//
you're reading...
Hobi, Tembak Target

Menghilangkan Karat Laras Senapan

Sejak pagi tadi saya berkutat dengan senapan-senapan koleksi saya. Senapan gas Sharp UD 2 adalah yang pertama kali saya ambil. Tujuan utamanya ingin membersihkan karat halus yang sedikit berbekas di bagian laras depannya. Kali ini saya mencoba steel wool yaitu semacam sabut kelapa untuk pencuci piring namun terbuat dari baja halus. steel wool ini saya gunakan untuk membersihkan karat pada laras bagian luar yang terkena karat.

Untuk membersihkan karat pada laras selain steel wool juga perlu cairan WD 40 . Langkah pertama adalah ambil steel wool secukupnya lalu semprot dengan WD 40, setelah itu gosokkan pada bagian laras yang berkarat dengan gerakan bolak-balik atas bawah. Lakukan dengan konstan dan tekanan secukupnya sampai karat hilang.

Ini gambar steel wool:

Cara di atas selain mudah juga sangat efektif sekali. Benar-benar bisa memberikan solusi yang tepat. Saya sendiri begitu puas dengan hasilnya. Yang paling penting adalah bahan steel wool tersebut tidak merusak bagian laras lain yang tidak berkarat.

Setelah Sharp UD 2 berhasil bersih, maka senapan kedua yang saya bersihkan adalah Weihrauch HW 77 yang juga memiliki masalah yang sama yaitu karat pada bagian laras dan tuas pengokangnya. Walaupun karat halus dan tidak nampak di mata namun tetap saja mengganggu. Akhirnya itu pun berhasil dan HW 77 saya pun kembali bersih.

Wah makin semangat deh saya setelah 2 senapan bisa bersih lagi berkat steel wool dan WD 40, maka saya pun mengambil HW 30 saya dan melakukan hal yang sama yaitu pembersihan laras. Untuk HW 30 hanya ada satu titik kecil saja yang karat karena memang bisa dikatakan kondisi HW 30 saya ini 97% baru.

Tulisan ini ditujukan untuk para pecinta senapan yang memiliki masalah sama dengan saya yaitu timbulnya karat halus pada laras ataupun bodi senapan. Nah kalau sudah bersih segera dilap kering kalau perlu menggunakan tisu agar bisa bersih sempurna dan segera dioles dengan minyak senapan atau menggunakan minyak mesin jahit. Kalau saya pribadi menggunakan Clenzoil Oil untuk melumasi semua laras pada senapan koleksi saya. Bagi yang belum tahu Clenzoil Oil bisa cek di sini.

By. Budy Snake

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

5 thoughts on “Menghilangkan Karat Laras Senapan

  1. merusak browniranya apa nggak brow….?

    Posted by fa'in | 28 February 2011, 7:05 pm
  2. hm gt ya mas, nice trick, thanks mas untuk ilmunya..

    Posted by Dani Pratama | 19 June 2011, 5:35 am
  3. ada yang punya klep buat fwb 300s gak? saya mau beli buat ganti klep fwb saya. hp saya 0821 222 888 77

    Posted by bas | 22 September 2014, 9:40 pm

Leave a Reply

