//
you're reading...
Curah Pikiran

Pengalaman Mengikuti PRECIOUS MOMENT

Minggu lalu tanggal 16 mei 2009 saya mengikuti pelatihan di Precious Seminar. Acara diadakan di Hotel Prioritas, Cisarua-Bogor. Hotel dengan konsep bungalow ini terletak persis di seberang pertigaan Taman Safari Indoneia. Saya berangkat pukul 05.00 pagi dari Jakarta, tiba di Hotel Prioritas pukul 06.00, situasi lalu lintas sangat lancar. Setibanya di hotel saya langsung berjalan-jalan mengelilingi komplek hotel sambil memotret dengan kamera saku yang selalu saya bawa.

Hotel

Kesan saya terhadap hotel tersebut adalah hotel luas dengan konsep bungalow namun yang cukup tua kalau dilihat dari usianya. Ada kolam renang, arena bermain anak, dan taman luas yang ditanami oleh berbagai tanaman hias dan tanaman palem. Melihat ke dalam kamar, kesannya adalah bersih dan nyaman. Setiap bungalow terdapat dua kamar tidur yang masing-masing memiliki dua tempat tidur dan dilengkapi kamar mandi. Selain kamar juga di lengkapi ruang tamu yang menyatu dengan ruang TV dan ruang makan.

Acara dimulai pukul 08.00, maka pukul 07.00 panitia meminta peserta untuk makan pagi dahulu di restoran hotel. Selesai makan pagi peserta mulai berkumpul di depan ruangan yang akan digunakan selama acara seminar. Tepat pukul 08.00 seluruh peserta diminta memasuki ruangan yang telah disiapkan dengan baik.

Awal Acara

Acara dimulai dengan doa bersama dan pemaparan mengenai tata tertib dan aturan selama seminar berlangsung. Ada beberapa poin perjanjian yang wajib ditaati bersama selama acara berlangsung. Salah satu poin yang lucu dan unik adalah adanya aturan untuk tidak boleh berbicara kepada siapapun selama seminar berlangsung kecuali diminta oleh instruktur. Ini merupakan “masalah” bagi sebagian orang untuk tidak berbicara, namun inilah yang menurut saya menarik sekali dalam seminar ini. Larangan berbicara adalah salah satu masalah / rintangan sekaligus merupakan salah satu metode yang digunakan dalam pelatihan ini yang khususnya berhubungan dengan komitmen.

Seminar Precious Moment (Hari Pertama)

Seminar Precious Moment ini menggunakan metode experiental learning atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah belajar sambil praktik. Jadi dalam setiap pengajarannya selalu menggunakan pratik. salah satu contoh yang telahs aya paparkan di atas adalah ketika intruktur ingin menjelaskan tentang rintangan hidup dan komitmen maka salah satu metodenya adalah dilarang berbicara selama seminar. Tidak boleh berbicara itu kan sudah jelas merupakan masalah dan berlaku tidak hanya di ruangan seminar, tetapi dimanapun berada dan kapanpun sampai seminar dinyatakan ditutup. Hal ini erat kaitannya dengan komitmen diri sendiri dan kemampuan seseorang menghadapi rintangan.

Selain itu ada banyak poin -poin penting yang dipaparkan selama dua hari seminar. Setiap topik pembahasan selalu dengan metode praktik atau contoh-contoh di kehidupan sehari-hari sehingga mudah dipahami dan akan membekas dalam ingatan kita. Topik demi topik dibahas dan dipaparkan oleh intrustur. Waktu berjalan begitu cepat sehingga tidak terasa hari telah malam dan para peserta diminta untuk beristirahat yang cukup karena besok akan bangun pukul 04:30 untuk olah raga. Sesampainya di kamar saya menonton televisi dan membaca sehingga baru tidur pukul 24.00

Seminar Precious Moment (Hari Kedua)

Bangun pukul 04:30 dan bersiap-siap untuk olah raga pagi. Kali ini saya dapat tugas untuk memimpin olah raga pagi dan khusus untuk saya boleh berbicara🙂 Setelah selesai olah raga pagi kami semua bergegas kembali ke kamar untuk mandi, persiapan, dan check out dari kamar. Setelah selesai semua kami pun berkumpul di ruang seminar dengan membawa seluruh barang bawaan kami. Berkumpul tepat pukul 05:45 dan acara langsung dibuka. Topik hari kedua adalah membahas tentang materi baru yang memang penting dan berhubungan dengan materi awal.

Sesi setelah makan siang hingga penutupan lebih condong membahas tentang metode yang selama ini dilakukan dan penjelasan tentang maksud dan tujuan seminar tersebut diadakan. Seungguh seminar yang luar biasa! Benar-benar berbeda dengan seminar yang pernah saya ikuti selama ini. metodenya yang sangat berbeda. Kita diajarkan bagaimana bisa mengenal diri sendiri, melihat potensi diri, dan mengeluarkan potensi yang ada sehingga kita bisa menjadi manusia yang luar biasa!

Seminar ini sangat cocok untuk karyawan yang ingin mengembangkan potensi diri, atau siapapun yang ingin maju dan mengembangkan diri. Untuk calon karyawan yang ingin melanjutkan karir ke jenjang manajerial, seminar ini wajib diikuti. Konon kabarnya seminar semacam ini menjadi syarat wajib untuk menjadi manajer di perusahaan di Jepang.

Mudah-mudahan setelah mengikuti seminar ini saya jadi makin mengenal diri sendiri dan dapat terus mengelurakan potensi diri yang ada. Bagi yang belum pernah ikut saya rekomendasikan untuk mengikuti seminar semacam ini. Tidak akan rugi dan percayalah anda akan dapat manfaat yang luar biasa. Sehingga bisa menjadi manusia yang luar biasa! Karena memang menjadi manuasia yang luar biasa memang sudah menjadi HAK kita.

Sukses selalu untuk anda semua pembaca blog saya ini.

By: Budy Snake

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

One thought on “Pengalaman Mengikuti PRECIOUS MOMENT

  1. panjang amat gua bookmark dolo dah.ntar di terusin ok

    Posted by indah | 25 June 2009, 8:47 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: