//
you're reading...
Curah Hati

Dr. Fish Spa Theraphy di Bandung

JAPAN/

Bulan Desember 2008 saya berkunjung ke Singapura dan salah satu tempat yang saya kunjungi adalah Singapore Zoo dan Safari Night yang letaknya berdampingan. Cerita tentang kedua lokasi tersebut akan saya ceritakan di lain tulisan. Kali ini saya ingin bercerita tentang Fish Spa yang ada di area Night Safari.

Saat itu saya mencoba 15 menit Fish Spa. Mencoba karena rasa penasaran saja sih sebenarnya. Sebelumnya saya pernah mendengar liputannya di televisi dalam suatu acara. Ketika saya mencoba pertama kali yang terasa adalah rasa geli yang luar biasa, sangat geli hingga keringat keluar dari tubuh saya akibat menahan geli.

Namun rasa geli hebat tersebut hanya berlangsung 2 menit pertama saja, setelah itu hanya rasa seperti kesemutan. Rasa kesemutan itu sebenarnya adalah efek dari ikan-ikan kecil yang berkeumpul di sekitar kaki dan memakan sel-sel kulit mati dari kulit.

Ikan tersebut bernama Ikan Garra Rufa berasal dari Turki di sebuah kota kecil dekat Kangal sehingga ada pula yang menyebut Kangal Fish. Para ahli menyebut ikan tersebut Doctor Fish karena kemampuannya yang unik serta dapat menyembuhkan.

Menurut saya dalam hal ini bisa dikatakan simbiosis mutualisme antara manusia dengan ikan. Artinya keduanya memiliki saling membutuhkan dan menguntungkan. Ikan Garra Rufa membutuhkan sel-sel kulit mati manusia sebagai makanannya dan manusia memerlukan ikan tersebut untuk mempercantik kulit dan merangsang sistem saraf tubuh.

Menurut beberapa sumber yang saya dapat mengatakan bahwa Doctor Fish telah sukses di beberapa negara seperti Jepang, Malaysia, Singapura, dan Taiwan.

Manfaat yang didapat apabila menjalani terapi ini adalah:

1. Menggantikan sel-sel kulit mati karena dimakan oleh ikan.

2. Memperlancar peredaran darah karena rangsangan pada saraf-saraf kaki.

3. Merangsang sistem saraf agar lebih rileks.

4. Merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Dan berita baiknya adalah Doctor Fish telah hadir di Kota Bandung.

Lokasinya di Mal Paris Van Java alias PVJ, Jl. Sukajadi – Bandung,

Lantai UG-10 (di seberang Restoran Quali)

Buat yang belum coba, silakan coba deh, terlepas dari manfaat di atas itu benar atau tidak tetapi menurut saya ini layak dicoba.

By: Budy Snake

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

4 thoughts on “Dr. Fish Spa Theraphy di Bandung

  1. sampurasuunnn
    nepangkeun abdi gan ridwan dari bandoeng.
    ingin dan tertarik untuk mensondingkan spa anda. di web kami…..
    mohon ijin…
    terima kasih

    Posted by gan ridwan | 25 March 2009, 10:32 am
  2. selamat siang pak Budi, itu foto nya keren sekali , apakah bapak yang menggambil sendiri foto nya ? Btw ada ym or msn saya berminat menggunakan foto tsb dengan seijin bapak

    Posted by donny hartanto | 5 April 2009, 5:10 pm
  3. Oh itu bukan foto saya Pak. Silakan saja gunakan foto tersebut, karena saya pun tidak tahu siapa fotografernya🙂

    Posted by mertanus | 5 April 2009, 8:52 pm

Leave a Reply

