkapanny?trz jg soal harga terarium mahal g mas?
    Blz k email anggarock_sid@yahoo.co.id y mas.mksh.

    Posted by Prima | 18 July 2008, 10:23 am
  24. Bro, saya baru aja nemu blog kamu ini. Saya tertarik sekali. Bisa kasih contoh ( dalam gambar kalau boleh ) terarium yang baik untuk ular peliharaan saya itu ?
    Saya pelihara 2 jenis ular. Yaitu : Ular Sanca Batik +- 1,8 M dan Ular Pelangi +- 1M.
    Selama ini saya hanya meletak-kannya di dalam aquarium dengan hanya diberikan tempat air dari dop pipa ukuran 4″, tanpa lampu dan tanpa gua.
    Pas saya baca, saya merasa berdosa sekali. Saya seperti telah menyiksa ular perliharaan saya itu.
    Jenis lampu untuk aquarium ikan boleh tidak ? atau harus jenis lampu pijar yang 10 atau 20 W itu ? kalau ya jenis yang bening atau yang susu ?
    Saya tunggu kabar balasannya. Boleh di bolg ini atau via email saya di juju3208575@yahoo.co.id
    Trims Berat. Maju terus untuk blog hebat ini. Cerio.

    Posted by Juju | 12 October 2008, 7:37 pm
  25. Mas, ak punya 1 ball piton n 2 retic kucampur jadi 1 aquarium….
    boleh tidak?
    kalo pesan terarium yang udah terima jadi ukuran Panjang 1,5 meter
    lebar 0,75 meter tinggi 1 meter, kira2 berapa? klo d kirim k luar kota bisa tidak?
    klo ingin gabung k klub reptil daerah jember k mana y?

    Posted by Dennis | 13 February 2009, 11:23 am
  26. Hallo.. Mau nanya ni molurus yg gw pilek nymbuhinnya gmana y? Kmaren yg albert ma mono pohon mati gra2 flu jga! Pdhl yg mono lg hamil dan stetelah di keluarin anaknya 8 tpi gda yg slamet! Kalau ga gra2 flu mungkin sya dah panen tuh. Mohon bntuan y! Thanks

    Posted by Dede | 7 April 2009, 2:13 am
    • Itu tandanya kandang / terariumnya lembap atau keadaan kandang tidak steril…Coba dijaga kebersihannya dan sering dijemur kandangnya juga disemprot pake cairan desinfektan.

      Kalau sudah pilek bisa diberikan antibiotik dengan cara dicairkan dahulu dan masukan dengan pipet.

      Posted by mertanus | 7 April 2009, 3:37 pm
  27. mas,sy punya ular pelangi
    bingung nih cara membuat terariumnya.
    substat yang cocok bwt ular ini apa y mas mengingat dy kn termasuk borrowing snake?
    trus dy juga ga aktif, cm diem dihiding box ja, apa itu normal mas?sy baru beli kmaren.

    makasi mas

    Posted by fajar | 27 April 2009, 7:34 pm
  28. Cuman sekedar bagi2 pengalaman aja. Hati2 dgn disinfektan yg dipakai utk steril kandang, mungkin yg dimaksud bro mertanus di atas adlh disinfektan khusus utk reptil. Kandang reptil gw pernah gw cuci pakai pembersih lantai n perasaan bilasnya dah bersih banget. Ternyata besoknya molu gw dah mati dg mulut keluar lendir bnyk banget. Sayang banget, pdhal dia baik n dah 3mtran.
    Kapok deh ampe skrg, mending dicuci ama air aja ampe bersih.

    Posted by rudy | 16 June 2009, 9:06 am
    • To Rudy: terima kasih atas penjelasannya. Memang betul, yang dimaksud desinfektan bukanlah pembersih lantai apalagi yang mengandul karbol. Karena karbol bukan hanya membunuh kuman tapi ularnya pun bisa mati hehe…

      Posted by mertanus | 16 June 2009, 9:39 pm
  29. permisi bang..
    saya baru aja mau melihara ular jenis mono pohon, kata abang’n itu yg paling mudah buat pemula, tp saya blm punya terarium’n, kata abang’n pake box plastik container dgn sedikit polesan, krn masih bingung saya belom beli itu ular.. ap yg harus saya lakukan pada box plastik itu y bang.??
    trimakasih

    Posted by adhil | 17 June 2009, 9:16 pm
  30. bos..taw alamat toko reptil di bali?n harga2 nya.pm yaw

    Posted by oPoNg | 19 June 2009, 6:30 am
  31. bro.. aq punya ular boiga dendrophila warna hitam kuning dan hitam putih nih…. hmm ular kaya gitu kan habitatnya ada di mangrove forest kan??? kalo dikasih di tempat yang jauh berbeda ma mangrove forest pie yo….???

    Posted by tea aditya | 2 August 2009, 4:05 am
  32. kak, mau tanya lagi…kalau ERIODANT REPTILE apakah ada ( lmbaga ttg ular di jaksel katanya) cz saya di ajak begabung, tapi mencurigakan….?
    apakah ada ula jenis eriodant itu?katanya corak batik n ada di thailand tapi saya cari \di internet g ada?

    Posted by IMAM | 15 June 2010, 11:40 am
  33. slamat pagi…!!!
    saya mori di Kalbar,, baru tadi malam saya menemukan ular sejenis sanca diijalanan dan saya tertarik untuk memeliharanya. namun kelihatannya ular ini masih buas,, stiap ingin disentuh,, ular melakukan perlawanan!! bagaimana cara menjinakkan ular ini? saya sama sekali belum pernah memelihara ular sebelummnya!!! masih ada ketakutan untuk memegangnya…
    saya juga minta petunjuk untuk dasar merawat ular?? sumpah masih bingung pengen diapakan ne ular,, tapi pengen sekali memeliharanya…
    ular ini masih anaknya berukuran 30cm getu la kira2,, hehe!!!!
    mohon tipsnya yah?? sebenarnya takut,,tapi ingin mengurangi rasa takut itu!!!

    Posted by mori | 22 September 2010, 10:27 am
  34. oiya,, hubungi saya via fb yah mas,, kalo email saya jarang buka!!!
    biar lebih banyak tanya2 nya..,, kan mas udah pakar nya ne!!!
    saya minta bagi ilmunya, harus ikhlas ya mas.. hehe..🙂
    sumpah pengen sekali memelihara ular.
    add mori di moripanday@yahoo.com
    atau lewat inbox juga boleh.
    ditunggu yah……..

    Posted by mori | 22 September 2010, 10:36 am
  35. brow,tau yang jualan/bisnis terarium gag??

    Posted by Rifai | 14 February 2012, 8:20 pm
  36. mana? tau situs nya gag??

    Posted by Rifai | 18 February 2012, 9:21 am
  37. Saya nak tahu..ular saya baru lepas slin kulit..tapi lebihan kulit die masih pada badan die..saya nak tahu..kenapa die jadi macam tu..bagimana saya nak buat…

    Posted by adie | 21 February 2014, 11:33 am

Leave a Reply

