//
you're reading...
Binatang, Curah Pikiran, Sosial Budaya

Flu Burung Mulai Menyerang Lagi?

Kali ini saya menulis tentang flu burung lagi setelah tanggal 6 Juni lalu saya menulis tentang hal yang sama, yaitu fakta yang perlu diketahui tentang flu burung. Saya memutuskan menulis lagi karena siang ini saya mendapat offline message di Yahoo Messenger yang mengatakan:

“Dear All, pg ini diktr i ada teleconfrence utk pembahasan birdflu dan yg concern mslh ini adl perush2 Amrik. Di indo kita sdh mencapai tahap 2 dan ini perlu diwaspadai krn pmrth tdk terlalu mengembar gemborkan mslh ini ttp sebenarnya sdh byk korbannya. Birdflu ini bs terjangkit dr binatang ke manusia tp akan bs dr manusia ke manusia apabila sdh sampai tahap ini mk kt perlu waspadai. Seringkali kt berpikir telur ayam kampung lbh baik dr ayam negri itu salah krn justru kematian byk di temukan disekitar peternakan ayam kampung. Kurangi mkn telur ayam kampung. Knp ayam biasa lbh gemuk krn ada suntikan vitaminnya. Pokoknya hindari hal-hal yang berhubungan dgn ayam,burung smtr jgn terlalu dekat2 dl. Telur rebus better than yg di goreng. Pls be attantion tp ya lbh dr itu doa aja.”

Pesan tersebut tidak saya tambah, tidak saya ubah, dan hanya menghilangkan nama si pengirim. Dalam pesan tersebut terkesan isinya adalah berita yang benar dan menakutkan sekali. Padahal yang sebenarnya terjadi adalah hal tersebut mencerminkan bahwa masyarakat Indonesia sudah terkena efek pembodohan yang dilakukan oleh pemerintah. Mengapa demikian? Karena sudah jelas bahwa sampai saat ini (tahun 2007) tidak atau belum ditemukan bukti ilmiah bahwa virus H5N1 dapat menular dari unggas ke manusia.

Lalu ada pesan disitu yang mengatakan untuk mengurangi mengkonsumsi telur ayam kampung dan menghindari ayam dan burung untuk sementara ini. Ini sangat tidak rasional, toh yang kita konsumsi pun adalah telur yang matang dan sudah melalui proses pemanasan dengan cara direbus dan digoreng. Apabila ada virus H5N1 di telur tersebut tentunya sudah mati karena virus H5N1 akan mati dengan pemanasan 80 derajat celsius selama 1 menit atau pemanasan dengan suhu 70 derajat celsius selama 3 menit. Maka simpulannya, daging ayam, telur dan semua produk yang berasal dari unggas, sangat aman untuk dikonsumsi oleh manusia jika produk tersebut telah direbus/dimasak dengan pemanasan 80 derajat celsius.

Artikel ini saya tulis karena berhubungan dengan artikel saya yang berjudul “Apakah Virus Flu Burung H5N1 Dapat Menyerang Manusia?”. Mungkin untuk lebih jelasnya anda dapat pula membaca tulisan saya tersebut, silakan anda klik pada judul tersebut.

By: Budy Snake
Social Observer

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

3 thoughts on “Flu Burung Mulai Menyerang Lagi?

  1. Itu offline message bukannya HOAX Pak Budy?Banyak kan hoax yang seolah-olah benar sekali beritanya, padahal isinya omong kosong belaka. Anda tahu kan apa itu HOAX?😀 Kalau tidak baca ini dulu : http://tedytirta.wordpress.com/2007/04/15/spam-hoax-menjengkelkan/

    Posted by tedytirta | 15 June 2007, 5:54 pm
  2. Terima kasih bung Tedy atas komentarnya. Justru itu, yang mengirim ke saya ternyata adalah si pembuat hoax. Menurut dia itu hasil teleconference dari Amerika.
    Nah yang macam begini ini yang bikin masyarakat kita makin bingung.🙂

    Posted by mertanus | 15 June 2007, 6:02 pm
  3. inilah efek negatif dari dunia TI, kadang susah membedakan mana yg benar dan salah karena informasi yg beredar belum tentu benar.

    Posted by anker | 19 June 2007, 9:45 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: