//
you're reading...
Ular

Sanca Kembang atau Python Reticulatus

Sudah seminggu ini saya memiliki seekor ular jenis Sanca Kembang atau Python Reticulatus. Ular dengan panjang sekitar 1,3 meter ini masih tergolong liar karena baru saja didapat dari alam. Ukuran yang masih kecil ini sangat memudahkan dalam memegangnya berbeda dengan Sanca Kembang koleksi pribadi saya yang panjangnya telah mencapai 4,5 meter sungguh sulit membawanya, berat!

Ular jenis ini dapat tumbuh berkembang dengan tempo yang relatif cepat dan jenis yang handal dan tidak mudah sakit. Di alamnya ular jenis ini banyak ditemui di hutan dan pepohonan. Ular jenis ini merupakan ular terpanjang di dunia yang panjangnya bisa mencapai 9 meter.

Untuk artikel lain tentang ular bisa di klik pada bagian kategori “ular” dan tulisan lainnya akan menyusul.

By: Budy Snake
Magician &Snake Charmer

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

53 thoughts on “Sanca Kembang atau Python Reticulatus

  1. wah… punya tambahan koleksi lagi nih Bud….
    yang dimaksud 4,5 m itu angel khan ?
    Kira-2 koleksi baru mau dibawa ke gelong gak ?

    Posted by Hari | 30 September 2007, 1:06 am
  2. Ya betul, ini koleksi baru. Yang 5,5 meter si Angel, kemarin saya jenguk dan kondisi sehat malah baru saja menelan 8 ekor bebek dewasa:)

    Koleksi baru ada di Gelong kok…

    Posted by mertanus | 4 October 2007, 7:27 pm
  3. saya punya piton tinggalnya di bak kontrol rumah …….dia datang sendiri…rumah sya dekat kali ….tidak saya usir apa anda berminat……….gratis lo

    Posted by jatmiko | 26 October 2007, 6:49 pm
  4. Wah, saya lihat saja dahulu pak kalau tidak keberatan lho.
    Trims.

    Posted by mertanus | 26 October 2007, 7:04 pm
  5. wew sama nih aku juga punya python reticulatus, tapi masih ilmu aku masih cupu. mau nanya nih. ularku kok aneh yah dia sering tersentak kaget kalo aku sentuh, nah itu tambah membuat aku ragu-ragu kalo mau pegang dia. ularnya masih kecil panjang sekitar 40 cm, kira-kira tempat pemeliharaan yang cocok itu yang gimana yah? makasih

    Posted by Rio | 14 November 2007, 2:57 pm
    • setuju dengan argumen nya mas mertanus,biasanya itu karena jarang di pegang,saran saya kalau mau megang ular jangan tanggung2,jangan ragu2,tu buat jenis phton yg masih liar.

      Posted by wahyu | 15 May 2010, 4:14 am
  6. Untuk ular yang kaget biasanya karena jarang dipegang jadi masih belum terbiasa. Untuk tempatnya anda bisa baca artikel saya di blog ini tentang terarium yang baik. Search saja dengan keyword “terarium” di halaman blog saya.

    Posted by mertanus | 17 November 2007, 6:28 pm
    • saya punya ular retic umur nya baru 2 bulan lagi ganti kulit tapi baru kepalanya aja!!!..tp kok malah jadi agresif ma sering matuk ya???trims

      Posted by jaki | 12 April 2011, 6:02 pm
      • itu normal…

        kl bisa sediakan tempat rendam yg cukup agar proses ganti kulit lancar

        salam,

        budy snake

        Posted by mertanus | 12 April 2011, 9:48 pm
      • kalo mau manjinakan ular liar menjadi jinak gmna ya??? ada ular retic di dekat rumah masih liar!! panjang nya kira2 4,3 meter!!!trims

        Posted by jaki | 13 April 2011, 5:35 pm
      • wah serius mas ada ular liar sepanjang 4 meter lebih? hehe. emang anda tinggal dimana?

        kl mau nagkap harus banyak orang ya. jgn sendirian. pastikan kepala dipegang dengan kuat, tidak mencekik tapi juga tidak boleh lepas. org lain bantu utk pegang ekor dan badan.

        biasanya agak sulit jinak kl sudah besar. dan ga mau makan …

        salam,

        budy snake

        Posted by mertanus | 14 April 2011, 12:49 pm
      • saya tinggal di garut deket nya hutan2..tp kalo ular lagi ganti kulit kan jarang di pegang nanti tetap jinak ga ya???trims

        Posted by jaki | 14 April 2011, 5:51 pm
    • ular retic saya kok melingkar terus kalo lg ganti kulit ya???

      Posted by jaki | 14 April 2011, 6:01 pm
  7. low..
    aku penggemar ular. q punya 3 ular dirumah.
    reticulatus, molurus bivitatus, n sawa kendang (nama umumny) q mau nanya, kenapa melurusku koq ga mw makan ya? apa dy sedang stress? kalo reticnya senang makan. kemarin abis ayam potong dewasa 2 ekor. minta sarannya dunk tentang molu saya. Trims!!!

    Posted by pandu | 29 December 2007, 2:19 pm
  8. gimana sih merawat ular agar ular itu nurut ama kita soalnya aku juga punya ular jenis ular sawa tetapi ular ini selalu ingin menggigit siapa saja.

    Posted by eksaudi | 27 February 2008, 8:47 am
  9. mas,boleh doong tunjukin foto angel’nya..
    aku penghobi ular juga…

    Posted by anam | 31 March 2008, 11:39 am
  10. Silakan anda lihat foto si Angel di artikel saya yang membahas tentang Python Reticulatus pada “tag” ULAR.

    Posted by mertanus | 1 April 2008, 11:34 am
  11. saya punya sanca kembang usia 2 bulan
    dikasih makan tikus putih malah takut ularnya
    gimana biar ularnya mau makan?
    saya pemula memelihara ular.

    Posted by sun-d | 2 June 2008, 8:08 pm
  12. Saya punya sanca kembang umurnya baru 3 bulan.Kalo masih muda segitu kalo sering dipegang bisa mati tidak?

    Posted by Meidy | 30 June 2008, 5:15 pm
  13. KK aku punya ular retics pagi dan siang dia kerjanya tidur melulu giliran malam dia sering pengen keluar.Apa dia hewan malam atau dia sakit? kalau sakit solusinya apa???
    Thanks……….

    Posted by Dita | 2 July 2008, 8:15 am
  14. Ular jangan terlalu sering dipegang.

    Ular retic memang tergolong hewan malam.

    Posted by mertanus | 2 July 2008, 6:47 pm
  15. Pak saya ada ular sanca kembang posisi di hutan di daerah jombang dan sampai sekarang belum ada yang berani mengambilnya.
    Besar kepalanya sekitara sebesar helm standart dan melingkar sampai 3 lingkaran.
    Kalau bapak berminat saya bisa menunjukkan tempatnya.
    Bapak bisa email saya di
    fannyde@gmail.com
    Terimakasih

    Posted by fanny | 23 August 2008, 1:24 pm
  16. wao….asiknih….boleh ta gak tmpatnya….

    Posted by hasni | 28 April 2009, 7:17 am
  17. hallo
    blh gbng kan???
    aq bru pnya ular
    aq g tw jenisnya
    pa jatmiko msh ada ularnya tak
    aq mw tuh
    buat nemenin si vigo
    bisa hub kesini
    08179039737
    hanz.taufiq@gmail.com
    tq

    Posted by taufiq | 15 June 2009, 9:18 pm
  18. pak, saya baru piara ular ni.. pemula banget.. jenisnya retick seram… pak, dia kok mlungker terus ya di terarium nya??? stress kah itu??
    trus kandangnya itu saya kasi alas koran, yang saya mau tanya, kandangnya itu harus basah ga??? tengs.. tolong dijawab ya pak

    Posted by reny lagaida | 14 July 2009, 12:14 pm
  19. ada yg mao jual sanca pantola ga ya?? kalo ada tolong di kabari lewat email gw yee.. dian_190506@yahoo.co.id tnx

    Posted by Dian Alamanda | 24 August 2009, 9:48 pm
  20. ada yg mao jual sanca pantola ga ya?? kalo ada tolong di kabari lewat email gw yee.. dian_190506@yahoo.co.id

    Posted by Dian Alamanda | 24 August 2009, 9:52 pm
  21. aq jg punya sanca kembang,namanya sanchi,umur 3 bulan.kenapa ya dia g mau makan?dikasi mencit tetep g mau.yg ada dia malah takut.tu kenapa ya?

    Posted by iyaz | 3 October 2009, 4:07 pm
  22. aq punya retic baby,blm jinak…
    bingung aq,,,cz bru pertama pny retic

    Posted by ajeng | 25 December 2009, 2:16 pm
  23. blh gabungkah pak mer??
    aq seorang pemula,uler aq phyton retic.tp sering stresnya karna sering aku kandangin..jadi kalo mau megang tu slalu takut disamber.galak banget.dikasih makan tp ga dimakan.harus gmn ya???
    mnta masuknnya..

    Posted by zie | 13 November 2010, 12:28 am
  24. gan,….cara mencegah sama ngobatin ular yg terkena penyakit dimulutnya itu gimana yaa?? uler saya retic nih panjang -+100cm,.. baru saya kasih makan 1 tiput . oyaaa thx b4

    Posted by Hadi | 8 May 2011, 5:38 pm
  25. Mr.Budy sy mo tanya,gmn c perawatan yg baiQ bwt retic???
    wktu sy beli dipetshop kurang Lbih pnjangnya 1.3m ktnya 1bln sekali dimandiin pake air yg dicampur “kapur bagus”,ktnya c biar kulitnya 9a9 jamuran,apa bner???
    Trs kira2 mkannya prlu brp bnyak y??

    Thank’zz

    Posted by Yudhi Meisya LoveR'z | 18 June 2011, 11:40 pm
  26. aku termasuk baru untuk pemelihara sanca kembang, ularku kok sering ada kutunya kenapa? trs kalo malam dia kok hiper aktif mau, ciri dia baung air gimana?kmrn abis makan kok sekarang ada kotoran tapi kayak diare, itu kenapa?

    Posted by tendri | 30 July 2011, 11:15 pm
    • To Tendri: Ular yang baru ditangkap kadangkala ada kutu, bersihkan kutunya sengan seksama. Kalau ular memang termasuk hewan aktif di malam hari. Biasanya setelah makan beberapa hari setelahnya akan buang air kecil dan setelahnya baru akan buang air besar.

      Posted by mertanus | 2 September 2011, 10:25 pm
      • bang sy pny sanca kembang pnjang 3,5mtr susah makan dah 2bln gmn cara maenanggulanginya dan knp penyebabnya

        Posted by roki | 21 March 2012, 3:36 am
  27. saya punya baby pyton.dapat dari sungai. udah 3 minggu ga mau makan…trus gmn ya solusinya biar mau makan??

    Posted by junieta | 8 February 2012, 7:34 pm
  28. 1.ular retic dari agresif sampai jinak biasanya memerlukan waktu berapa lama ya???
    2.kalau ga ada yang jual tikus,apa ganti makananya ya?di tempat saya adanya paling-paling ayam kecil sama burung,,,
    trims,mohon pencerahan

    Posted by afif | 12 March 2012, 2:58 pm
    • untuk proses penjinakan relatif tergangtung ular dan umur ularnya, makin tua makin sulit biasanya.

      retic bisa dikasih makan burung, ayam , dan kelianci atau bisa juga marmot.

      salam,

      budy snake

      Posted by mertanus | 14 March 2012, 9:37 am
  29. sy dah yg nawarin sanca bodo pjng 3,5mtr,tp aga galak gmn cara menjinakannya

    Posted by roki | 21 March 2012, 3:38 am
  30. kak saya baru banget pelihara ular, jenisnya sanca kembang, dia makan 2 hari yang lalu tapi kok tadi pagi tak pegang kaya agak lebih agresih itu kenapa ya?

    Posted by alfi | 15 May 2012, 4:47 pm
    • mungkin kaget, pelan pelan saja….dan sebaiknbya 3 hari setelah makan baru bisa dipegang. silakan kontak ke 0857 1653 1999

      salam,

      budy snake

      Posted by mertanus | 18 May 2012, 3:58 pm
  31. Kakak baby ratic punya aku kaya ngeluarin busa gitu di mulutnya. Itu kenapa ya ? Soalnya aku baru pertama melihara uler

    Posted by Amanda | 16 July 2014, 7:39 am

Leave a Reply

