//
you're reading...
Curah Pikiran

Kembalian Belanja di Alfamart Berupa PERMEN?

logo-alfamart-smallSebenarnya topik ini sudah sering dibahas di koran-koran atau media lain. Tetapi kali ini saya tergelitik untuk mengangkat masalah ini di blog. Kejadiannya tadi sore di Alfamart Tol Cikampek Km 35. Saya membeli Pocari Sweat dan Minute Maid – Pulpy Orange total pembelian Rp 8.900,00 dan saya membayar dengan uang nominal Rp 100.000,00

Seharusnya kembaliannya adalah Rp 91.100,00 namun saya hanya diberi Rp 91.000,00 ditambah satu butir permen. Hal ini sudah beberapa kali terjadi  di beberapa tempat lain seperti Alfamart, sehingga saya pun sudah biasa. Namun tadi sore saya tiba-tiba menjadi kritis dan ingin sekali menulis di blog.

yang menjadi pemikiran saya adalah:

*Apakah betul harga satu butir permen tersebut Rp 100,00?

*Bagaimana kalau saya tidak mau menerima kembalian berupa permen?

*Apakah ini melanggar undang-undang?

*Apakah memang peredaran uang receh sudah sangat langka?

*Apakah ini merupakan strategi dari kasir untuk mendapat keuntungan pribadi?

Bagaimana menurut anda? Apakah anda juga sering mengalaminya? Lalu menurut anda bagaimana menanggapi masalah seperti ini?

Untuk manajemen Alfamart, dengan tag lines “Belanja Puas, Harga Pas” Apakah hal ini pernah dicarikan solusinya? Karena ini merugikan konsumen loh…

By: Budy Snake

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

16 thoughts on “Kembalian Belanja di Alfamart Berupa PERMEN?

  1. bener bgt tuh…

    kya’y manajemen alfamart ato sejenis’y sudah tw ttg hal ini, tp di biarkan saja.
    mungkin karena masyarakat kita tdk trlalu peduli dengan uang kembalian tsb. saran saya buat manajemen alfa, tolong di rubah ttg ini. kembalian kan hak konsumen!

    Posted by blue | 24 March 2009, 3:20 pm
  2. Kalo masalah diatas mah sudah sering kita alami di hampir semua dept store, gak cuman alfamart kayaknya. Tapi, kalo harus dibebankan ke kasir, sepertinya kurang bijak. Setahu saya kasir di alfamart tuh kerjaanya berat banget man, dan NBH-nya itu, gila bener..jadi manajemen sat harus lebih tanggap nih sama keluhan konsumen, jangan crew di toko aja yg harus kena getahnya tiap hari…

    Posted by NBH Boy | 11 April 2009, 12:47 pm
    • Maksud saya bukan berarti itu dibebankan pada kru (kasir) tetapi harus dicarikan solusi yang terbaik. Misalnya yang diberlakukan di Superindo Roxy Square (mungkin di Superindo lain juga) yaitu dengan memberikan pilihan pembulatan ke atas untuk sumbangan. Itu ide yang baik kan?…

      Posted by mertanus | 22 April 2009, 1:49 pm
    • ples doNK,G DA TOpik laen apa.memding dksiH Prmen kn,lagian kasir jg pSTi bilang maAF pk,bu,kamblian ny dgnti pERmen,

      Posted by adien | 24 August 2009, 12:44 am
  3. menurut saya permasalahan ini sudah biasa saja bagi saya karena saya akui bahwa saya juga sangat teramat sering mengalami hal ini ? saya bekerja di daerah parung dengan domisili saya di daerah ciputat sepulang kerja saya selalu mampir ke toko retail baik alfamart indomaret dan yang lainnya. selalu kembalian kelipata Rp. 100 terkadang ditukar dengan permen yang hanya 1 butir saja namun bagi saya hal ini bukan suatu permasalahan yang besar disamping saya perokok ya lumayan lah permen untuk sedikit menghilangkan bau rokok. namun perlu di tanggapi serius mengenai hal ini apakah benar uang koin sekarang sangat sulit untuk didapatkan apalagi dengan sekelas alfamart ataupun retail yang lainnya. Ya saya cuma bisa mengikhlaskan uang saya yang hanya Rp. 100 dengan niat baik tanpa mempersulit kasir atau pihak manapun

    Posted by muis | 19 May 2009, 1:39 am
  4. aduh nih yg nulis blog aneh…kenapa permen jadi masalah kenapa ga protes sama yng cetak recehan om….sekarang gini om / mba…..kalo ga ada recehan 100 rupiah mo di pulangin 500 ya….. nah om / mba tau ga yang bayar 400 siapa itu dari kantong kasir itu sendiri om mba…. (nilai cetak uang receh sama nominal nya ) itu ga sebanding om……. cape dech….~_~”

    Posted by Mr Jack | 27 June 2009, 7:44 pm
  5. DAri pihak Alfamart sudah berusaha menyediakan kembalian berupa uang receh sampai nilai Rp.50,-. TApi karena terbatasnya uang receh maka diganti dengan permen yang nilainya kurang lebih hampir sama…
    jika kembalian 400, dibulatkan ke 500
    Tapi jika kembalian 100-300 baru dikembalikan dengan permen. Bukan maksud untuk mengambil keuantungan, tapi memang uang receh yang sulit dicari….

    Posted by Dimas Yoga P | 15 August 2009, 10:52 am
  6. menurut saya si wajar aja,toh skr cari uan receh kan susah,…apalagi cm Rp 100,00….pengemis aja dikasih segitu juga dah g mau….kasihan juga kan kasirny… klo Rp 100,00 dikantong bisa ilang, lo permen kan bisa langsung makan…sama2 memaklumilah….

    Posted by ani | 19 October 2009, 6:51 pm
  7. bukan masalah Rp.100,00 nya tapi ini masalah hak konsumen.. emang klo cma 1 konsumen klihatan kecil tapi cba bayangin dikaliin 1000 dah berapa tu…?/
    dan biasanya dikasih permen yang pling murah dan harganya ga sebanding. 1 butir permen kira2 klo di hitung Rp.50,00.

    Posted by zebra | 1 November 2009, 3:35 pm
  8. skrang di alfamart cabng lampung,,sudah semaksimal mungkin mnydiakan receh dari pihak Distribution Center (DC) u/ stok receh di toko,,dan anak toko pun siap mencari receh lok khabisn ,,namun mmang agk sulit cari receh,,dan tlng jgn mgtakan kasir mncari keuntungan,,pernah gak di alfa kmbalian 300 or 400 di struk jdi 500 dlm bntuk fisik,??apa itu cari untung,,?maaf bila ada kata yang tidak enak dibaca

    Posted by ipunk | 29 November 2009, 11:55 am
    • To Ipunk: Terima kasih telah menyempatkan waktu memberi komentar. Saya pikir apa yg dilakukan Alfamart cabang Lampung perlu dihargai, walaupun sulit tetapi tetap menyediakan semaksimal mungkin. Ya, biar bagaimanapun itu adalah hak konsumen. Dan majunya Alfamart karena konsumen yang setia.🙂

      Posted by mertanus | 8 December 2009, 10:49 am
  9. apa sih arti receh 100-400 perak buat kalian yang bisa belanja hingga berkantung” ?
    memang seperti ga etis, uang kita ditukar permen, tapi coba dipikir emank cari receh kecil seperti itu gampang ?
    mereka bukan tidak sama sekali mempersiapkan receh, tapi memang cari receh itu sulit.
    dengan mereka menukar kembalian anda dengan permen ga bakal biqin si kasir langsung kaya kan ?
    yang jualan permen bukan kasirnya, permen itu juga dari alfa itu sendiri.
    itu semua balik lagi ke perusahaan mart2 tsb.. tapi kalau hasil setoran kasir kurang.. kasir harus nombok.
    apa susahnya sih mempermudah pekerjaan mereka ?
    kalau anda ingin gampank selalu bawa receh yang cukup di dompet anda

    Posted by addy | 27 July 2012, 2:04 am
  10. ini ajah pihak marketing klw kasih harga jangan pakai buntut recehan
    mis:9100 di bikin 9000 ajah

    Posted by uchie | 17 November 2012, 12:24 pm
  11. kembaLi100-400 atw d ganti permen, sm skaLi tdk menguntungkan bagi kasir, yang saya tau maLah kasir sLaLu nombok.
    KembaLian 100-200 d ganti permen,
    Yg 300-400 d buLetin jd 500..
    Mskipun ada uag Lebih dr hsiL kembaLian pembuLatan itu gak prnah Lbih dr Rp.2.000,-. Di saat setoran perkasir, sering nya kasir yg nombok.
    Hrga permen skrng gak ad yg 1 butir Rp 100,-
    Makanya bagi anda yg suka beLanja d mart, kaLo ga mau rugi sm uang Cepe anda, siapin Cepean sbLm beLanja.

    Posted by yopi | 27 April 2014, 11:38 pm
  12. Sekarang sudah ada donasi… sering sekali sya antri dan di depn saya kbnykn klw saya perhatikn bnyk bngt… yg nanya… d sumbangin kmn??? Saya dnger dr kasirny untuk pembangunan jembatan mbak. Jembatn dmn?? D plosok desa mba. Sperti d NTT… yng ngadain siapa.. alfamart mbak.. kita ada organisasi jg… trus konsumen bilng.. owh.. nggk usah mbak kembaliin aj.. ya ampun.. cuma 100 perak. Doank nggk bkal miskin kelesss… mkny mas. Jd org itu brfikrn fositive ajj.. subangin ajj.. itung2.. tabungan buat d akherat… org2 berduit.. pd susah untuk nyubang… org2 miskin.. yg kbnykn bilng iya.. gpp donasikn saja…

    Posted by Umi Kulsum Imuetz | 6 September 2014, 6:28 pm
  13. Mf. Om sekedar memberi tau. Ja
    Bukannya seblm anda diKash permen saudra sdah dikasih tau dan minta mf tp ngp tetp dibhas ya mslh kec gni ,

    Posted by maulana | 21 May 2015, 12:08 am

Leave a Reply

