//
ULAR – SNAKE

SNAKE CHARMER IS HERE!

I provide all the information about snakes…
I am the snake charmer. You can ask me anything about snake.
Do you want have a life attraction of king cobra at your party?
Are you a snake collector who wants to share about snake?
Are you a beginner as a snake lover?
Do you need more information about snake?
Are you worried if any wild snakes at your lawn harm anyone in your house?

If you have one of those problems, you find the right page and feel free to
contact me at mertanus@cbn.net.id

Indonesian Version

Anda ingin menampilkan atraksi ular king cobra pada acara yang anda buat?
Anda merupakan kolektor ular yang ingin bertukar informasi?
Anda merupakan pemula yang ingin memelihara ular?
Anda memerlukan informasi tentang ular?
Apakah anda memiliki lahan atau rumah yang diganggu oleh ular liar?

Apabila anda menjawab “YA” pada salah satu pertanyaan di atas itu berarti anda telah tepat sekali menemukan blog ini dan silakan membaca lebih lanjut pada artikel-artikel yang telah saya buat.

Untuk yang ingin menghubungi saya secara langsung dapat kontak via email: mertanus@cbn.net.id

If you need all information about snake or need a snake charmer, please contact by email: mertanus@cbn.net.id

By: Budy Snake
Snake Charmer

Discussion

150 thoughts on “ULAR – SNAKE

  1. minta tlg kasiii taw cara2 memelihara ular ..
    trus maw taw dong foto2 ular beserta deskripsinya..
    trims banget

    Posted by kribowmania | 14 December 2007, 6:45 pm
    • mas budi tolong donk informasinya,, ular saya kabur tgl 8/2/14 bagaimana saya mencari nya,, pdhl ular itu kesayangan saya masih baby jenis retic bali.. kirim ke email yaa jawbannya

      Posted by yanz | 9 February 2014, 5:50 am
  2. minta foto2 ular berbisa di indonesia beserta deskripsinya..

    trims

    Posted by dudi | 15 February 2008, 3:40 pm
  3. Mas Budy snake.

    saya juga tertarik pada ular, sudah biasa handling ular sejak kecil.
    cuma ular ular liar aja..
    pernah beli ular sanca (katanya sih sanca malurut, jenis yang nggak terlalu besar, cuma agresif) tapi karena emang gak pernah boleh pelihara, ditaro di tempat teman, eh mati..
    sekarang mau pelihara dirumah, istri takut..
    jadi bingung, tapi masih sangat tertarik sama ular..
    saya rasa, mungkin ular tidak merasa terancam sama saya kali ya. sehingga kebanyakan interaksi saya dgn ular mulus mulus aja tuh..
    pernah digigit juga sih sama ular air biasa..
    and pernah dengan gilanya gue samber ular hijau yang ada di pohon, di sekolah dulu, and gue ngejar ngejar temen – temen gue dengan ular itu. padahal ular hijau yang dipohon itu kan bahaya ya…?
    nanganin kobra juga udah 2 x. akhirnya gua lepas.. (gue sama sekali gak mau pelihara yang berbisa, soalnya takut kalo lepas, and orang lain yang jadi korban.)

    menurut anda what should i do..?

    thank’s

    Posted by Popoi | 20 February 2008, 4:14 pm
  4. To Krisbowmania and Dudi: Maaf saya belum bisa penuhi permintaan anda. Segera saya berikan apabila sudah siap.

    To Popoi: Coba beri pengertian pada istri anda bahwa ular itu tidak semua berbisa dan peliharalah jenis ular yg tidak berbisa. Buatkan terarium yang baik dan aman.
    Bisa baca tentang terarium di artikel saya yg lain pada tag “ular”

    Posted by mertanus | 25 February 2008, 12:36 am
  5. mas,aq lgi miara ular jenis rinbow neh,tp yg jnis darat(rainbow ada 2 jenis,air dan darat ?)….ular aq pnya corak/warna yg brbda dgn ular jenis rainbow yg bisanya,ap it ga ap2??katanya kelainnan/keunikan???terus untuk miara ular jenis rainbow mnta tips ny dnk(pemula neh) ^^ satu lagi,kalo ular jenis rainbow itu msh termasuk dlm keluarga boa bkn???
    thnkZ…

    Posted by Mario | 6 March 2008, 12:19 am
    • Mas. saya baru beli ular pelangi, saya langsung suka sama ular ketika melihat ular pelangi ini..
      mohon bimbingan dalam perawatnyan dan habitat di kandang, soalnya saya baru pertama kali memelihara ular.

      Posted by Fendy | 9 June 2009, 10:01 pm
  6. halo mas budi, gw mo nanya dong ?

    gw punya ular phyton chondro dari biak warna merah, umur kira2 8bln, masalahnya gw baru di tugaskan ke luar daerah,nah gw pengennya ular gw mau gw bawa. gimana ya caranya biar lolos dari pemeriksaan bagasi ?,( gw skrng domisili di depok)
    apakah ntar kalo ketahuan gw di denda?

    rancananya kalo memang gak bisa dibawa gw mo titipkan di ragunan aja, atau mas budi punya relasi yang bersedia memelihara ular gw, gw ikhlas kasinya asal dirawat sama orang yang bener2 pecinta ular dan bukan untuk dijual…..

    kalo emang ada mohon contact gw di 081908293797 atau 02193798164 . (secepatnya)
    thanks.

    Posted by urai rio | 27 March 2008, 11:55 pm
  7. he, asik juga blog loe
    maaf nih aku cuman mampir, saya gak ngerti tentang snake / hebi (dlm bhs jepang).

    Bagus lho blognya

    Posted by CECIL | 17 April 2008, 4:36 pm
  8. saya hasina dr seremban malaysia, saya ingin membeli ular sawa burmaes biasa (ular sawa thailand) untuk bermain di rumah, sb ular sawa tersebut sangat senang jinak? di manakah kedai tersebut di seremban malaysia? atau boleh kah saya dapat dr negara lain? kalau di negara thailand atau indonesia bagaimanakah cara untuk saya membeli ular sawa tersebut? saya nak anak ular sawa, kos saya dlm RM300 sahaja? pls help me… 10q

    Posted by sina | 29 April 2008, 1:18 am
  9. slm knal… aq ma teman baru belajar melihara ular,, ular yg kami pelihara jenis “Piton Kembang”… kmarin baru beli ma teman jg katanya da jinak coz depelihara dari kecil…

    tp kalo mau dipegang gt dia rada liar n’ mau nerkam gitu…

    mas aq bingun apakah ular aq lg stress ato bgm…????

    apa ular q masih liar.. soalnya kmarin teman aq kena gigit jg tuhh…??

    apakah pd saat ganti kulit ular jd sensitif n’ galak…????

    plis mas penjelasan tentang perawatan n’ cara agar ular jd jinak….?????

    bls disini aj biar bs dibc yg laen…??? ato ke email q “Edim_pu@yahoo.co.id” … THANKS

    Posted by edim | 2 May 2008, 10:39 am
  10. salam kenal, bagaimana menurut anda tentang ular warna merah berbelang putih atau hitam, jenis apakah itu dan bagaimana diskripsinya. tolong yg lengkap ya terima kasih banyak.

    Posted by bumagda | 9 May 2008, 9:47 am
  11. To Mario & Urai Rio: Saya sudah balas via email, kalau ada yang mau ditanyakan lebih lanjut bisa kontak by email.

    To Cecil: Thanks atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

    To Sina: Lebih baik anda membeli di Malaysia saja, karena di Indonesia ular jenis Burmese sudah dilindungi.

    To Edim: Besok akan saya posting cara menjinakan ular. Kemungkinan ular anda memang masih liar atau memang sedang stres.

    To Bumagda: Kemungkinan itu jenis king snake. Coba kirim fotonya ke alamat email saya.

    Posted by mertanus | 9 May 2008, 10:22 am
    • Mas mau tanya Retic sy knp ya,kok jd kayak galak padahal pertama sih biasa2 aja,kayak nya stres ! Mohon,bagi ilmu nya mas gimana supaya retic sy jd jitot,trus cara yg baik ngambil ular dr bak itu gimana,soalnya setiap mau di pegang pasti posisi kepala nya siaga,siap mau matok kayak buat berjaga diri nya gt !Terimakasih Sebelumnya :) #salam darah dingin :) email : urangsundaasli17@yahoo.co.id

      Posted by Ardian | 9 October 2012, 10:44 am
  12. Hi aku sandy, mo nanya nech coz bingung milih ular. warna ular morelia apa akan berubah, jika warnanya kuning apa kan jadi hijau juga? merawat mana yang lebih mudah,jenis king snake atau morelia? TQ

    Posted by sandy | 21 May 2008, 3:41 am
  13. Morelia tidak berubah, yang berubah itu Chondropython. Kalau masalah mudah atau tidak saya rasa hampir sama saja. Tinggal anda lebih suka jenis apa?

    Posted by mertanus | 25 May 2008, 10:41 am
  14. Masq searang punya californian king snake, makannya seminggu sekali. Nah ular bisa di dikatakan masih baby klo umur berapa ampe berpa? trus tahapan frekuensi utk ngasih makan gimana? 0-1 tahun seminggu sekali? 2 minggu sekali gimana???? help me ya. TQ

    Posted by sandy | 11 June 2008, 2:45 am
  15. Salam kenal .. Mas Mertanus
    saya sudah lama mempunyai penyakit bentol-bentol di bagian (maaf) pantat, kira-kira sudah 8 bulanan. sudah dikasih obat-obatan dari tablet sampai salep tapi belum sembuh juga!, bagaimana ya? kalau pakai ular bisa ga?
    trus bagian apa yang harus saya makan kalau bisa?
    terima kasih sebelumnya.

    Posted by Tony | 13 June 2008, 12:50 pm
  16. mas bwt pemula ular yg mudah perawatan nya ap aja??

    Posted by moonx | 15 June 2008, 1:53 pm
  17. saya mau jual ular phyton ukuran kira2 6meter…………
    kira2 ada yang minat ngak…………

    Posted by agustian | 18 June 2008, 4:08 am
  18. klo emang ada hubungi aja ke KIBO 081378500112

    Posted by agustian | 18 June 2008, 4:10 am
  19. KK Mertanus… Saya mau nanya! Kalau ular sanca kembang bagus buat pemula ga’?

    Posted by Fiona | 1 July 2008, 8:42 am
  20. Mas sudah hampir 2 minggu ini saya memelihara ular, tapi saya tidak tahu jenis dan makannya apa? kalo boleh saya minta foto – foto jenis ular di indonesia, supaya saya punya referensi….

    Posted by feby | 19 July 2008, 9:20 pm
  21. Hi Mas Budi,

    Saya lagi disuruh bos nyari nama ilmiahnya ular phyton Indonesia, kebetulan saya nemuin blog nya Mas Budi.
    Kalau tau tolong saya diinfo ya… Terima kasih buanyaaak sebelumnya.

    Salam,
    Budi Santoso.

    Posted by Budi Santoso | 28 August 2008, 1:58 pm
  22. Mas Budi snake,

    Aku mau tanya untuk jenis ular di bawah ini :

    1. Anaconda
    2. Ular Kobra Raja
    3. Ular Kobra India

    Apa ya bahasa latinnya ? dan kalo ada foto/gambarnya juga boleh dong ?and ciri2 nya ?

    Trims ya,
    Martono Raman

    Posted by Martono Raman | 31 August 2008, 12:40 pm
  23. Bung Budi,
    mau nanya nich… dirumah aku punya Boa jenis Guyana. tapi ada permasalahan dimana dia gampang stress dan susah makannya alias ga rakus. kira2 soulusinya gimana bung??? trus apa bedanya ular gampang muntah setelah makan karena virus dengan ular gampang muntah setelah makan karena stress??
    thanks buat pencerahanya… :)

    Posted by Danar | 31 August 2008, 7:39 pm
  24. hai,saya pingin nanya, apakah ada jenis ular yang memakan daging mentah/hewan yang sudah mati?kalo ada tolong kasih liad gambarnya dan namanya. thx

    Posted by yuko | 1 September 2008, 10:03 pm
  25. Salam kenal…

    Langsung aja ya mas,… udah lama saya pengen pelihara ular. Tapi pengetahuan saya tentang ular masih sangat minim. bisa kasih tau di mana saya bisa info lengkap mengenai perawatan dan pemeliharaan ular sebagai hewan peliharaan?… kalau bisa yang berupa buku. Saya udah coba cari di gramed, tapi belum nemu. Ada referensi?…

    terima kasih…

    Posted by Taufik | 7 September 2008, 11:35 am
  26. To Taufik: Silakan baca blog saya ini pada “tag” ULAR. Kalau buku lokal memang jarang ada.
    To Yuko: Secara umum ular memang sa binatang hidup, namun apabila kita pelihara ular dan dilatih seperti itu bisa saja, namun saya pribadi tidak mau gunakan cara itu.

    Posted by mertanus | 8 September 2008, 9:32 pm
  27. To Taufik: Silakan baca blog saya ini pada “tag” ULAR. Kalau buku lokal memang jarang ada.

    To Yuko: Secara umum ular memang sa binatang hidup, namun apabila kita pelihara ular dan dilatih seperti itu bisa saja, namun saya pribadi tidak mau gunakan cara itu.

    To Danar: Kalau stres silakan anda lihat tulisan saya tentang ular stres.

    To Martono Raman:
    1. Anaconda = Eunectes murinus
    2. Ular Kobra Raja = Ophiophagus hannah
    3. Ular Kobra India = Naja sputatrix

    To Sandy: Kasih makan yang banyak aja deh, biar cepet besar.

    Posted by mertanus | 8 September 2008, 9:55 pm
  28. trima kasih mas mertanus.lalu saat ini saya sedang memelihara ular phyton retic ukurang masih bayi.lalu apakah ular ini berbahaya?dan kalau bisa tolong minta tips2 buat cara plihara yang baik.thx

    Posted by yuko | 15 September 2008, 5:49 pm
  29. maaf kelupaan,saya sudah mendapat informasi dari teman, phyton retic saya beri makan ampela ayam, dipotong kecil-kecil lalu di masukin ke mulutnya, memang caranya itu kelihatan agak kasar, apa ada resiko dari makan daging mentah seperti itu ? dan kalo boleh tahu berapa lama harus dilatih seperti itu supaya menjadi kebiasaan.terima kasih

    Posted by yuko | 17 September 2008, 7:22 pm
  30. Kalau sudah ada pemaksaan maka selamanya akan seperti itu.

    Posted by mertanus | 17 September 2008, 11:57 pm
  31. ooo, kalo gitu lebih baik di beri makan apa ya?

    Posted by yuko | 18 September 2008, 11:18 am
  32. halo saya chacha, saya punya ular phyton sebesar pergelangan tangan org dewasa. yg mau saya tanya knapa ular saya udh 3 bulan ga mau makan yah? udah di kasih tikus putih, marmut, sampe itik ga mau jg. jd hrs gmn ya? apa ada dokter di jkt yg khusus menangani ular? thank you

    Posted by chacha | 27 September 2008, 8:14 pm
  33. Mas, mau nanya…saya punya baby chondrophyton kuning, saya bingung mau dikasih makan apa? saya kasih tikus putih kecil belum mau makan….tolong ya mas ,,,,makanan yang enak buat dia apa?

    Posted by Adhry | 28 September 2008, 8:40 pm
  34. slm lestari, gini mas saya baru saja melihara ular dengan jenis morelia viridis masih kecil dengan warna dasar kuning. SAya mo minta saran dari mas, bagaimana cara memelihara ular yang baik dan benar sehingga bisa tumbuh sehat dan jinak, khususnya untuk jenis ular yang saya pelihara.
    terus terang saja saya ini masih pemula, baru nyoba2 pelihara ular.karena biasanya saya pelihara ikan dan hamster, saya tunggu tips &trick dari mas.segala saran dan informasi sangat berharga buat saya.terima kasih atas bantuannnya.

    Posted by au | 19 October 2008, 9:45 am
  35. slm lestari, gini mas saya baru saja melihara ular dengan jenis morelia viridis masih kecil dengan warna dasar kuning. SAya mo minta saran dari mas, bagaimana cara memelihara ular yang baik dan benar sehingga bisa tumbuh sehat dan jinak, khususnya untuk jenis ular yang saya pelihara.
    terus terang saja saya ini masih pemula, baru nyoba2 pelihara ular.karena biasanya saya pelihara ikan dan hamster, saya tunggu tips &trick dari mas.segala saran dan informasi sangat berharga buat saya.terima kasih atas bantuannnya.

    Posted by au | 19 October 2008, 9:47 am
  36. salam kenal,saya pingin pelihara ular tp mknnya selain tikus apa ya? kalau dikasih daging mentah seperti yuko bilang knp kok mas ngga mau pake cara itu? apa ada efek sampingnya buat si ular kalo mknnya bukan binatang hidup? thanks

    Posted by anthony | 23 October 2008, 2:34 am
  37. budy snake, saya ingin bertanya, kandungan bisa (toxin) di dalam tubuh ular itu diproduksi oleh organ apa?apakah ada perbedaan secara fisiknya antara hematoxin,neurotoxin, dan jenis toxin lainnya?berapa banyak bisa yang dikeluarkan oleh ular berbisa saat menyerang/mempertahankan dirinya dari total bisa yang diproduksi?tolong dong krimkan artikelnya ke email saya….THANKS
    n_n

    Posted by dhezna | 23 October 2008, 9:33 am
  38. Salam Kenal,
    Mas mertanus saya punya ular pyton jenis morulus saya baru beli dari kampung saya dan saya bawa ke jakarta udah 3 hari di ga mau makan gimana ya cara bujuk dia biar mau makan? emang klo mau di ambil dia agak mendesis tapi kalo udah kepegang dia udah jinak banget saya takut dia ga mau makan! Tolong Sarannya ya kirim ke e-mail saya Thanks.

    Posted by Sucky | 25 October 2008, 11:12 am
  39. mas mertanus..

    saya seorang pemula untuk pelihara ular.
    saya baru beli ular di tempat yang gak layak buat jual beli binatang terutama ular.. (terkesan sangat ilegal).

    saya benar2 buta gimana handle seekor ular.
    jenisnya pun saya gak tau!
    ular saya berwarna belang hitam-kuning.
    panjangannya sekitar 1 m dengan besar, sebesar jempol orang dewasa!
    itu jenis apa yah??

    saya sanagt minta bantuannya, karena saya gak mau ular perdana saya gagal untuk dipelihara.

    terima kasih.

    Posted by rachma leiwa | 5 November 2008, 11:56 am
  40. salam reptil mas !!!!
    saya punya koleksi beberapa phyton, ada molurus, albertisi, dipong dan retiQ. yg dipong kemarin mati karena ga mw mkn dah 3 bln.klo yg retiq lg sariawan dan klo di kasih mkn cm dimatiin aja ga di makan.
    saya mw nanya gimana caranya bwt ngobatin retiq saya ?
    vitamin apa yg bisa bwt ular jadi gemuk dan nambah nafsu makan ?
    gimana cara ngerawat/miara dipong ?
    bisa ga, molu breeding sama albertisi ?

    Posted by ANDRI | 24 November 2008, 3:18 pm
  41. Salam sejahtera mas…….

    saya baru mulai untuk memelihara ular…..
    saya baru saja memiliki 1 ekor ular BOA… berukuran +/- 70cm….

    saya ingin tau bagaiman cara perawatan dan tempat yg digunakan untuk memeliharanya…..

    dan makanan yang cocok untuk ular nya pa….

    saya bnr2 butuh bantuan mas…..

    makasih yah mas….

    Posted by devo | 25 November 2008, 1:02 pm
  42. Alow mas sy mo tanya,sya kmren bru nemu anak ular tp jenisna sya tdk tw,warna tbhna hitam n dikepalana ada corak warna kuning,sy bingung dkasih mkn apa y?,trus cra perawatanna gmana?,n trmasuk ular jenis berbisa n berbahaya gk?, sya jk ingin bwa kermah gmana y,cra mndpt izinna,coz skrng sy ada dihalmahera n rmh sy djakarta,mas tlong blaz y,ke no hp sya coz buka email dr sini sulit,081513372836:-)

    Posted by Arie | 27 November 2008, 12:02 pm
  43. mas saya mw beli ular yang harganya 300ribuan…tp klo bs ular dari luar, ular apa ya? yang bagus… klo bisa skalian lampirin foto ular tersebut…email ke say donk mas… klo bisa dalam 1 minggu ne… PENTING BANGET….
    saya pemula yang baru hobby miara ular…
    tolong dibantu yak…..

    thamk before

    Posted by ocahnz | 9 December 2008, 9:05 pm
  44. 300 ribuan dr luar paling yg dket2 aj. burmese python. kbetulan ada tmn yg jual. berminat ? bandung.

    Posted by jawa | 18 December 2008, 11:22 am
  45. hancok

    Posted by bajur1 | 29 December 2008, 6:08 pm
  46. Mas mau tanya ni apa bedanya phyton dari jawa dan sumatra bgusmana? Apa aja bdanya? Soalnya sy bru tkr tmbh dri yg jwa jd yg dri smatra apa sama aja? Sya punya ular kepala dua yg ekornya mirip kpala perwtnya apa aja? Ama ular plangi saya ga mau makan aja stres gt y! Dia apain biar g stres! Satu lagi apa masked water snacke yg sering di sangka ular kadut berbisa tw g?

    Posted by Dhenk | 5 January 2009, 3:09 am
  47. mas mau tanya harga dan jenis piton yang paling jinak dan yang masih pecah telur…
    Tolong d balas y mas, ak juga pencinta baru dlm dunia reptil

    Posted by dennis | 5 January 2009, 7:30 pm
  48. ular yang bagus ,,, tapi ga panjang2 bangetz klo dah dewasa apa ya!?

    Posted by 08881727788 | 20 January 2009, 12:40 pm
  49. permisi mas, saya mhsiswi yang mau mencoba memlihara ular..ular pelangi sich..katanya gampang tp saya mau tanya bgmn cara memelihara ular pelangi dgn baik?makannya berapa kali dlm seminggu n apa saja?? apakah ular pelangi mmg tdk berbahya sama sekali ya mas?? trimakasih sebelumnya.

    Posted by amel | 20 January 2009, 1:37 pm
  50. ya

    Posted by bli | 7 February 2009, 11:11 am
  51. BANG,
    Aku punya sanca kembang taoi g mau makan terus udah 3 minggu,
    kasih solusi donk soalna aku baru miara uler!!!!
    thank’s

    Posted by FAIZ | 15 February 2009, 10:15 pm
  52. mw cari baby molu yg biasa bwt pemula bs ksh channel gak??

    yg pasti nyari yg murah meriah coz msh mhsiswa.. rantauan lg..

    Posted by rizky | 16 March 2009, 2:46 am
  53. mas aku minta dikasih tau trik sulap dari kecil aku cinta sama sulap kirimin ke http://www.hizkia_elsa@yahoo.co.id

    Posted by hizkia | 23 March 2009, 5:33 pm
  54. mas mw nnya:
    1. hrga aspera irian skitar 20-30cm ntu brp??
    klo 350-400rb kmahalan g???

    2. klo ular g mw makan udh lbih dr 2minggu ntu ap yg kdu gw lakuin???
    ntu stress bkn???
    ad perlakuan kusus g k ular ntu???

    3. tempat bwt mlihara aspera ntu medianya ap??
    perlu d ksh serbuk kayu/alas koran j/agak b becekin dg sdikit air biar g kring/d ksh batang2an/dll??

    tlg d jwb mas…
    maklum pemula…

    Posted by teta | 24 March 2009, 11:45 pm
    • 1. Harga ular itu relatif.
      2. Coba didiamkan dulu, jangan disentuh dan beri minum yang cukup. Lalu coba beri makan sesuai jenis ularnya.
      3. Coba baca artikel yang tentang terarium di blog saya ini.

      Posted by mertanus | 31 March 2009, 12:59 am
  55. mas mau nanya dong.klo morulus albino pjg 120cm,kondisi sehat,mau saya jual 4 jt kemahalan ga ya..please infonya..thanx b4..

    Posted by willy | 12 April 2009, 1:39 pm
  56. mas,, aq boleh tau jenis ular secra umum yg katanya ada 4,, boa.colibrite.phyton,viper… n penjlsan lainnya gmn mas… mohon bngt informasinya

    Posted by yudi | 19 April 2009, 2:10 pm
    • Kalau bicara jenis ular banyak sekali yah. Saya pun tidak hafal seluruhnya. tetapi yang umum-umum ya memang jenis itu-itu saja yang biasa dipelihara. Python, Boa, Corn Snake, King Snake, dll.

      Posted by mertanus | 22 April 2009, 1:59 pm
  57. mas. minta petunjuk buat perawatan ular pelangi yah, thx

    Posted by Fendy | 9 June 2009, 10:02 pm
  58. halo, mas boleh nanya? :)
    saya tadi nemu ular di kebun saya, panjangnya 1 meter, kepalanya hitam, lehernya kuning melingkar, badannya warna hitam, tapi ada corak kuningnya.. coraknya sejajar gitu dngan bentuk tubuh, bukan yang melingkar2 gitu..
    itu jenis ular apa ya? trims. :)

    Posted by Cressa | 6 July 2009, 9:35 pm
  59. mas, q punya retics jawa ukuran 1,3m koq gak mw mkan yah,,udh q kasih tiput gak mw juga,bgaimana ya cara ngatasinnya?
    ciri-ciri ular sakit gimana?

    Posted by alie | 31 July 2009, 6:59 pm
  60. saya sangat senang ada web tentang ular sehingga bisa cari info disitu.
    di rumahku kemaren ada liar. ularnya kecil warna hitam dengan garis kuning di samping kanan kiri dari kepala sampai ekor. apakah itu ular berbisa atau tidak. ular itu hilang di rerumputan tapi setelah rumput ku bersihkan ularnya gak ada. teriamkasih atas jawabannya.

    Posted by hadiyanto | 18 August 2009, 9:12 pm
  61. Waw… salam kenal mas. Sy penggemar ular. Pengen melihara, tapi kasian merekan juga. Lagipula ortu sy melarang keras…
    Mungkin sy akan menjadi pelanggan blog ini utk hunting info seputar ular. Thanks ya!

    Posted by Juman | 19 August 2009, 10:01 pm
  62. DIJUAL!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! saya punya sanca bodo jinak(jadi mainan anak saya 5 th),makan bagus pjg kira2 2m
    hubungi aku di 0251-9133308

    Posted by harry | 25 August 2009, 10:49 am
  63. Halo Mas.. Salam kenal..

    Saya baru pelihara ular (pemula)..
    Tapi saya punya dua,Dipong sama Phyton Ball..

    1. Ada gak buku tentang ular, khususnya Dipong..
    2. Kenapa dipong bisa jadi galak, padahal saya kasih makannya seminggu sekali..
    3. Phyton Ball kalo baru ganti kulit boleh gak langsung diajak main..
    4. Boleh gak sekali-kali saya taruh Dipong sama Phyton ball di tempat yg sama.?? apakah mereka bisa saling gigit..??
    Trims mas..

    Posted by Heri | 6 September 2009, 1:01 am
  64. bro… mw nanya niyh…
    aq pny ular mono pohon…
    dy kykna mw shedding gitu… tp koq gag shedding2 yah..??? apa krna kandangnya sempit yah??? bs kasi solusi gag????
    sory baru nyoba plihara niyh…

    Posted by yayin | 16 September 2009, 3:30 pm
  65. mas makanan ulaer yg bagus apa ya mas,,,??
    trus tikus yg putih namanya apa ya mas<,,
    seblum nya terimakasih,,,

    Posted by yusuf,,, | 23 September 2009, 1:56 pm
  66. Maz mau tanya sbnarnya ada ga sich tnaman tradisional yang bisa dgnakan utk mnangani/mncegah kta dri kmatian akbat ggitan ular berbisa???

    Posted by Apypah | 24 September 2009, 11:08 am
  67. mas saya baru punya sanca morulus sebesar lengan dewasa baru tadi malam dia makan burung sering banget dengus2in idungnya.takut galak jd saya pegang kepalanya terus.katanya yang punya udah 1 bulan blum makan.ciri2 ular piton yang jinak tuch kaya apa?

    Posted by benk2 | 31 October 2009, 3:15 pm
  68. gan..
    gw punga baby condro nih..
    gmn sih cara ngerawat baby condro???
    baby condro makanannya apa sih??
    pliss tolong!!
    thk’s.

    Posted by deni | 3 November 2009, 5:42 am
  69. mas lebih susah mana pelihara Ball phyton atau dipong?

    gmn biar warna kulit dipong jadi lebih contrast,,
    tq ya mas

    Posted by aby | 8 November 2009, 5:36 pm
    • sekedar info: kalo dari segi makan dan pemeliharaan nya menurut saya lebih susah pelihara Ball phyton (BP), karena jika BP sudah sulit makan. mksh, maaf cuma mau sharing :))

      Posted by amalia yuniarti | 29 March 2012, 1:54 pm
  70. boss!!salam kenal aq dedek anak fak kedokteran hewan udayana bali,nie,aq pinem alamat email adik cz aq g pnya email..hex5..tuncep poin aza gmana cara cross breeding”kawin siang”yang benar,(secara garis besar untuk semua ular)mulai dari umur,berat badan yang pas,sampe cara ngawininnya,netesin telornya,soalna kmrin sempet ngecross pyhton timor n retic,telor yang keluar 10bji tp cman satu doang yang dalam ukuran normal,sisanya cuilik cuilik,pernah juga kena kendala,pada burmis pyhton,telurnya pecah dalam perut,padahal g pernah diangkat,bahkan disentuh..dibalas diblog ini aza ya mas,biar semua org tau…mohon bimbimngannya!

    Posted by gek vio | 15 November 2009, 4:19 pm
  71. jual sanca bodo/molurus dwarff 2m, jinak, garus.hubungi 0251-9133308

    Posted by harry | 16 November 2009, 12:01 pm
  72. hallo pecinta ular semua, saya 2 hari yg lalu nangkep ular cobra masih baby panjangnya kurang lebih 25cm. Bingung mau dilepas gak tau musti dilepas dimana. Kalo ada yg berminat silakan hub saya. Saya kasih gratis. PM saya di: sy3rra@yahoo.com. Thanks.

    Posted by Jully | 24 November 2009, 5:47 pm
  73. ingin bertanya tentang seekor baby snake yg berbadan darkgreen… berbelang hijau muda kekuningan.. is it poisonous..? provide me with some pictures…

    Posted by Firdaus | 15 December 2009, 10:25 am
  74. mas qu mau cari kobra,,namanya TATA kobra,,n om norman,,klo ada yg pny informsinya ta kasie baby olif kngsnake..hehehe..

    Posted by elnoez dah bosen | 18 December 2009, 5:20 am
  75. Mas,2 hari lalu aku nangkep baby ular kobra,warna badan hitam kecoklatan,deket kepala brwarna kuning,bagian belakang kepala ada garis melingkar. Itu kobra jenis apa mas? Saya mau memeliharanya,kira2 dikasih makan apa? Trims

    Posted by Fajar | 21 December 2009, 1:11 am
  76. mas,saya baru aja menemukan ular weling.,panjangnya 25cm.,dan saya tangkap dan di pelihara.,dan saat di beritahu temen2 katanya bisa weling mematikan.,ada g cara mengeluarkan bisa ular weling??makasih mas..

    Posted by candra | 20 January 2010, 3:32 am
    • Ular weling bercorak hitam dan putih dan belangnya tidak tembus sampe ke bawah perut (bagian perutnya putih polos, tidak belang)
      Sedangkan ular Welang belang hitam dan putihnya sampai ke bagian bawah perut juga.

      Kedua jenis itu memiliki racun neurotoksin yang mematikan, maka saran saya untuk pemula seperti anda sebaiknya tidak memelihara jenis ular berbisa. Apabila anda tetap ingin memeliharanya maka saya tidak sarankan untuk menyentuhnya. Letakan ular tersebut di kandang yang baik dan pastikan aman sehingga ular tidak kabur.

      Posted by mertanus | 21 January 2010, 7:06 am
  77. tRuuuz aDa g yG berSedia mNukaR uLar iNi ma uLaR yG g bRbisa???

    Posted by candra | 22 January 2010, 11:31 pm
  78. saYa seRing memegangnya mas,,,apa ular yg panjangnya cuman 25 cm bisa mengeluarkan bisanya???dan apakah ular ini bisa dikatakan jinak,karena waktu saya pegang,dia tak ada perlawanan…

    Posted by candra | 22 January 2010, 11:34 pm
  79. Hati hati ular welang dan weling bisanya mematikan…Memang karakternya
    diam…dan kalau menggigit racunnya tidak terasa tapi langsung mematikan
    karena menyerang peredaran darah dan sistem saraf. Sebaiknya tidak dipegang kecuali anda sudah ahli di bidang pawang ular.

    Posted by mertanus | 24 January 2010, 10:23 pm
  80. mas mo tanya,
    eh mas klo di jogja tempat peenjualan ular tu mana ja ya? tw gak mas…?
    makasih sbelumnya.

    Posted by wahib | 21 February 2010, 11:08 pm
  81. om saya baru beli ular phyton hari pertama jinak trus keesokan harinya agresif mau nyerang mulu!!
    kalo boleh tau masalahnya apa??
    soalya selama di bawa pulang saya keep di tempat yg lumayan gelap!!
    trus kalo ular da makan biarin dia beristirahat (mencerna makanannya ya?)

    Posted by jimmy | 12 March 2010, 1:49 am
  82. Saya mau jual ular piton batik ,cakep sekali jinak.Panjang 2 meter.Yang berminat dapat hub HP : 085718115770

    Posted by Wibisono | 2 April 2010, 10:29 pm
  83. ih … geli gw klo liat ular :D

    Posted by beritane | 19 April 2010, 9:41 am
  84. mas mau tanya tentang ularku jenis python molurus het granite panjang -+ 2meteran mas,sebaiknya ularku itu tak kasih makan brapa ekor rat/marmut dewasa setiap seminggu skali,karna kemarin habis ganti kulit dia langsung tak kasih tikus jenis mencit 4ekor,ayam kecil 7 ekor sama kelinci kecil 1ekor.habis semua dalam 3 hari setelah ganti kulit itu.enakya dimana untuk ularku ini,supaya q basa tau porsi ularku makan.tims mas ya,tolong diberi penjelasannya mas.wasalam

    Posted by pras | 23 April 2010, 5:18 am
    • Halo Pras,
      Untuk porsi makan ular itu berbeda tiap ular. Untuk mengetahuinya silakan dicoba saja langsung berapa banyak dia bisa makan. Misalnya maksimal dia bisa makan 10 ekor anak ayam berarti porsinya adalah 9 ekor. Nah jumlah itu suatu saat pun akan bertambah mengikuti ukuran tubuhnya.
      Saran saya berikan makanan pada ular semaksimal mungkin biar cepat besar, karena pertumbuhan awal menentukan ke depannya.

      Posted by mertanus | 2 May 2010, 11:29 am
  85. trims maaassss,sorry tanya lagi mas,skrng ularku da ngak mau makan uda hampir 2minggu,malah tubuhe kisut kayak nenek2,yg q pertanyakan brapa bulan skali sih ular itu ganti kulit mas.sorry loh masssss q tanya terus ma anda,suwun

    Posted by pras | 5 May 2010, 5:44 pm
  86. mas ularku yg molurus habis ganti kulit ngak mau makan,padahal waktu ganti kulit bulan lalu makane rakus buanget ada apa ya mas,q kuatir mati aja ular kesayanganku itu.trims mas mertanus.salam peace dari sidoarjo.

    Posted by pras | 6 May 2010, 9:38 pm
  87. Lam knaL aj mAs,,
    sAya bru dpAt ULar sAnca nE,, pnjang’y 70cm,
    tu ulAR udh bisa gigit gA’??? cara mnjinakan’y gimana cAra’y..

    thAnks……….

    Posted by surya berlian | 15 May 2010, 5:41 pm
  88. oh,gmn kbrnya?
    oh mw tnya ball phyton udah ada blom?
    klo ada kra2 brp ya?

    Posted by rendy | 13 June 2010, 2:45 pm
    • ada bro……
      mau yg gmn????ukuran 30cm hitam harga 1jt , makan dijamin cakep deh…..minat?!hub e-mail ku (gie_23second@yahoo.com)….ada dipong juga..merah 3kg,1,2m makan RAT 700rb….sama retic jawa kelainan blaster sumatra…hitam 600rb,1,2m…..baby retic yelow head 175rb..molu albino 2,5jt size 1m kern dweh siiiipppp……..stock ready….BOGOR…

      Posted by gie | 15 June 2010, 12:15 am
  89. Tolong kasi tips2 cara penjagaan ular sawa..

    Posted by Norsha Addilla | 20 October 2010, 8:08 am
  90. salam kenal bt semua yang ngebaca , apa nggak pada ngeri ya piara ular yang bisa bikin KO, saya dulu masih kecil kalau lihat ular … langsung saya lempar pakai batu , dipukul pakai kayu dll.. pokoknya sampai KO… pernah 2 sekaligus ……tapi pengalaman terakhir saya ketemu ular , saya potong kepalanya dan .. saya kuliti…… trus dijumur ..dah di lantai yang panas…. wh jadi ular putih…yang mengeliat..liat seperti hidup…ngeri..kayaknya saya ikut ngrasain pedihnya tanpa kulit…..alhasil.. saya jadi … merubah … pikiran… sekarang.. nggak mau bunuh ular lagi…….. kalau ada ular ya di usir… tapi celaka … istri benar-benar takut pada ular…
    Baru..baru ini .. taman rumah kemasukan ular hijau ekor murah… wah pinginnya di piara .. ya diprotes keras istri…jadinya saya carikan habitatnya …. tak buang ke tempat yang cocok dan jauh dari rumah……. baru selang …2 hari eh ada lagi ular hijau ekor merah…… ya di buang lagi…. mestinya sih… bisa jadi duwit ya…… ( hati-hati ular ini cukup beracun !!!!! )

    Posted by sasa | 12 November 2010, 8:31 pm
  91. mas-mas kemarin saya baru beli ular di bandung tapi kata mas yang jual katanya jenis ular nya ular tiger tapi tapi kata om saya ular sanca bodo . jadi saya agak ragu sama jenis ular saya ,tapi saya sempet liat di kepala ular saya ada huruf U, jadi itu ular apa ya .

    trims

    Posted by eja | 22 November 2010, 7:17 am
  92. mas, anakku Tyo (8 th), dia memaksa mau pelihara ular. aku bilang nanti klo sdh SMP (kupikir cukup besar, bertanggung jawab ( jd bisa kasi mkn dan bersihkan kandang dll sendiri…terus terang dibanding ularnya bundanya Tyo ini takut sama tikus putihnya ).

    ada nasehat atau cara meyakinkan Tyo bahwa dia blum cukup umurnya utk memelihara ular? aku ingat umur 5 th dia kejar2 ular ijo ekor merah mau ditangkap, aduh aq ngeri. trims mas klo bisa kasi aq advis ya

    Posted by elvira | 7 December 2010, 9:47 am
  93. kalo aku pengen dapet gambar ular dan namanya bisagakya………

    Posted by harry | 20 January 2011, 5:13 am
  94. bagaimana ya bia kult ular piton saya bagus lagi, cz saya liat kok keriput gt ya,..??

    Posted by dhimas | 27 January 2011, 4:33 pm
  95. Mas gimana ya caranya menjinakan ular kobra?tolong kasih jawabannya atau kirim ke email, jack@willsz.net.
    Terima kasih.

    Posted by Dery | 4 February 2011, 1:34 am
  96. mas mertanus tolong kasitau donk,,ular sanca saya kulitnya terkelupas atau luka,,daging-daging dalamnya jadi keliatan,gimana cara mengobatinya ya mas?tolong kasitau…trima kasih….

    Posted by Dery | 17 March 2011, 7:06 pm
  97. mas mertanus,,boa saya udah 2minggu ni blm BAB.knp ya?? gmana caranya agar boa saya lancar BAB lg,padahal udah 2x makan

    Posted by ekoaby | 29 June 2011, 9:06 am
  98. mas Budi..saya punya boa het albino,udah 1minggu ini dia males makan,jadwal makan biasanya tiap 5hr.kenapa ya?? pa krn terlalu sering saya pegang. gimana spy mau makan rutin lg??

    Posted by ekoaby | 19 July 2011, 5:27 pm
    • Ada beberapa penyebab:
      1. Ular ingin ganti kulit.
      2. Ular stres.
      3. Ular sedang ingin puasa.
      Untuk mengatasinya sebaiknya ular tidak dipegang pegang dahulu dan jauhkan dari manusia agar tenang, pastikan di kandangnya ada air bersih untuk minum atau berendam.

      Posted by mertanus | 2 September 2011, 10:28 pm
  99. mas aku baru pelihara ular hijau tips & triknya gmana sich??

    Posted by Yaz | 5 August 2011, 10:25 am
  100. anak saya umur 9 tahun berkeinginan memelihara ular pohon warna hijau, apakah ular ini berbisa dan bagaimana cara memeliharanya, apakah ada jenis ular lain yang tidak berbisa dan gampang memeliharanya dan cocok untuk pemula. Thanks

    Posted by Pranoto | 9 September 2011, 12:29 am
  101. Terima kasih, atas sarannya

    Posted by Pranoto | 16 September 2011, 9:57 am
  102. minta foto urg yang ga berbisa dong + artikel nya kalo bisa ama harga nya ya

    Posted by iqbal | 28 September 2011, 4:07 pm
  103. Anak saya minggu kemarin sudah saya belikan ular mono pohon, oleh penjualnya diberi bonus ular kadut, saya mau bertanya ular kadut termasuk ular yang jinak atau ular yang gampang mengigit?. karena sampai saat ini ular kadutnya belum saya perbolehkan untuk dipegang.

    Posted by Pranoto | 30 September 2011, 1:58 pm
  104. Mas lbh jinak ular jenis ballpython atw molurus y untk pemula? Sy bingung mw pelihara jenis yg mana, yg sekirany bsa sering sy handling, yg tdk agresif dan gmpng mknnya.. Mhon petunjuk suhu!!☺ dkrm ke email sy jg blh.. Tq before!

    Posted by chakepzz | 23 October 2011, 7:50 am
  105. Saya mau nanya saya pnya ular dipong apa ad vitamin khusus br ular dipong saya br cepet bsar&gemuk,thx

    Posted by Andre | 3 November 2011, 10:22 pm
  106. om dipong saya abis makan udah 2 hari ngggak beol (maaf nggk sbaran) abis tu saya liatin dipongnya suka masuk ke bawah koran apa karena nggak than dingin

    Posted by riko | 13 November 2011, 1:02 pm
  107. Mas,adikku baru beli ular water tigger morph kalo ngak salah ya…masih kecil sih ukuran panjang 50cm gt. Karna ini untuk prtma kalinya pelihara sementara aq punya anak yg masih kbayi,aq takut kalo swaktu2 lepas. Dia jenis berbisa ggak ya…? dtunggu skali jawabnny,trims….

    Posted by jojomaniezvi septika | 18 November 2011, 9:09 pm
  108. boleh saya tahu ular apa yang badan nyahitam sisik nya pula warna hijau gelap

    Posted by afieda | 30 November 2011, 7:27 pm
  109. SALAM KENAL MAS,
    mas mohon ptunjuk untuk alas kandang sanca baik nya pake apa?
    punya ku smntara pake pasir kali dan bebatuan apa itu baik utk prkembangan ular?trims

    Posted by ANDREW | 8 December 2011, 10:17 pm
  110. salam lover snake’s bro q new comer dijenis retic dirmh punya retic borneo lagi sheading(ganti kulit)age 6month ciri/karakternya gimn apa-an yg hrs q kenal biar nggak sakit&stress

    Posted by Lanang Lesmana | 25 December 2011, 8:02 pm
  111. numpang nanya,saya pelihara ular sanca kembang ukuran 1,3 M udah 5 bulan,waktu itu sempet 3 bulan dia gak mau makan sampe akhirnya suatu saat saya lalai dan dia lepas dari kandang,waktu saya cari dia ada di halaman saya dan perutnya sudah besar(kelihataanya habis makan)mungkin tikus atau yang lainnya.Karena masih sering susah makan pernah saya coba suapin pake tikus putih langsung ke mulutnya sebanyak 2 kali.Sampai sekarang makannnya tidak teratur.
    Apakah aman kalau saya beri makan dengan cara disuapin terus?
    Membentuk pola makan yang baik dan teratur caranya gimana?
    sebaiknya dikasih makan apa?
    Umur ular saya itu kira kira berapa ya?
    Saya mohon jawabannya bagi yang punya info.Thanks

    Posted by julius | 14 January 2012, 11:12 am
  112. Saya ingin tips untuk memelihara ular berbisa seperti ular kobra, ular russell’s viper, ular krait dan ular saw scaled viper karena merupakan empat ular mematikan di India dan saya ingin melestarikan ular tersebut karena merupakan hewan langka.

    Posted by Naufal Aufa Zahira | 3 February 2012, 8:34 pm
  113. ya

    Posted by zamroni | 4 February 2012, 11:50 am
  114. aku seoang pemula senangular bagaimana cara menjunakan ular dan juga perawatanya

    Posted by zamroni | 4 February 2012, 11:52 am
  115. mas,.sy punya dua ekor ular sanca,yg satu sanca kembang,pnjang sekitar 3mtr,yg satunya jenis sanca yg coraknya kuning,hitam kcoklatan,.katanya sh jenis sanca boa,.hampir 3 bulan ini saya pelihara,.tapi gk mau makan mas,.sy bingung,.dilepas apa sy jual kemana ya mas,.?? tulung doong,.solusinya,.trims y,..

    Posted by Ipunk Sueb | 4 February 2012, 9:51 pm
  116. o,. ya mas,..ular sanca boa yg satunya,.panjang sekitar 5 meteran mas,.gmn y mas supaya makannya lahap,.? trims,….

    Posted by Ipunk Sueb | 4 February 2012, 9:55 pm
  117. Saya gx ngerti cara email” lan..
    Bingung + ribet.. Krn masalah uler ini..
    Sya buat email.. ΈƗƗ pas jadi bingung juga meski ini itu …
    Mas uler kobra saya putih..
    Dia 3 bulan gx mau makan..
    Terakhir x di kasih tikus, ΈƗƗ tikusnya di makan semut malah mati nya ..
    Trs dia gx mau makan lagi..
    Smpe” pala dia kempes..
    Kasian aq ngeliatnya …
    Gmn cara dia makan + sehat lagi..
    Pala nya kembali normal ..

    Posted by regina | 23 February 2012, 9:58 am
    • hai Egi…..salam kenal..

      wah peliharanya bahaya sekali? cobra itu beracun loh…

      atau mmg dah terbiasa pelihara ular cobra?

      kalau tidak mau makan kemungkinan besar itu stress….

      untuk info lanjutan silakan langsung sms ke HP saya 0857 1653 1999

      salam ,

      budy snake

      Posted by mertanus | 23 February 2012, 6:23 pm
      • Mas,,udah 1 blan ularku. Ga mau makan,,gmn biar mau makan mas

        Posted by rangga luxian | 20 June 2012, 7:23 pm
  118. numpang nanya….
    q bru dikasih ular sanca ma tman tp q ga ngerti cara perawatan’y,,tlong donk dijlasin sdikit tntang cara perawatan’y.
    kpn wktu’y mkan,,?
    apakh gigitan’y bracun..? dll

    trima ksih sbelum’y……

    Posted by lycan Andjani MacingQhank | 7 March 2012, 4:10 pm
  119. para pembaca sekalian hehe….. Jawaa ya ?…. Tapi jawabnya ke no hp saya plizz …..ni no nya 089662161563, saya punya ular sanca kembang anaknya kira2 panjang 1 m itu hasil buruan saya di alam liar ketika saya tangkap ular nya ternyata di dalam perut ular ada hewan yang telah di makannya saya pun tunggu sampe perutnya mengempes ketika mengempes ular saya tak mw makan, apa yang harus saya lakukan supaya ular saya mw makan dan tetap sehat ?

    Posted by rizki pandu | 21 July 2012, 6:13 am
  120. mas martinus saya pingin tanya,saya memiliki ular retic, dari pertama kali membeli ular tepatnya 2 bulan lalu dia tak mau makan sampai dia ganti kulitnya,jika diberi makan dia hanya menstrike nya saja tidak sampai tuntas.tolong minta sarannya karena saya tidak mau ular tersebut mati karena tidak makan

    Posted by yuri | 10 September 2012, 9:53 pm
  121. mas saya mau nanya, kemarin kan aku ama temenku dapet ular hijau berekor merah. Ukurannya panjang dan beratnya hampir setengah kilo, ular ini bener2 agresif banget. Kayaknya sich bertelur dalam perutnya. Nah.. kira2 kalo saya jual tuh ular, laku apa enggak? Terus harganya berapa yach??
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    Posted by Soni | 25 September 2012, 1:29 am
  122. Sy tlah mnjumpai sekor anak ular sawa dan ingin memelihara nya tetapi tidak tahu bagaimana nak sediakan diet harian nya,oleh itu saya harap boleh dapat sedikit tips mengenainya.

    Posted by iskandar | 25 November 2012, 5:26 am
  123. Om gimana nih serbuk kayu yang nempel di tikus jadi termakan sama ular saya, apakah bakal ada efek samping nya ? Dan jika ada efek samping nya bagaimana cara menanganinya ?
    Tolong Jawab Makasih !

    Posted by Riza | 26 March 2014, 3:25 am
  124. Info harga retic dark purple 6 bulan, trimakasih

    Posted by sani | 18 April 2014, 2:16 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: