//
you're reading...
Curah Pikiran, Sosial Budaya

Harga Nyawa Manusia dan Angka Keberuntungan

Di Indonesia hampir dalam berbagai bidang nampaknya masih kurang peduli dengan yang namanya faktor keselamatan. Baik dalam keselamatan transportasi seperti transportasi laut, transportasi darat, dan yang sempat membuat heboh Indonesia adalah keselamatan penerbangan. Dengan kejadian seperti itu maka saya terkadang berpikir, kok begitu murahnya nyawa manusia di Indonesia?

Belum lagi keselamatan kerja yang tidak diperhatikan. Saya mengambil contoh kejadian di salah satu proyek di SCBD, dalam dua minggu ada tiga kejadian kecelakaan kerja. Bisa dibayangkan dalam waktu yang relatif singkat tiga kecelakaan kerja terjadi. Saya melihat disini ada yang tidak beres dengan kontraktornya. Yang dilakukan adalah bagaimana agar proyek tersebut dapat selesai cepat dan bisa dibuka pada tanggal 7 bulan 7 tahun 2007. Disini saya melihat ada target, karena pihak pemilik gedung ingin tanggal tersebut sudah dibuka dan itu diyakini sebagai tanggal keberuntungan. Tapi di sisi lain mungkin sebenarnya hal ini tidak memungkinkan sehingga pihak kontraktor agaknya terlalu memaksakan yang berakibat pada kurangnya kontrol dari sistem keselamatan kerja.

Mau hoki malah memakan korban jiwa, dimana hokinya? Atau hoki karena nyawa korban dijadikan tumbal? Hehe. Ada-ada saja di Indonesia ini selain lemahnya sistem keselamatan kerja juga masih banyak pihak yang percaya dengan angka keberuntungan. Begitu percaya dengan angka keberuntungan samapi-sampai tidak lagi memperhatikan faktor keselamatan kerja yang jauh lebih penting.

By: Budy Snake
Social Observer

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

2 thoughts on “Harga Nyawa Manusia dan Angka Keberuntungan

  1. kadang-kadang segala hal memang dihalalkan demi uang,😦

    Posted by anker | 9 June 2007, 11:35 pm

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Euforia 7/7/2007 « Blognya Tedy Tirtawidjaja - 20 June 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: