//
you're reading...
Hobi

Review HT ICOM IC-V80

Sudah enam bulan ini saya memiliki HT ICOM IC-V80. HT yang merupakan impian saya juga selain Yaesu VX-7R. ICOM IC-V80 merupakan HT yang beroperasi hanya pada frekuensi VHF.

Dengan power maksimal 5 watt sudah cukup besar untuk ukuran HT. Sangat cukup untuk membuka RPU atau Radio Pancar Ulang. Selain power yang besar ada lagi yang membuat saya terkesan dengan V80 yaitu daya tahan terhadap bantingan. Saat saya membeli, saya ditunjukkan bagaimana kekuatan V80 ini. Yaitu dengan cara dibanting dari meja setinggi 1 meter lalu meluncur sampai 3 meter lebih dari posisi awal dan HT ini tetap bunyi normal tanpa ada bodi pecah pula.

Secara desain memang terlihat kokoh. Tahan air pula, walau tidak tahan untuk direndam seperti Yaesu VX-7R. Namun kelemahannya adalah tombol tombolnya yang tidak bisa menyala. Sehingga dalam kegelapan agak sulit untuk melihat tombol tombolnya.

Namun untuk setting duplex menurut saya sangat mudah. Untuk menyimpan memori juga mudah. Walaupun untuk tampilan display sangat sempit dan konvensional menurut saya.

Modulasi yang dihasilkan sangat mantap. Tidak diragukan memang HT buatan Jepang ini.

Untuk baterai ada dua pilihan, namun yang saya punya menggunakan baterai Ni MH. Kelemahannya waktu pengisian lama yaitu 12 jam. Namun kelebihannya adalah umur baterai jadi lebih awet.

Buat yang perlu HT khusus VHF saya merekomendasikan ICOM IC-V80. Sangat memuaskan.

By: Budy Snake

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

6 thoughts on “Review HT ICOM IC-V80

  1. om saya baru punya ic-v80 karena awam saya mau tanya nih…setiap stanby kenapa bunyinya ngeses ya… tapi pas Transmit atau recieve tidak ngeses.. bisa diset gak ya biar nggak ngeses terus…

    Posted by daiva | 29 October 2013, 10:17 am
    • Salam kenal. Itu berarti setting squelch nya terlalu kebuka. Coba di set di angka 5 atau 6. 

      Posted by mertanus | 29 October 2013, 10:44 am
      • caranya seting om… hehehehe….

        Posted by daiva | 29 October 2013, 11:33 am
      • suara nois waktu stanby.. jd ngosos.. normal… cuman kalo volume di naikkan jadi bising… kemaren sempet ndak ilang gara2 diset temen tapi waktu partial reset keluar lagi…. yg ditanyain ndak bisa dihubungi… hehehehe…
        ini tak coba masih keluar om…

        Posted by daiva | 29 October 2013, 11:48 am
      • Coba squelch nya di angka 10

        Posted by mertanus | 29 October 2013, 12:13 pm
  2. tanya dunk mas klo mau melihat freq yang telah di memori bagaimana terima kasih mas bro

    Posted by abazh subaki | 2 July 2014, 1:20 pm

Leave a Reply

