//
you're reading...
Curah Hati

Perkawinan Antara Orang Sunda dan Orang Solo

Belum lama ini saya mengobrol dengan teman saya yang menceritakan tentang kisah perkawinan sahabatnya. Yang diceritakan adalah tertundanya perkawinan sahabatnya tersebut karena beda budaya. Budaya mereka itu berbeda yaitu Sunda dan Solo. Karena perbedaan tersebut mereka hingga saat ini belum melangsungkan perkawinan karena tidak mendapat restu dari kedua belah pihak keluarga.

Masih menurut sahabat teman saya tersebut katanya memang ada tradisi turun temurun yang menabukan perkawinan antara orang Sunda dan Solo. Hal ini yang menggelitik pikiran saya. Apakah hal itu memang betul? Mungkin ada rekan pembaca blog saya ini yang dapat memberikan pencerahan dan pendapat? Silakan…

By: Budy Snake

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

3 thoughts on “Perkawinan Antara Orang Sunda dan Orang Solo

  1. mungkin masih ada hubungannya dengan cerita jaman Majapahit. Waktu Majapahit menguasai Nusantara, hanya kerajaan Sunda Galuh yang tidak mau tunduk. Patih Gajah Mada makin geram apalagi saat Hayam Wuruk jatuh cinta dengan putri raja Sunda Galuh, Pitaloka namanya. Saat rombongan dari Sunda Galuh merapat ke Majapahit (untuk melangsungkan pernikahan Pitaloka & Hayam Wuruk), Gajah Mada malah menantang mereka semua. Terjadilah perang besar di lapangan Bubat, yang jadi terkenal dengan nama Perang Bubat. Di perang itu semua orang Sunda Galuh yang datang tewas, termasuk raja & putri Pitaloka itu. Nah katanya Sunda Galuh jadi benci setengah mati dengan orang-orang Majapahit.

    hmmm ga tau apa ada hubungannya larangan kawin, kalau dihubung-hubungkan mungkin ada sih Sunda vs. Jawa gitu kali ya..eh tapi Majapahit kan di Jawa Timur?

    Ah teuing ah….

    Posted by tedytirta | 2 August 2009, 4:20 am
  2. benar, saya orang solo istri saya sunda… nikah sejak tahun 2000… menjalani pernikahan dangan berat dan sakit hati sejak awal pernikahan… karena sikap keluarga sunda… memang benar pameo bahwa anak perempuan bagi keluarga sunda adalah aset bagi mereka… pernikahan ini kan saya akhiri… mohon bagi yg belum terlanjur silahkan berfikir ulang…

    Posted by samin soerosentiko | 21 December 2012, 1:32 am
  3. bagi yang ingin share atau berbagi dengan pernikahan antara dua suku ini silahkan melalui email ke: kirimkan.kesini@gmail.com… saya mengalami pernikahan selama 10 tahun dengan penuh konflik

    Posted by samin soerosentiko | 21 December 2012, 1:35 am

Leave a Reply

