//
archives

Makanan

This category contains 32 posts

Makan Siang Swike Kadipaten

Sejak pagi saya sudah pergi ke Kadipaten, Kab. Majalengka. Ada beberapa urusan yang cukup menyita waktu. Sampe akhirnya jam menunjuk pukul 14.00 kami memutuskan makan Swike di Kadipaten. Tempatnya tidak jauh dari perempatan Kadipaten. Sederhana tempatnya. Minimalis lah, bisa disebut gitu biar lebih elegan terdengarnya hehe. Kami menunggu cukup lama. Jauh lebih lama dibanding di … Continue reading

Makan Malam di Koeno Koeni Cafe

Sabtu malam kemarin adalah malam kedua saya di kota Semarang. Kami diundang makan malam oleh seorang pengusaha yang juga budayawan dari Semarang. Beliau datang duluan dan menyambut kami dengan hangat. Obrolan santai mengalir diiringi sajian musik di panggung kecil. Berbincang sambil menunggu rekan lain memilih menu. Saya diberi dua buah buku karya beliau.  Saya pun … Continue reading

Mencoba Nana Suki di Cirebon

Setelah beberapa kali kunjungan ke Cirebon dan mampir ke komplek CSB Mal baru kali ini saya mencoba masuk ke Nana Suki Japanese Food. Bagaimana hasilnya, sesaat lagi saya akan tuliskan. Sekarang coba dulu 🙂 Update: Karena kesibukan saya belakangan ini ditambah malas menulis. Lebih tepatnya alasan terakhir sih, hehe. Maka baru kali ini saya menuliskan … Continue reading

Nasi Jamblang Mang Doel Cirebon

Nasi Jamblang atau Sega Jamblang merupakan makanan tradisional yang sudah bisa dikatakan sebagai ikon Kota Cirebon. Makanan khas Cirebon ini sudah sangat terkenal dan tetap eksis sampai dengan saat ini. Mulai dari yang berjualan di pinggir jalan, penjual keliling, sampai yang buka di tempat permanen seperti Mang Doel dan Ibu Nur. Favorit saya sampai saat … Continue reading

Sate Kambing Khas Solo

Tadi malam setelah pulang dari acara saya menyempatkan atau lebih tepatnya berburu makanan khas Solo yang menurut saya juga menarik untuk dicoba. Sate kambing, itulah yang saya maksud. Mengapa saya katakan khas? Karena memang cara membakar dan bumbunya yang berbeda. Saat membakar, daging kambingnya sudah dilumuri bumbu dulu diantaranya kecap. Saat disajikan pun sate kambingnya … Continue reading

Solo, Tongseng, dan Gudeg

Tepat pukul 15.00 saya masuk kota Solo. Disambut hujan rintik rintik dan macet. Mungkin karena malam minggu. Lapar, itulah yang saya rasakan. Karena sepanjang jalan hujan deras jadi malas berhenti untuk makan siang. Gudeg, itulah yang terlintas di benak saya. RM Adem Ayem, tentu pilihan saya, hehe. Hampir tiap kali ke Solo pasti mampir RM. … Continue reading

Martabak Asin H. Nasir

Malam tadi saya keluar rumah sendiri untuk mencari lauk untuk makan malam. Kalau nasi putih sudah tersedia di rumah, tinggal mencari lauknya deh. Setelah mengambil uang tunai di ATM BCA saya putuskan membeli martabak asin di H. Nasir di Jl. Ampera – CIREBON. Martabak H. Nasir ini sudah lama saya kenal dan selalu menjadi makanan … Continue reading

Ayam Goreng Laras Hati – Magelang

Bulan November 2009 kemarin sepulang dari Yogyakarta, saya memutuskan lewat Semarang. Keluar kota Yogyakarta saya menuju Magelang untuk belanja Getuk Trio dan makan siang di Rumah Makan LARAS HATI. Ini merupakan kunjungan saya kedua kali, yang saya ingat ayam gorengnya enak. 🙂 Saya pesan yang dada yang ukurannya cukup besar dan disajikan dengan sambalnya. Ketika … Continue reading

Gudeg Djuminten, Mantap Tenan…

Kalau ke Yogyakarta itu buat saya pribadi sangat identik dengan kaos Dagadu, Bakpia, dan Gudegnya. Kunjungan saya ke Yogyakarta bulan November lalu dalam rangka undangan acara pertunjukan sulap pada acara pernikahan di Quality Hotel. Karena ada momen itu maka saya manfaatkan untuk nostalgia dengan kota Yogyakarta. Ya memang kota ini menyimpan sedikit memori tersendiri buat … Continue reading

Dendeng Tivi Cap MOBIL Dari Wonosobo

Dendeng Tivi Cap MOBIL Bulan lalu saya melakukan perjalanan ke Jawa Tengah tepatnya di kota Wonosobo. Kalau bicara Wonosobo maka saya selalu teringat dengan Dendeng Tivi. Makanan khas yang berbasis sapi 🙂 Dendeng Tivi dibuat dari daging sapi asli yang ditumbuk dan diberi aneka macam bumbu. Hasilnya dioven sehingga kering dan crispy. Untuk rasa tidak … Continue reading