//
you're reading...
Curah Hati

POCARI SWEAT Conference 2009 oleh dr. H. Zaenal Muttaqien Sofro

Hari Sabtu, tanggal 30 Juni lalu saya menghadiri POCARI SWEAT Conference 2009 di Hotel Horison – Bandung. Acara yang sudah ke-6 kali ini diadakan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang apa itu pentingnya cairan tubuh dan Pocari Sweat.

Tema acaranya adalah “Dinamika Cairan Tubuh” yang menghadirkan pembicara pakar cairan tubuh, yaitu dr. H. Zaenal Muttaqien Sofro, AIFM, Sport & Circulatory Medicine. Beliau yang juga dosen di beberapa perguruan tinggi di Yogyakarta ini berbicara lebih kurang 1 jam tentang pentingnya cairan tubuh bagi manusia. Beliau yang juga pembimbing haji ini juga banyak bercerita tentang pengalamannya selama mendampingi jamaah haji di Mekah. Gaya berbicaranya yang santai, jelas, dan diselingi humor ini membuat para peserta antusias selama acara.

Salah satu cerita yang dia bagikan kepada peserta adalah ketika mendampingi jemaah haji sering mendapati para jamaah yang mengeluh pusing dan mual. Beliau mengatakan bahwa sebagian masyarakat kita masih berpikir bahwa apabila pusing pasti perlu obat, padahal itu tidak sepenuhnya benar. Justru menurut dr. Zaenal, pusing adalah salah satu gejala dari kekurangan cairan atau dehidrasi, yang hanya memerlukan asupan minuman. Saran beliau ketika mendapati jamaah yang pusing adalah minum dan mandi, artinya diminta segera minum air putih dan mandi agar badan fit kembali.

Selain pusing dan mual ada sinyalemen lain bahwa kita kekurangan cairan tubuh yaitu warna air kencing yang berwarna kuning (kecuali sedang mengonsumsi vitamin C) Hal ini sangat mudah dilihat, sederhana, namun terkadang kita tidak memperhatikannya. Untuk itu mulai sekarang cobalah kita pantau warna air kencing kita agar kita dapat memastikan bahwa tubuh kita cukup air sehingga dehidrasi dapat dihindari.

Dalam acara tersebut juga para peserta diajak untuk membuat larutan Pocari Sweat sendiri. Setiap meja diberikan bahan-bahan, timbangan, dan alat lainnya untuk membuat Pocari Sweat. Ternyata memang semuanya ilmiah dan tidak ada bahan kimia yang membahayakan bagi tubuh manusia.

By. Budy Snake

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

2 thoughts on “POCARI SWEAT Conference 2009 oleh dr. H. Zaenal Muttaqien Sofro

  1. mana fotonya? kurang afdol postingan ga pake foto :-p

    Posted by tedytirta | 2 June 2009, 7:00 am
  2. Foto memang tidak ada karena memang saya tidak abadikan moment tersebut, hanya menjadi peserta yang baik.🙂

    Posted by mertanus | 21 June 2009, 10:50 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: