//
you're reading...
Curah Pikiran

Falsafah Jawa Untuk Mencari Pasangan Hidup

Pernahkan anda mendengar istilah Babad, Bebet, Bibit, Bobot, dan Bubut sebagai pedoman dalam mencari pasangan hidup? Bisa saya duga bahwa anda sering mendegarnya namun masih ada beberapa dari anda yang belum paham tentang arti masing-masing dari kata tersebut.

Bagi yang belum memahaminya, saya akan berbagi untuk anda:

• Babad : Artinya riwayat hidup dari calon pasangan kita.

• Bebet : Artinya kepandaian dari calon pasangan kita.

• Bibit : Artinya keturunan dari siapa calon pasangan kita.

• Bobot : Artinya kemampuan dari calon pasangan kita.

• Bubut : Artinya pergaulan dari calon pasangan kita.

Dari lima hal tersebut bisa dijadikan pedoman umum dalam kita menentukan calon pasangan hidup kita. Lima hal tersebut adalah salah satu pedoman turun temurun tradisi dari para leluhur terutama di Jawa dan saya kira di daerah lain pun demikian.

Semoga membantu terutama yang selama ini penasaran.

By: Budy Snake

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

4 thoughts on “Falsafah Jawa Untuk Mencari Pasangan Hidup

  1. menurut Anda mana yang paling penting dari kelimanya? kalau harus mengurutkan, bagaimana urut-urutan kelimanya dalam skala kepentingannya? apa ada batas minimal jumlah “b” yang harus dilengkapi? atau semuanya benar-benar harus komplet?

    Posted by tedytirta | 21 January 2008, 7:32 am
  2. Menurut saya semuanya itu penting. Tapi paling tidak bebet, bibit, dan bobotnya harus diketahui awal kali kita mengenalnya. Baru setelah itu kita perlu tahu babad dan bubutnya…Setelah itu semua tentunya kembali ke pribadi masing-masing untuk menentukan.

    Posted by mertanus | 21 January 2008, 4:56 pm
  3. hem klo bagi egy sih pilih yg :
    1. babad
    2. bebet
    itu paling penting banget dlm memilih calon/pasangan hidup.
    its doesn’t metter where you go in life….
    what you do….or how much you have….
    its who you have beside you.

    hem sekarang yg pergaulan pula/bubut,kita klo ada pasangan tuh harus ada comitment jadi klo jelas mana perbuatan dlm bergaul ngga bener ya di jauhkan
    klo yg pergaulan wajar dan tidak merugikan yah di teruskan,siapa tau bisa gabung yg namanya:
    bobot /kemampuan dlm berbisnis hehehe…pokokna yg menguntungkan tapi harus didasari dng KEAGAMAAN penting banget bisa memperkuat+memperkukuh keimanan dan ketaqwaan,insya allah….aman,harmonis,sakinah alah semuanya deh….
    good luck aja buat orang2 yg sukses.

    Posted by waweng | 26 January 2008, 12:47 am

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Mencari Pasangan Hidup « learn the world - 5 February 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: