//
you're reading...
Makanan

Gudeg Djuminten, Mantap Tenan…

Kalau ke Yogyakarta itu buat saya pribadi sangat identik dengan kaos Dagadu, Bakpia, dan Gudegnya. Kunjungan saya ke Yogyakarta bulan November lalu dalam rangka undangan acara pertunjukan sulap pada acara pernikahan di Quality Hotel. Karena ada momen itu maka saya manfaatkan untuk nostalgia dengan kota Yogyakarta. Ya memang kota ini menyimpan sedikit memori tersendiri buat saya, memori saat-saat saya dulu “berpetualang” pada tahun 1998 – 1999.

Saat itu saya pun bernostalgia dengan mengelilingi daerah-daerah yang dahulu saya sambangi. Tidak lupa saya pun menyempatkan untuk membeli oleh-oleh di Kaos Dagadu di Jl. Pakuningratan, saya memborong banyak kaos dan kartu remi buatan Dagadu. Setelah itu masih di jalan yang sama saya pun mampir ke Bakpia Merlino. Sedikit berbeda dengan bakpia pada umumnya, Merlino memiliki tekstur lebih lembut dan bersih. Rasanya pun enak dan lembut sekali di mulut, namun ukuranya jauh lebih kecil dibanding bakpia Pathuk.

Setelah membeli beberapa kotak untuk oleh-oleh saya pun mampir ke Rumah Makan Guded Djuminten yang tidak jauh dari Merlino. Gudeg di sini rasanya mantap, saya memesan nasi gudeg plus telur tanpa krecek. Ya, saya memang tidak suka dengan kreceknya🙂

Harga juga relatif murah dan tempat yang representatif. Selain di sini juga ada sentra makanan gudeg yaitu di Jl. Wijilan. Nah kalau di Wijilan yang terkenal adalah Yu Djum, tetapi tempatnya kecil, lesehan, dan tidak representatif menurut saya. Maka kalau saya ke Jl. Wijilan saya lebih memilih untuk makan gudeg di Bu Lies. Namun untuk membeli di bungkus saya membeli di Yu Djum dalam bentuk kendil.

Bagi penikmat gudeg silakan mampir kalaua ke Yogyakarta, mantap tenan…

Budy Snake

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

