//
you're reading...
Curah Hati, Sosial Budaya, Transportasi

Modus Baru Sindikat Penebar Ranjau Paku Jalanan

Ada satu modus yang sedang populer saat ini, sebenarnya tidak bisa dikatakan baru karena sudah ada sejak lama. Modus yang saya akan ceritakan adalah modus dari penebar ranjau paku jalanan di Jakarta.

Yang saat ini populer adalah selain mereka menebar paku yang menjadi ranjau khususnya bagi pengguna sepeda motor, mereka memiliki kerjasama dengan para tukang tambal ban yang berada disekitar lokasi kejadian. Yang kurang ajar lagi adalah mereka tidak segan-segan dengan sengaja melukai ban dalamnya ketika berusaha mengeluarkan ban dalam tersebut. Alhasil mereka akan menyarankan kita untuk mengganti ban dalam yang mereka jual dengan harga yang tinggi. Keuntungan buat meraka dengan berbuat demikian adalah proses lebih mudah karena hanya mengganti ban dalam saja, tidak perlu repot-repot menambal ban dan keuntungan yang didapat lebih besar dibanding menjual jasa menambal ban.

Saya sendiri pernah mengalaminya dua hari lalu dan saya melihat ada yang tidak beres sejak awal. Ada beberapa motor yang datang hampir bersamaan dengan saya dan semuanya mengalami robek ban dalam, sungguh aneh dan tidak masuk akal.

Itulah realita yang terjadi di Jakarta ini, saya tidak tahu bagaimana dengan di kota lain. Yang jelas, saya melihat ini ada suatu pergeseran nilai moral yang terjadi ketika manusia memiliki beban hidup yang merasa berat untuk dihadapi. Sehingga pelaku cenderung menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan dengan cara yang relatif mudah.

Apakah anda pernah mengalaminya juga? Pesan saya tetaplah waspada apabila berkendara dengan sepeda motor di malam hari, karena mereka beroperasi biasanya di malam hari. Namun tidak menutup kemungkinan siang hari pun bisa terjadi.

By: Budy Snake
Social Observer

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Belanja Udang dan Ikan Segar di Pasar Kramat Jati « Blog Punya Mertanus - Budy Snake - 16 October 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: