//
you're reading...
Makanan

Sate Ayam Umar di Jakarta Barat

Sate ayam merupakan salah satu makanan favorit saya. Dulu ketika awal-awal kuliah di Jakarta, saya seringkali beli sate ayam di depan Apotik Tomang di Jl. Tomang Raya, Jakarta Barat. Kurang lebih 4 tahun saya menjadikan tempat itu sebagai tempat makan sate ayam favorit saya.

Namun pada awal tahun 2006 saya diberitahu oleh seorang saudara saya untuk mencoba Sate Ayam Umar. Nama pedagangnya Umar, beliau menjual sate ayam Madura, walau beliau berasal dari Malang alias Arema (Arek Malang). Kesan pertama ketika saya mencoba sate ayam Umar adalah enak dan dagingnya segar. Saya katakan segar karena tidak sedikit pedagang sate ayam yang sudah menyimpan dagingnya di kulkas sebelum dijual. Bumbu juga OK dan satu hal, beliau tidak pelit bumbu.

Selain satenya yang enak, kepribadian beliau juga ramah dan apa adanya, kalau kita minta daging polos, maka akan diberikan daging polos. Pokoknya beliau akan berikan sesuai keinginan kita tanpa ada unsur curang dengan menyisipkan misalnya kulit atau lemak.

Bagi pencinta makanan sate ayam, saya rekomendasikan anda untuk mencobanya. Namun ada satu hal yang mungkin agak merepotkan yaitu Bang Umar sendiri menjual satenya dengan gerobak dan berkeliling (tidak menetap). Walau begitu saya akan coba beri gambaran sedikit mengenai rutenya. Mulai jam 6 sore – 8 malam beliau berada di seputaran Jl. Mandala. Setelah itu beliau akan menuju ke wilayah Jl. Gelong Baru Barat sekitar pukul 20.30. Saya sarankan apabila ada yang ingin mencoba untuk langsung ke wilayah Jl. Gelong Baru Barat (Tomang) di atas pukul 20.30 sampai 22:30. Setelah sampai komplek Gelong Baru Barat, bisa ditanyakan ke petugas keamanan komplek apakah Sate Umar sudah masuk atau belum.

Tulisan ini terinspirasi ketika saya makan sate ayam Bang Umar malam tadi. Bagi yang ingin mencoba silakan.
Selamat Mencoba!

By: Budy Snake

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

2 thoughts on “Sate Ayam Umar di Jakarta Barat

  1. satu lagi yang bikin sate Umar enak….sambalnya itu loh puedessss banget. Rasanya seperti bukan makan sate Umar kalau tidak pedas.

    Posted by tedytirta | 18 January 2008, 5:58 am
  2. Wah anda penggemar sate ayam juga ya. Betul sekali, bagi yang suka pedas, bisa pesan dengan tambahan sambal yang banyak. Buat saya satu sendok saja sudah pedas🙂

    Posted by mertanus | 18 January 2008, 12:17 pm

Leave a Reply

