//
you're reading...
Fotografi

Kamera Saku Digital C740i Sebagai Back-Up SLR

benq-c740i-zoom.jpg

Belakangan saya berpikir untuk membeli kamera saku digital sebagai back-up kamera SLR dan bisa saya gunakan sehari-hari kemana pun saya pergi. Dasar pemikiran saya adalah ada saatnya saya tidak memungkinkan bawa SLR dan terkadang kalau tidak bawa kamera ada beberapa kejadian yang layak untuk diabadikan. Tidak seperti SLR yang besar dan memakan tempat, kamera saku digital sangat mudah untuk dibawa-bawa. Oleh karena itu saya memutuskan untuk mulai mencari kamera saku digital yang cukup baik untuk saya pribadi dan sesuai dana yang telah saya anggarkan.

Sudah seminggu saya mencoba untuk membandingkan spesifikasi teknis beberapa jenis pocket camera atau kamera saku, hal ini membuat saya bingung. Namun akhirnya hari ini saya memutuskan untuk memilih jenis BenQ C740i.
Adapun hal yang saya pertimbangkan adalah spesifikasi, merek, dan harga. Saat itu ada dua merek yang saya perbandingkan, yaitu antara Casio Exilim Z75 dan Nikon L11.

Saya memilih Casio karena model yang simpel, kecil dan sangat menarik. Namun yang membuat saya ragu adalah bagaimana dengan kualitas lensa? Karena lensa berpengaruh besar terhadap kualitas gambar. Selain itu yang membuat saya berpikir ulang adalah karena baterainya adalah jenis rechargeable bukan jenis AA. Sedangkan saya ingin kamera dengan baterai jenis AA. Sesuai dengan fungsinya yaitu kamera ini akan saya gunakan sebagai back-up dan keperluan sehari-hari maka pemilihan jenis baterai sangat saya perhitungkan. Dengan pemilihan baterai jenis AA maka sangat mudah mendapat cadangannya di toko-toko biasa apabila dalam keadaan darurat.

Alasan pemilihan Nikon adalah kualitas lensa yang tidak perlu diragukan lagi, bahkan pada tipe L12 ada VR (image stabilization) dan jenis baterai yang digunakan jenis AA. Namun tetap ada saja yang membuat saya berpikir ulang yaitu modelnya yang kurang pas di hati:)

Ada satu hal penting yang membuat saya ragu untuk memilih keduanya yaitu pada kedua kamera saku tersebut tidak ada menu manual. Manual artinya kita bisa atur sendiri besar bukaan diafragma dan dalam mengatur kecepatan rana yang kita inginkan. Sedangkan kamera saku yang memiliki mode manual rata-rata harganya relatif mahal dan di luar batas dana saya.

Dalam keraguan tersebut sempat terlintas dalam pikiran saya untuk tetap memilih Nikon L11 dan menghubungi seorang rekan saya untuk memesan kamera tersebut. Ternyata sesuai dengan peribahasa “pucuk dicinta ulam pun tiba”, rekan saya tersebut malah menawarkan merek BenQ yang secara spesifikasi sesuai dengan yang saya inginkan, kualitas lensa bagus (lensa Pentax), menggunakan baterai jenis AA, dan ada menu manual!

Itulah akhir cerita mengapa saya memutuskan memilih BenQ C740i. Kesan awal tampilan kamera saku ini simpel dan menarik. Hasil uji coba akan saya ceritakan beberapa hari lagi… Tes dulu ah…

Update: Saya sudah posting tentang review kamera saku BenQ 740i di sini.

By: Budy Snake

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

13 thoughts on “Kamera Saku Digital C740i Sebagai Back-Up SLR

  1. wah bakalnya Anda sering upload foto ke blog nih😀
    ditunggu hasil foto2nya Pak

    Posted by tedytirta | 29 October 2007, 11:32 am
  2. Halo Pak Tedy…
    Kemungkinan besar seperti itu pak… Paling tidak kemana pun saya pergi tidak lepas gear.🙂

    Posted by mertanus | 29 October 2007, 12:30 pm
  3. halo mas…saya nemu blog ini dr SE…kebetulan saya lagi cari review kamera BenQ C740i ini…jadi menurut mas mertanus gmana hasilnya?bandel ga mas sebagai kamera saku?…
    mohon kl bisa balasnya ke email aj ya?

    Posted by ekowanz | 29 December 2007, 1:26 am
  4. To Ekowanz: Saya sudah kirim review singkat ke email anda kan?
    Oh ya, buat yang lain, saya mau berbagai sedikit. menurut saya kamera saku ini OK, bisa setting manual juga, lensa juga OK (dari Pentax). fasilitas juga OK, ada voice recording, video recording. Bentuk OK juga…

    Posted by mertanus | 17 February 2008, 6:58 pm
  5. salam dr makassar
    br kemarin sy beli kamera dgn type ini
    mohon bantuannya donk
    apa kelebihan n kekurangannya
    makasih banyak sebelumnya

    Posted by marto | 24 March 2008, 7:05 pm
  6. boleh taw harga kamera C740i ?

    Posted by helga | 15 August 2008, 12:01 am
  7. Sekitar 1 Jutaan…

    Posted by mertanus | 15 August 2008, 4:23 pm
  8. boleh minta contoh hasil jepretnya? pnasaran neh… posting yaa..

    Posted by kamerasecond | 13 June 2009, 11:46 pm
  9. Siang bos.. Rencana ane mo beli kamera benQ ni bwt motoin dagangan jam tangan ane. Kira2 hasilnya bisa bagus gak ya bos (bisa keliatan detail nya gt) mhon pencerahannya.
    Kalo bs by email aja bos.
    Makasih sbesar2 nya.m
    Sukses selalu bwt bos..

    Posted by agunx | 10 October 2010, 2:55 pm

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Review Kamera Saku Digital BenQ C740i « Blog Punya Mertanus - Budy Snake - 18 February 2008

  2. Pingback: Kantongin » Review Kamera Saku Digital BenQ C740i - 22 April 2008

Leave a Reply

