//
you're reading...
Curah Pikiran

Kebutuhan Dasar Manusia – INTERNET

Masih ingat saat masa sekolah ada teori tentang kebutuhan dasar manusia? Ada di buku mata pelajaran ekonomi materi tentang itu. Biasanya dilengkapi dengan diagram piramida. Di kolom paling bawah tertulis kebutuhan paling dasar manusia diantaranya: air, seks, tempat tinggal, makanan, air, dan tidur.

Teori itu benar adanya dan sudah berpuluh puluh tahun diajarkan. Namun di era sekarang ini teori tersebut sudah bergeser. Dalam arti saat ini ada yang lebih dasar lagi. Yang paling dasar kebutuhan manusia saat ini menurut saya adalah INTERNET.

Nah loh…

Coba anda perhatikan lingkungan sekitar anda sekarang. Semua sudah berhubungan dengan yang namanya internet. Hampir semua orang di sekitar kita sudah menggunakan internet sampai masuk tahap ketergantungan. Maka itu yang saya sebut internet sudah menjadi kebutuhan dasar manusia.

Penjual nasi goreng keliling dan tukang becak pun sudah mengenai Facebook dan Twitter. Para ABG yang bisa disebut children yesterday afternoon alias anak kemarin sore bahkan sudah menjadikan telepon pintar sebagai perangkat wajib yang harus dibawa.

Internet sudah tidak asing lagi di sekitar kita. Untuk tarif internet di Indonesia pun sudah mulai berangsur angsur makin murah. Operator pun berlomba lomba menawarkan paket internet murah.

Namun……. Yang menjadi pertanyaan besar adalah:

MENGAPA MASIH BANYAK ORANG BODOH?

Ini yang sempat menjadi bahan diskusi dengan rekan saya yang tinggal di Ibukota beberapa waktu lalu di awal tahun. Beliau yang termasuk pengguna internet dalam pekerjaannya. Kalau tidak ada internet mungkin beliau mati. Yah itulah yang bisa saya gambarkan tentang beliau.

Pendapat rekan saya adalah rendahnya rasa ingin tahu. Walau internet sudah menjadi kebutuhan dasar namun karena tidak ingin tahu maka tidak akan mau belajar. Ya tetap bodoh.

Kalau menurut saya yang rendah adalah MINAT MEMBACA. Hal ini klasik dan terdengar umum. Namun faktanya memang demikian. Bagaimana mau cari info di Google kalau membaca saja malas.

Yah memang betul bahwa sekarang internet sudah menjadi kebutuhan dasar. Tapi sayang hanya sebagian kecil yang memanfaatkan dengan baik. Mayoritas hanya untuk chating, buka media sosial, dan main games.

Apalagi ditambah dengan kendala bahasa. Karena sumber berita banyak juga yang menggunakan bahasa Inggris. Sudah minat rendah, ketika mencoba baca eh bahasa Inggris. Malas buka kamus pula. Saya jadi teringat dulu salah satu guru saya menyarankan tidur dengan kamus biar hebat bahasa Inggrisnya. Tapi ya dibaca dan dipelajari. Bukan cuma dijadikan bantal. Kembali lagi kalau minat baca rendah ya repot.

Saya sendiri pun sampai sekarang tetap memelihara minat baca. Walau sudah era digital saya pun tetap membaca koran setiap pagi. Sarapan pagi kalau istilahnya Pak Kamdhi. Beliau guru bahasa Indonesia saat saya SMA. Sarapan pagi saya ya membaca koran lokal. Paling tidak saya tetap bisa mengikuti berita lokal di daerah saya. Untuk berita nasional bisa dibaca di media digital.

Sudahkah kita membuat minat membaca meningkat?

Ini yang merupakan tantangan kita bersama. Guna membuat bangsa kita bisa lebih pintar dan lebih maju tingkat pengetahuannya. Tidak hanya percaya hoax dan tanpa proses berpikir langsung disebarkan ulang. Yang ujungnya hanya menyesatkan.

Yang penting lagi adalah bisa kolaborasi antara minat membaca dengan teknologi internet. Bahasa sederhananya adalah mencari informasi dengan memanfaatkan teknologi internet.

Minat baca harus dibiasakan dengan sejak kecil. Itu menurut pengalaman saya. Sejak kecil dipaksa untuk membaca buku-buku yang menurut bapak saya bagus untuk saya. Mudah-mudahan saya pun bisa teruskan ke anak saya nantinya. Mudah mudahan juga bangsa Indonesia akan bisa lebih baik lagi.

By: Budy Snake. Januari 2014

About mertanus

I am a magician and snakes charmer.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

