//
you're reading...
Curah Pikiran

Ikan Ganas, Piranha.

Sudah sebulan ini saya memelihara beberapa ekor ikan Piranha dengan ukuran 14 cm. Jenis yang saya pelihara adalah Red Belly (Pygocentrus nattereri). Istilah Red Belly karena di bagian perut dan sirip bagian bawah berwarna merah. Sangat indah apalagi ketika mendapat pantulan cahaya lampu dari dasar akuarium. Semakin menyala merah sekali. Sangat indah.

Ini adalah salah satu obsesi saya sejak dulu yang baru tercapai. Memelihara Piranha di akuarium sendiri. Alkana ini hanya lihat di televisi, di Sea World Ancol, dan akuarium air tawar di Taman Mini Indonesia Indah.

Piranha sangat anggun menurut saya. Gerakannya sangat kalem dan elegan. Walaupun ikan ini terkenal ganas dan agresif, namun penampilannya sangat tenang. Ini kesan saya terhadap Piranha yang saya pelihara.

Namun dibalik itu semua ada satu yang saya perhatikan dan menurut saya inilah kelebihan dari Ikan Piranha. Apa itu? Waspada dan bersama. Ya Ikan Piranha dibalik ketenangannya ada kewaspadaan tingkat tinggi. Gerakannya tenang, pasti, namun dari matanya terlihat kewaspadaan. Dan selalu bergerombol, walau ukuran akuarium cukup luas.

Sekejap saja daging ayam di tusuk bambu yang saya pegang hilang. Padahal baru saja masuk ke air beberapa detik. Kewaspadaan. Mereka saling rebut dan kompak sekali. Tidak ada seekor pun yang tidak ambil bagian. Semua ikut, semua dapat bagian. Kebersamaan.

Untuk hal kewaspadaan dan kebersamaan ini yang memberikan inspirasi buat saya khususnya. Dalam hidup ini kita harus waspada, bukan berpikir negatif. Waspada akan segala kemungkinan yang terjadi. Lalu bersama sama mencari solusi apabila ada masalah. Seperti halnya daging ayam besar yang diserbu bersama sama sehingga berhasil masuk ke dalam mulut Piranha yang relatif kecil dengan sukses.

By: Budy Snake

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

One thought on “Ikan Ganas, Piranha.

  1. wah di taro di akuarium mana tuh pak?

    Posted by samuelunch | 14 May 2013, 3:39 pm

Leave a Reply

