//
you're reading...
Curah Pikiran

Manajemen Pentil

Manajemen pentil, itulah istilah yang saya dengar dari rekan saya. Apa itu manajemen pentil? Manajemen yang saling menekan terus menerus dari level atas hingga ke bawah, sehingga yang paling bawah tersebut menahan beban yang paling berat.

Pentil itu kan kalau orang Jawa bilang “wujude cilik mungil tapi nahan beban sa’mobil” yang kurang lebih artinya “bentuknya kecil sekali tetapi menahan beban berat sebesar mobil” Manajemen pentil seringkali terjadi di perusahaan-perusahaan yang sedang berkembang tetapi tidak jarang bisa terjadi di perusahaan maju. Komisaris menekan direktur, direktur menekan para manajernya, manajer pun menekan para bawahannya, dan pada akhirnya level terendah yang mendapat tekanan sangat besar.

Manajemen seperti ini tidak baik dan tidak efektif namun anehnya tetap dan sering terjadi. Bukankah akan lebih nyaman apabila bekerja dengan sistem yang baik sehingga segala sesuatunya bisa berjalan dengan baik.

Apa solusinya?

Masih menurut salah seorang rekan Bapak saya (Pak Ali-Lampung), yang baik adalah “management by heart” atau manajemen dengan hati. Ya, pasti akan sangat menyenangkan dan indah apabila kita bisa melakukan manajemen dengan hati. Hubungan antara atasan dan bawahan bukan layaknya raja dengan prajurit, tetapi seperti pasangan yang saling melengkapi dan membantu untuk mencapai suatu visi yang sama.

Apakah perusahaan anda masih menerapkan manajemen pentil? hahahaha….

By: Budy Snake

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

5 thoughts on “Manajemen Pentil

  1. “management by heart”…….wakakakakakak………..

    Posted by tedytirta | 22 November 2008, 10:54 am
  2. Lucu juga yah istilahnya…

    Posted by John | 25 November 2008, 12:52 am
  3. agak kikuk ya baca nya “Pentil”, hehehhehe sempet belum sadar sih…pas waktu baca kalimatnya sampai bawah, terus ketemu kata mobil….dongg…baru dech mudeng, kata “pentil” itu ada hubungannya sama mobil….🙂 maklum rada sliwer kalo udah malem….
    setiap kita seharusnya, in my opinion harus melakukan apapun juga dengan hatinya, terutama hati nurani nya. hati nurani berbicara mengenai prinsip yang harus dijadikan landasan utama seseorang melakukan sesuatu. kita sudah melihat dan mengalami yang sama bukan pak budy?! jadinya TST dech….GBU….

    Posted by liana carolin | 26 November 2008, 8:41 pm
  4. hmm…apapun jika seseorang jalanin nya pakai hati nurani pasti oke, ga selalu mulus tapi at least berjalan di track yang benar

    Posted by LC | 26 November 2008, 9:00 pm
  5. kirain pentil(=payudara-jawa) wah ngeres……..

    Posted by baskoro | 4 January 2009, 8:42 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: