//
you're reading...
Curah Hati

Salah Tulis Nama Orang

Saya seringkali kesal dengan orang yang salah menuliskan nama saya. Seringkali saya tidak habis pikir dengan mereka, kok menyalin saja bisa salah dan seringkali salah. Salah satu contoh ketika ada seorang SPG sebuah merek rokok yang meminjam KTP saya untuk mengisi formulir. Saya menolak untuk memberi tandatangan karena saya melihat nama saya ditulis salah, ditulis Martinus Budi H padahal seharusnya Mertanus Budy H. Menurut saya kesalahan penulisan itu sangat parah dan seringkali terjadi dalam penulisan tanda pengenal, sertifikat atau piagam penghargaan yang saya terima.

Hal itu seringkali terjadi dan yang melakukan kesalahan itu sepertinya sama sekali tidak menganggap penting hal ini. Padahal menurut saya penulisan nama orang itu sangat penting dan harus benar. Nama adalah sebuah identitas yang telah dibuat atau dipilih dengan sungguh-sunggu oleh orang tua kita. Bahkan tidak jarang orang tua memilihkan nama anaknya dengan makna tertentu dan dengan tujuan baik. Sangatlah tidak tepat apabila sebuah nama indah yang telah dibuat oleh orang tua lalu diubah-ubah secara sembarangan.

Pentingnya sebuah nama sebagai identitas juga berlaku terutama pada tanda pengenal seperti di KTP, SIM dan paspor. Bisa dibayangkan apabila terjadi kesalahan penulisan nama pada tiket pesawat (terutama penerbangan internasional), maka sang penumpang akan ditolak oleh pihak maskapai penerbangan karena namanya tidak sesuai dengan yang di paspor. Memang kelihatannya sepele, tapi itulah pentingnya sebuah nama sebagai identitas. Memang terkadang kita ini terbiasa untuk meremehkan hal detil atau hal kecil, padahal sesuatu yang besar itu bermula dari yang kecil bukan?

Pandangan saya berbeda dengan Shakespeare yang mengatakan “apalah arti sebuah nama”, bagi saya nama mengandung arti yang mendalam dan tidak bisa sembarangan diubah atau salah dalam penulisannya.

Khususnya bagi anda yang memiliki nama yang sedikit berbeda dan tidak umum maka dalam penulisannya yang sering keliru.
Apakah anda pernah mengalaminya?

By: Budy Snake
Social Observer

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

4 thoughts on “Salah Tulis Nama Orang

  1. I’ve wrote the same topic, you can see here

    Posted by tedytirta | 17 October 2007, 12:36 pm
  2. Yes, I was read that article Sir.

    Posted by mertanus | 17 October 2007, 1:03 pm
  3. iya.. sering banget… org2 d sini pasti nya tulis nama gw Lydia… kebalik terus… ato sering jg lidia… benar2 -.-“

    Posted by lidya | 20 October 2007, 10:27 am
  4. Memang nama Lydia itu termasuk yang sensitif, artinya kemungkinan besar orang akan salah menulis nama anda🙂 Memang menyebalkan sih kalau terjadi kesalahan. Anda juga rupanya gerah juga yah?…🙂

    Posted by mertanus | 20 October 2007, 10:26 pm

Leave a Reply

