//
you're reading...
Makanan

Nasi Jamblang Mang DUL Naik Kelas

Selama beberapa minggu kemarin saya dua kali menikmati Nasi Jamblang. Apa itu Nasi Jamblang? Mungkin saja ada yang belum tahu, walaupun itu sudah dikenal di kalangan pencinta wisata kuliner. Bagi yang belum tahu, Nasi Jamblang adalah makanan khas Cirebon dengan aneka lauk pauk. Penyajiannya yang unik yaitu dengan dibungkus daun Jati. Nasi dibungkus per porsi dengan menggunakan daun Jati, sehingga ketika dinikmati akan mengengeluarkan aroma yang khas.

Daun tersebut juga berfungsi sebagai piring. Walaupun di era sekarang tetap menggunakan piring untuk bagian bawahnya, yang semata-mata untuk mempermudah dalam menikamati makanannya. Biasanya pelayanannya adalah swalayan, pengunjung dipersilakan memilih sendiri aneka menunya dan bayar di kasir sesudah makan.

Sudah lama sekali saya tidak menikmati Nasi Jamblang Mal Dul  ini, baru kemarin ini saya menikmati kembali setelah kurang lebih 2 tahun saya tidak menikmatinya. Namun kemarin ini saya baru mengamati bahwa ada yang berubah dari Nasi Jamblang dari penampilan dan dari sisi pengunjung.

Berbeda dengan masa ketika saya duduk di bangku sekolah dasar lebih kurang 15 tahun lalu. Yang berbeda adalah tempatnya, yang sekarang ini jauh lebih menarik karena menyewa sebuah ruko. Dahulu Nasi Jamblang Mang Dul hanya menggunakan tenda sederhana dan tempat duduknya menggunakan bangku yang rendah memanjang tak beraturan. Ketika itu lokasinya masih di seberang jalan dari lokasi sekarang, saat ini tempatnya telah menjadi pusat perbelanjaan Grage Mal.

Selain tempat yang lebih bagus, ada hal yang saya kritisi, yaitu pengunjungnya. Dahulu Nasi Jamblang terkenal dengan “murah” nya. Namun sekarang menurut saya sudah tidak bisa dibilang murah lagi. Tentunya hal ini berimbas pada pengunjungnya. Kalangan yang datang untuk menikmatinya sudah berbeda, bisa dibilang kalangan menengah ke atas. Dua kali saya berkunjung ke Nasi Jamblang Mang Dul itulah yang membuat saya menyimpulkan demikian.

Nasi Jamblang sekarang sudah naik kelas, kurang lebih itulah saya menyebutnya. Untuk rasa sih tidak ada yang berubah menurut saya, masih tetap OK. Buat yang belum coba ya harus coba kalau ke Cirebon. Alamatnya di Jl. Cipto Mangunkusumo , seberang Grage Mal – dekat perempatan Jl. Kartini (sejajar dengan Bank BCA Cipto)

Selamat mencoba!

By: Budy Snake

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

One thought on “Nasi Jamblang Mang DUL Naik Kelas

  1. Naik kelas? Kan belum bagi rapor? hahahah:)) naik kelas berapa?

    Posted by chencrb1905 | 4 May 2009, 3:50 pm

Leave a Reply

