//
you're reading...
Ular

Ular Takut Garam Gak Sih?

Pertanyaan di atas seringkali saya dapatkan melalui email atau setiap kali saya berbincang dengan seseorang yang tertarik dengan ular. Banyak yang beranggapan bahwa ular itu takut dengan garam, karena doktrin lama dari masyarakat kita pada umumnya. Bahkan dahulu saat saya ikut Pramuka di Sekolah Dasar pun diajari bahwa untuk melindungi kemah dari gangguan ular adalah dengan ditaburi garam.

Saya tegaskan di sini bahwa ular tidak takut garam. Hal tersebut di atas hanya mitos, karena faktanya memang ular tidak takut dengan garam.

Saya sudah mencoba beberapa jenis ular seperti ular kobra pun tidak takut garam, bahkan dengan tenangnya ular tersebut melewati gundukan garam yang saya taruh sebelumnya.

Demikian informasinya tentang mitos ular takut garam, semoga dapat membantu.

By:

BUDY SNAKE

Snake charmer

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

10 thoughts on “Ular Takut Garam Gak Sih?

  1. Mas ular yg enak di handling n gak agresif anteng ditangan, kra2 jenis ap eah?

    Posted by chakepzz | 23 October 2011, 7:56 am
  2. mungkin ular tdk menyukai aroma bawang.coba aja test karna saya belum sempat mengetes

    Posted by andyblack | 21 November 2011, 12:18 pm
  3. bang saya mau pelihara ular enaknya yang buat pemula itu ular jenis apa???

    Posted by Taufiq | 14 February 2012, 1:57 pm
    • Buat pemula saran saya sih pelihara ular hasil tangkaran (captive breed)
      Karena relatif jinak&ga’ rewel makannya..
      Untuk jenisnya bisa pilih sendiri karakter yg diinginkan,misal:
      -yg jinak = ball python sifatnya jinak&tidak agresif,lebih memilih melingkar seperti bola daripada menyerang apabila akan kita handle. Namun ular jenis ini kadang suka rewel makan nya.
      -rakus = retic termasuk ular yg rakus&banyak d pelihara namun sifatnya agresif apalagi yg berasal dari alam (liar). Selain itu ukurannya dapat menjadi besar sehingga membutuhkan kandang yg besar dan juga makanan yg banyak (sangat menguras kantong)
      -jinak alam = apodora papuana aka olive bisa menjadi pilihan karena karakternya yg lebih memilih kabur daripada menyerang. Namun ular ini termasuk kanibal&sering memangsa ular lainnya.

      Lainnya bisa molurus,dipong,boa,dll intinya buat pemula peliharalah ular yg jinak,sehat,lancar makannya serta tidak berbisa.

      Semoga membantu… :p

      Posted by vizer | 8 March 2012, 3:19 am
  4. salamm kenal…

    bang saya pelihara ular sanca kembang..
    umurnya sekitar 1 tahun lebih,,
    saya baru memelihara ular..
    emmm minta tips yang baik bagaimna cara merawat serta memberi makan ular yang baik..

    terima kasih .

    Posted by anggie | 3 June 2012, 10:29 am
    • kalo saya pribadi perawatan ular sanca kembang (pyton reticulatus) itu dengan menjemur ular setiap pagi antara jam 7- jam 9, selama -+ 10-15 menit ( tidak dilakukan setiap hari), menggunakan koran sebagai alas, tempat air minum.
      untuk makan nya mungkin bisa diberika seminggu sekali, berhubung ular sanca adalah tong sampah (rakus) dosis makan bisa di tambah, misal uk dibawah 1 mtr, bisa menghabiskan 5-6 mencit/minggu, beberapa hari kemudian bisa di coba lagi bila dia masih lapar. hahahahah.
      dan tidak memegang ular sekiranya kita lihat tubuh ular tersebut masih besar (karena makan), kurang lebih 3-4 hari..
      itu kalau pengalaman saya..

      Posted by amel | 27 September 2012, 1:46 pm
  5. saya ada pelihara ular sawa batik liar…tapi suda 3 minggu enggan makan..boleh beritahu kenapa ular tu tdk makan?

    Posted by gidith admore | 24 October 2012, 12:19 am
  6. ular tuh ga takut sama garam… tapi takutnya sama tukang sate ular…. hahahhaa

    Posted by bonar | 3 October 2013, 11:00 pm

Leave a Reply

