//
you're reading...
Ular

Perawatan Ular Peliharaan – Bagian 2

Suplemen dan obat cacing, perlukah?

Tentu saja suplemen multivitamin sangat diperlukan karena ular peliharaan tidak sama dengan ular yang hidup di alam liar. Apabila di alam liar jenis makanannya lebih bervariasi dan terkadang malah mangsanya bebas penyakit. Berbeda dengan ular peliharaan yang jenis makanannya sangat terbatas tergantung pemeliharanya. Untuk multivitamin bisa menggunakan yang biasa digunakan oleh manusia, pilihlah yang kualitas baik dan mengandung mineral juga. Cara pemberian secara oral dan dimasukkan bersama makanannya.

Untuk obat cacing juga harus diberikan 6 bulan satu kali. Untuk dosis disesuaikan dengan ukuran ular yang dipelihara. Apabila ularnya kecil mungkin bisa diberikan obat cacing yang bentuk cair yang disuntikkan ke dalam tubuh binatang yang dijadikan makanan ular.

Memandikan ular, seberapa sering?
Untuk jadwal memandikan sebenarnya tidak perlu terlalu sering, biarkan dia berendam sesuai dengan keinginan ular itu sendiri. Hanya saja untuk perawatan bisa dimandikan sebulan satu kali dengan sabun antiseptik. Menurut saya yang paling utama adalah kebersihan dari terariumnya, dengan menjaga kebersihan terarium maka kesehatan ular akan terjamin walaupun tidak dimandikan.

Untuk artikel lain tentang ular bisa di klik pada bagian kategori ā€œularā€ dan tulisan lainnya akan menyusul.

Untuk informasi lebih lanjut tentang ular, bisa hubungi saya melalui: mertanus@cbn.net.id

By: Budy Snake
Magician & Snake Charmer

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

50 thoughts on “Perawatan Ular Peliharaan – Bagian 2

  1. Pak Budy, pernah punya pengalaman kegigit ular tidak? cerita-cerita donk pengalamannya, bagi-bagi juga ilmunya/tekniknya kalau kegigit ular…

    Posted by tedytirta | 20 July 2007, 8:36 am
  2. Kalau pengalaman tergigit ular tentunya pernah pak. Karena kalau kita bermain api kita terbakar; bermain air kita basah, menurut saya itu sudah biasa dalam hidup. Mengenai bagi ilmu saya rasa tidak perlu karena saya tidak mengajari orang untuk menjadi seorang pawang ular. Pesan saya adalah berhati-hati jangan bermain sembarangan dengan ular, karena terkadang kita tidak tahu jenis dari ular yang kita temukan. Namun juga kita perlu melestarikan ular-ular yang ada dengan tidak membunuhnya.

    Posted by mertanus | 7 August 2007, 11:32 am
    • salam kenal mas<
      mohon ptunjuk alas untuk kandang ulas jenis sansa jawa baiknya pake apa?
      pnya ku smentara pake pasir gmn mas?

      Posted by ANDREW | 8 December 2011, 10:06 pm
      • Salam kenal,

        Untuk alas sebaiknya menggunakan koran bekas saja agar selalu kering dan mudah membersihkannya, bila basah atau kotor bisa langsung diganti.

        salam,

        budy snake

        Posted by mertanus | 9 December 2011, 8:51 am
  3. Salam Kenal
    wehhh anda termasuk org yang satan sama reptile juga yah……
    selain ular apalagi yang anda pelihara boss…….
    thanks

    Posted by Reptile Exporter | 21 August 2007, 11:40 am
  4. maaf boss saya salah ketik (satan maksudnya senang)……=)
    sekali lagi maaf boss……..

    Posted by Reptile Exporter | 21 August 2007, 11:43 am
  5. Salam kenal juga untuk Reptile Exporter…Saya lebih ke snake charmer, jadi koleksi saya sekarang sudah tidak sebanyak 4 tahun lalu. Kapan-kapan kita bisa diskusi lebih lanjut….

    Posted by mertanus | 22 August 2007, 2:26 pm
  6. alo salam knl pa budi saya peternak mice 085221446004, Thx

    Posted by Sandhy Tan | 15 September 2007, 12:30 pm
  7. hallo, salam kenal buat reptile mania…
    buat mas budy dan mertanus ada yg mau saya tanya, di jakarta atw di indonesia ada ga sih yg pnya piedbald phyton? klo ada boleh tau ga kisaran brapa harganya ya..
    thanks ya

    Posted by adrenalline | 5 December 2007, 7:45 pm
  8. Saya sendiri belum dapat informasi tentang pemilik jenis piedbald ball python di Indonesia. Btw, python bukan phyton.

    Posted by mertanus | 6 December 2007, 12:48 am
  9. hallo mas budy…
    saya sedang mencari ball python jantan dewasa (min.1 setengah meter).
    kalo ada yang punya dan mau jual atau ada yg punya informasinya harap hubungi saya ya @ 0856 91407007 / 021-93017081..

    makasih ya..

    Posted by adrenalline | 26 December 2007, 3:02 pm
  10. mas Budy…
    saya baru beberapa hari yg lalu beli Python Reticulatus, tapi saya masih bingung dengan tempat untuk memeliharanya, sirkulasi udara tempat tersebut, dll…
    masih banyak pertanyaan yg ada di pikiran saya…
    saya inginnya ular saya tsb sehat dan baik2 aja…
    mas, ini email / friendster saya :
    tabita_chamdany@yahoo.co.id
    dan ini no.hp saya : 081915544xxx
    tolong saya diberi tahu no.hp mas Budy atau tolong balas di email / friendster saya, soalnya saya mau tanya banyaaaaaaaaaaak bgt tentang Python Reticulatus…
    Makasih sblmnya mas…

    Posted by tabita_chamdany | 29 January 2008, 11:25 pm
  11. Salam kenal pak budy..gini, saya mau nanya kalo jenis sanca bodo & batik untuk ukuran 1.5 meter sebaiknya mempunyai lahan seberapa besar ya? dan bagaimana kalo sanca bodo&batik saya setempatkan/sekandang? truz bwt temperatur suhu yang cocok berapa ya pak?…terimakasih atas perhatiannya. Kalo bisa blsan nya ke e-mail pak. –> jack_ciamis@yahoo.com

    Posted by jack | 11 February 2008, 1:49 pm
  12. Lam kenal pak budy…
    Pak, saya punya ball python baby kira2 2 bulanan…
    Beberapa hari yang lalu ball python saya ganti kulit..setelah semua kulitnya lepas…3 hari setelahnya saya beri makan tikus mencit kecil…responnya lgsg cepat dan lgsg dimakan tp koq besok malamnya dia muntah pak…
    Gimana ya cara saya hrs menanganinya ya pak? dan sebaiknya dlm jangak waktu brp lama saya harus memberi di makan?
    Kira2 ballpython saya itu nanti macet tidak ya ??
    karena saya takut dia jd macet…makasih ya pak…

    Posted by adit | 9 July 2008, 8:20 am
  13. Pak, ini saya adit yg cerita ttg ball python yg msh babay dan saya beri makan muntah itu……
    Tlg dibalas ke email saya aja ya pak….terima kasih…
    Kira2 jenis kelamin ballpython bisa diketahui sewaktu ballpython berusia brp lama ya pak?
    dan bagaimana cara mengeceknya apakah di ce/co..thank bgt pak..
    Tolong balas ke email saya -> h_stefanus@yahoo.com

    Posted by adit | 9 July 2008, 8:23 am
  14. bung, sya mau nany.
    saya punya ulr phiyton retic.
    yg mau sya tnyakan, gmn cara perawatn yg baik?
    knp ulr sya kok abs mand langsung kena flu gt?

    Posted by nick | 4 August 2008, 2:48 pm
  15. pak,sya mau nany ttg ulr phyton retic.
    cra pelihara yg baik gmn y?

    Posted by nick | 4 August 2008, 2:53 pm
  16. oh y bung, phyton sya umrnya udh 1 tahun. dan ulr itu kok msh jga suka gigit bung, pdhl ulr itu lmyn sering lah sya pegang. dan juga, utk mknanny yg baik ap y bung?

    Posted by nick | 4 August 2008, 2:56 pm
  17. asalamu’alaikum

    sy tertarik untuk memelihara ular, saya penasaran dengan blood phytoon baby,berapa kira2 harga blood phytoon baby? cari dimana yach? saya di jogja

    Posted by Faulana | 8 August 2008, 9:23 pm
  18. Pak,python albertisi punyaq dah 1,5 bln ga mw mkn. Tuh knapa? Trus punya kbiasan brendam ampe hmpir sminggu. Tolong nasehatnya. Ni email saya,da_tro@yahoo.com. Trim’s

    Posted by Kim | 14 November 2008, 3:41 am
  19. Bagi para pecinta raptil, yg cari ball python, python raticulatus, blood python, ato yg lain sya pnya.
    Bg yg berminat silahkn hubungi ke 085223496233.
    Ato silahkn main2 k perkumpulan kta untk meramaikn.

    Posted by Ynr | 6 April 2009, 11:36 pm
  20. Saya mau jual ular python kuning yg berminat hbngi saya di 085643186464. Saya tinggal di Jogja

    Posted by Ugik | 27 April 2009, 1:52 am
  21. teman2 tolong bantu saya,saya mau beli ular jenis pyton tp yg msh kecil. saya tinggal di surabaya, jd tolong di bantu dan tolong juga harganya jgn yg mahal2 yaa. soalnya saya msh baru dalam memelihara ular. klo ada yg mau ksh ular pyton ke saya,saya bisa terima asal jgn yg gede,hehe makasi atas bantuanyya no saya 031-70438707///081230233435 terima aksih banyak

    Posted by denny | 30 August 2009, 1:29 am
  22. lam knal…
    mo nimbrung nie,,,sy piara ular blood phyton…kira2 low setelah makan brapa lama lg diksh makan,,,tlg ksh mskan,,,sy ru pemula nie jd lom tau….mksh

    1 lg low komunitas pecinta ular da di mana ya yg da di jogja,,,???

    Posted by deni | 28 October 2009, 10:24 am
  23. mas saya pnya snca batik…
    sya pmula dlm ursan memlhra ular…

    saya mw tnya gmna crnya mandiin uler trz ngsh mnum uler … biar gg kehausan…

    trz saya ksh kndang jg gg trlalu bsar… apa gg pa” mas..
    kra” ukran nya 1,5 Mtr ..

    mksh mass……

    Posted by Ryo she pyton | 31 January 2010, 3:49 pm
    • Kalau mau mandikan bisa langsung saja dimandikan, mungkin perlu ember apabila ingin lebih mudah, disabun dengan sabun antiseptik. Hindari mata dan mulut apabila melakukan pemberian sabun. Bilas yang bersiuh lalu keringkan dengan handuk dan jemur beberapa menit. Lakukan seminggu sekali atau dua minggu sekali.
      Untuk minum ular silakan sediakan tempat minum di terariumnya (kandang) harus selalu bersih airnya, lebih baik lagi apabila tempat minumnya bisa sebagai tempat berendam juga. Untuk kandang idealnya yang panjangnya sama dengan panjang ular sehingga ular bisa meluruskan badannya.

      Posted by mertanus | 3 February 2010, 7:54 am
  24. mas,saya punya sanca batik kira2 6 bulan, 1 meter…mau jualnya dimana yang sip ya…ular saya sehat bgt n cantik,saya mau keluar kota..

    Posted by Denny | 23 March 2010, 10:13 pm
  25. om mau tanya perbedaan jantan dan betina klo ular sanca batik…dari apanya…????

    Posted by yudie | 5 April 2010, 3:31 am
  26. saya mau tanya.. kandang reticulatus yang baik yang bagaimana???
    makasih

    Posted by Rian Triadi | 6 July 2010, 10:50 pm
  27. maaf mas saya pny dipong umur 2 bulan sulit makan.
    disuapin ga mau.
    tapi klu didiemin suka cari2 makan kluar kandang.
    disatu.in sama tiput.
    dipong saya malah takut.
    temen saya bilang katanya dipong saya stress.
    gimana cara.nya biar napsu makan.nya pulih lagi?.
    makasih sblum.nya.

    Posted by littlemonkey | 15 September 2010, 5:37 pm
    • jangan kebanyakan di handling mas. trus coba di gelapkan 3 hari biar tenang dulu ularnya. kasih jumper hidup, klo gak mau coba di matiin jumpernya trus dibuat ngeluarin darah. klo masih gak mau terpaksa kasih hati sapi segar dengan di masukin kemulutnya(diloloh). abis itu mulutnya di rapetin biar gak di muntahin lagi. pastikan makannya sampe lambung. Klo gak digiituin dipastikan ularnya mati lemas.

      Posted by Wakhid | 25 February 2011, 3:03 pm
  28. maaf mas saya mau nanya,gimana caranya ngebedain phyton retic sama molurus,saya pemula rencana minggu depan mau beli baby molurus biar ga kena tipu kyk kejadian kemaren,saya beli ular,kata yang dagang itu rainbow,tapi 2hari kemudian ada yang ngasih tau itu bukan rainbow tapi ular kadut merah
    mohon pencerahannya
    terimakasih

    Posted by Bayu | 27 November 2010, 9:52 am
  29. mau tanya pak….
    piton retic saya sisiknya ada yg benjol ato mencuat keluar gak seperti umumnya.. padahal gk pernah tergores, kandang jg dibersihkan rutin 2hari 1x

    Posted by dhimas | 15 February 2011, 1:53 am
    • itu benjolan bisa karna caplak….
      coba km ambil pakai pinset tuh caplak ….
      ato rendam dalam air hangat yg udah diberi seduhan daun suruh + rodalon… (itu klo caplak loh…)

      Posted by Wakhid | 25 February 2011, 2:54 pm
  30. wah, jadi kepingin melihara ular lagi nih..

    Posted by Andez | 24 April 2011, 6:43 pm
  31. Mz..reticQ umur 4bln gag mw makan. . . D ksi mencit maLah takut.. Gmn soLusix ? Mksh

    Posted by Ussy | 8 May 2011, 6:02 pm
  32. MOHON PTUNJUK ALAS UNTUK KANDANG ULAR JENIS SANSA BANG<
    SMNTARA KANDANGKU PAKE ALAS PASIR<APA GA BRNAHAYA BGI ULAR?
    TRIMS Y BANG

    Posted by ANDREW | 8 December 2011, 10:09 pm
  33. mas budy, minta tolong pencerahannya nih
    Saya beru beli milksnake tgl 5 des kemaren, kurang lebih seminggu didiamkan (dikasih tempat minum dan hiding box-dari kertas) hanya dipegang waktu ganti alas krn kotor.
    Tgl 12 des saya kasih makan pinkies 1 ekor, langsung dimakan (sebelumnya sudah ada minum seperti biasa), besok paginya ternyata dimuntahkan, pinkiesnya sisa setengah badan.
    Saya baca dari artikel2 yg ada katanya didiamkan beberapa hari dulu. Setelah didiamkan 5 hari, hanya dipegang waktu ganti alas krn kotor seperti sebelumnya. Tgl 17 des saya kasih 1 pinkies lagi, langsung dimakan dengan rakus. Besok paginya juga dimuntahin tidak lama setelah dia ada minum dikit (biasanya minumnya lebih lama jd asumsi saya dia minum lbh banyak). Pinkies yng dimuntahan kedua ini, masih utuh cuma ukurannya mengecil, berwarna kehitaman, dan berlendir. Saya ada baca http://www.reptilx.com/2009/11/18/obat- … ptil-anda/, ada bahasan ttg obat ini:
    Bactrim
    antibakteri kombinasi untuk pengobatan infeksi pencernaan pada ular.
    unsur dasar Sulfamethoxazole yang mencegah pertumbuhan bakteri di dalam tubuh.
    kegunaan : pengobatan pertama apabila ular terus muntah tiap kali makan. bisa juga dipakai untuk iguana yang tiba2 menjadi lesu, pup cair dan bau.
    cara pemakaian : minumkan langsung , dosis berdasarkan berat tubuh.

    yang ingin saya tanyakan:
    1. Kira-kira apa penyebab ular saya muntah?
    2. Apa yg perlu saya lakukan terhadap ular?
    3. Apa perlu saya kasih obat Bactrim?
    4. Apa ular saya terkena penyakit tertentu?

    Mohon infonya >.<

    Posted by fanwiha | 18 December 2011, 12:35 pm
  34. salam kenal pak, tolong kasih info dong cara perawatan dan pemeliharaan tentang ular kobra kecil, karena 1 minggu yg lalu saya habis nangkap di kantor, mau saya bunuh koq kasihan makanya saya rawat saja.

    Posted by daris | 11 January 2012, 4:11 pm
  35. kak, klo ular air di kandangnya harus pke air gk

    Posted by ERIK | 1 June 2012, 1:36 pm
  36. kak,ular saya ular air,tpi klo mau di ambil ularnya mlah ngibasin badanya jdi saya takut ngambil dehk gi mna donk solusinya makasih…..

    Posted by ERIK | 1 June 2012, 1:58 pm
  37. gimana cara atasi ncobra yg tidak mau makan,makasih

    Posted by ferdy | 3 September 2012, 2:30 pm
  38. jual ular sawa kembang barang kali minat

    Posted by Bayu Sakti | 2 March 2013, 10:56 pm

Leave a Reply

