//
you're reading...
Binatang, Curah Pikiran, Sosial Budaya

Apakah Virus Flu Burung H5N1 Dapat Menyerang Manusia?

Pertanyaan itu selalu menghantui pikiran saya kurang lebih sejak dua tahun lalu. Kita sering mendengar berita bahwa virus H5N1 bisa menyerang manusia. Pemerintah pun terkesan panik dalam menanganinya, sampai-sampai Pemda DKI melakukan pemusnahan unggas secara serentak dan besar-besaran. Burung dengan harga ratusan ribu bahkan jutaan rupiah pun harus dimusnahkan dengan biaya pengganti yang sangat tidak manusiawi.

Menurut saya itu adalah tindakan yang panik dan tidak masuk akal. Karena saya sendiri tidak yakin dengan hasil temuan yang ada selama ini. Karena sampai saat ini belum ada bukti ilmiah bahwa virus H5N1 bisa menular kepada manusia. Seorang rekan saya seorang dokter hewan berpendapat bahwa:

“Jika H5N1 dapat menular ke manusia maka dokter hewan dan pegawai laboratorium yang mengisolasi virus tersebut akan menjadi korban pertama, demikian juga dengan pekerja di kandang ayam, pemotong ayam, penjual ayam, pemelihara burung dan semua orang yang kontak dengan unggas. Laporan positif H5N1 pada manusia oleh WHO, DEPKES dan dokter sangat tidak masuk akal, tetapi telah diterima oleh masyarakat akibat pemberitaan yang sudah diatur secara terus menerus. Virus dari ayam tidak bisa menular ke manusia karena adanya perbedaan suhu yang mencolok antara suhu manusia (36 C) dan unggas (42 C). Tidak mungkin virus yang biasa hidup pada suhu 42C bisa langsung hidup pada manusia yang mempunyai suhu 36C. Mustahil!!! selain itu reseptor virus H5N1 pada unggas adalah alfa 2,3 sialic acid, sedangkan resptor pada manusia
adalah alfa 2,6 sialic acid.”

Saya sangat setuju dengan pendapat beliau, sangat masuk diakal penjelasannya. Karena memang begitulah kondisinya apabila virus H5N1 bisa menular kepada manusia.

Saya berpendapat bahwa ini merupakan pembodohan masyarakat Indonesia yang sebagian besar adalah orang yang kurang pendidikan dan mudah dibodohi. Ketika ada pasien yang sakit demam tinggi lalu tidak tertolong dan meninggal makan dengan mudahnya diklaim bahwa pasien tersebut terserang virus flu burung.

Apakah anda tahu bahwa jumlah rata-rata korban meninggal karena penyakit demam berdarah di Indonesia berjumlah ratusan orang jika kita bandingkan dengan jumlah korban yang “diduga” terserang virus H5N1 yang berjumlah 22 orang (data tahun 2006), sungguh perbedaan yang kontras bukan?

Lalu mengapa kasus Flu Burung lebih menghantui pemerintah Indonesia dibanding penyakit Demam Berdarah?

Ada apa dibalik semua ini?

Mengapa pemerintah begitu panik dan terkesan tidak masuk akal dalam penanganan flu burung?

By: Budy Snake

Social Observer 

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

6 thoughts on “Apakah Virus Flu Burung H5N1 Dapat Menyerang Manusia?

  1. analoginya kira kira seperti ini:
    mengapa berita jatuhnya adam air di sulawesi lebih heboh daripada tenggelamnya kapal senopati nusantara?…padahal korban kapal tenggelam 3 kali lipat korban pesawat jatuh…bahkan santunan untuk korban jatuhnya pesawat pun berkali kali lipat lebih banyak daripada kapal tenggelam…

    Posted by imcw | 6 June 2007, 11:55 pm
  2. To IMCW: Salam kenal dok, terima kasih atas kunjungan ke blog saya. Analogi anda sangat tepat, sungguh ironis yah di negara kita ini?

    Posted by mertanus | 7 June 2007, 1:30 am
  3. salam kenal
    mungkin ada udang di balik batu..

    Posted by anker | 7 June 2007, 12:40 pm
  4. Yang jelas ada peluang bisnis di balik kasus flu burung…Just my opinion loh…Mungkin ada yang setuju?…

    Posted by mertanus | 7 June 2007, 2:55 pm
  5. politik bisa merembet kemana mana termasuk ke penyakit flu burung …
    tak ada masalah polotik masalah virus pun diambil…
    hahaa….XD

    Posted by zakiyyah | 20 November 2011, 8:45 am

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Flu Burung Mulai Menyerang Lagi? « Blog Punya Mertanus - Budy Snake - 15 June 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: